4 Kekuatan Militer Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia

oleh Rizal
09:18 AM on Jan 31, 2016

Indonesia mungkin bukan negara super power. Meskipun demikian, ada begitu banyak hal yang bisa diandalkan dari negeri ini, salah satunya adalah militer. Sudah bukan rahasia umum kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan basis militer terbesar. Negara ini punya kemampuan, apalagi ketika sudah membicarakan tentara elit, Indonesia sangat keren.

Baca Juga :5 Fakta Kehebatan TNI ini Bisa Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Jika Indonesia begitu jumawa, lalu bagaimana dengan tetangga sebelah kita, Malaysia? Jauh dari hingar bingar, siapa sangka saudara serumpun ini ternyata tak kalah edannya. Meskipun terpaut peringkat dari Indonesia, tapi Malaysia punya taring yang tidak boleh dianggap remeh oleh siapa pun.

Nah, berikut adalah deretan kekuatan militer si negara berlambang macan itu. Indonesia harus waspada nih agar bisa mencegah kemungkinan terburuk.

1. Jumlah Personel Militer

Malaysia ada di peringkat 35 dari 126 negara dalam hal militer. Sebuah prestasi yang cukup bagus dan tak bisa diremehkan. Alasan kenapa negara ini ada di peringkat yang lumayan menjanjikan tersebut adalah lantaran jumlah personel militernya yang boleh dibilang lumayan meskipun tidak terlalu banyak.

Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, banyak unit elit di dalam tubuh tentara Malaysia [Image Source]
Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, banyak unit elit di dalam tubuh tentara Malaysia [Image Source]
Malaysia punya tentara aktif sebanyak 110 ribu orang dan disokong oleh sekitar 295 ribuan prajurit cadangan. Jumlahnya mungkin tidak besar, tapi perlu diingat kalau di dalam kuantitas tersebut ada deretan pasukan elit yang siap menggigit siapa pun.  Misalnya Pasukan Gerak Khas dan juga Pasukan Khas Laut yang secara kualitas cukup mumpuni.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA