Mengintip Kekuatan Militer Jerman yang Diam-diam Mematikan

Bukan hanya saat perang dunia saja, bahkan saat ini Jerman masih patut untuk ditakuti

oleh Arief Dian
09:00 AM on Mar 20, 2017

Sejak kekalahan melawan Rusia di Perang Dunia II, Jerman langsung turun pamor soal militer. Dulunya mereka dianggap dewa lantaran begitu mutakhir dan hebat armada perangnya. Semenjak kalah, negari Hitler ini sangat dipandang remeh. Buktinya adalah kasus pemerkosaan massal di sana setelah Rusia berhasil meringsek masuk. Itu jadi bukti Jerman sudah sangat lemah.

Waktu berlalu, apakah Jerman tetap sama? Nyatanya tidak. Diam-diam negara ini mulai berbenah dan menunjukkan dirinya yang masih punya taji. Kamu mungkin akan terkejut ketika mengetahui negara Bavaria ini sekarang berada di peringkat 9 dunia. Mereka masih jadi salah satu yang terkuat di dunia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Memiliki banyak personel aktif

Tentara Jerman [imange source]
Sebagai salah satu negara yang pernah ikut dalam perang dunia kedua, sampai saat ini Jerman masih masuk dalam jajaran 10 negara dengan militer terkuat di dunia. Menurut Global Fire Power setidaknya ada kurang lebih 180 ribu personel tentara yang aktif dan siap melindungi kedaulatan negara Jerman. Dengan jumlah personel sebanyak itu, Jerman masih unggul dari Israel atau pun Inggris yang memiliki tentara lebih sedikit. Ternyata sampai saat ini Jerman masih menjadi momok bagi militer dunia.

Kendaraan tempur yang cukup lumayan

Tank tempur jerman [image source]
Jerman menduduki peringkat 14 dunia dengan memilki 5869 unit kendaraan taktis perang. Sayangnya prestasi tersebut tidak diimbangi dengan jumlah tank yang hanya 408 unit, sehingga membuat Jerman masuk dalam peringkat 41 dunia dalam kepemilikan Tank ini. Meskipun begitu Jerman masih tidak dapat diremehkan mengingat Jerman juga masih didukung oleh 50 kendaraan peluncur roket.

Jumlah Pesawat Tempur yang memadai

Jet Jerman [image source]
Jerman sendiri memiliki 676 unit kendaraan tempur udara. Jumlah tersebut membuat Jerman masuk ke dalam daftar 18 negara dengan kekuatan udara terkuat di dunia. Dari 676 unit tempur itu sendiri masih dibagi dalam 169 jet, 359 helikopter dan kendaraan tempur udara lainnya. Itulah sebabnya meskipun kemampuan militer udara Jerman standar, namun tetap harus diperhitungkan.

Armada laut yang standar

Armada laut [iamge source]
Jerman memiliki 81 kendaraan tempur laut yang siap menjaga perairan di sana. Jumlah tersebut sama dengan armada laut yang dimiliki oleh negara Thailand. Hal ini membuat Jerman masuk dalam peringkat ke 29 armada laut dunia. Jelas hal ini tidak sebanding dengan kemampuan Jerman saat perang dunia kedua dulu.

Jumlah anggaran militer yang fantastis

Anggran fantastis [image source]
Satu hal yang menarik dengan Jerman, negara ini berani mengucurkan anggaran militer sebesar $36 miliar. Hal tersebut langsung mengangkat Jerman melesat pada peringkat ke-8 dunia dalam anggaran militer. Dengan anggaran sebanyak itu berarti, masih ada kemungkinan untuk Jerman membenahi kelemahan-kelemahan kekuatan militernya. Dan Jelas itu bisa saja meningkatkan peringkatnya dalam kekuatan militer dunia.

Jangan lupa dengan KSK, Kommando Spezialkräfte

Pasukan Khusus [image source]
Ini adalah satuan khusus Jerman yang menjadi salah satu mimpi buruk dunia. Satuan khusus Jerman sangat terlatih dan berpengalaman. Buktinya, KSK berhasil melakukan operasinya di Bosnia, Koskov War dan di Afganistan. Kemampuan KSK sudah tidak diragukan lagi oleh karena itu membuatnya menjadi salah satu satuan khusus yang ditakuti oleh dunia.

Inilah beberapa fakta militer Jerman yang tidak dapat diremehkan. Peringkat sembilan dari ratusan negara tentu mengindikasikan kalau negara ini sebenarnya sangat kuat. Indonesia sendiri pun rasanya masih terlalu berat untuk melawan Jerman, pasalnya dari sisi kekuatan kita cukup jauh meskipun peringkat NKRI sebenarnya juga cukup dekat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA