6 Bukti Bahwa Kekayaan Itu Tidak Abadi, Orang-Orang Super Kaya Ini Akhirnya Malah Bangkrut

oleh Tetalogi
16:45 PM on Dec 12, 2015

Menjadi kaya bisa jadi merupakan impian banyak orang, karena dengan memiliki harta kekayaan yang melimpah, seseorang bisa melakukan hampir setiap hal yang diinginkan. Akhirnya, mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan harta yang lebih banyak.

Melihat para konglomerat terkadang membuat orang berpikir bahwa mereka tidak akan kehabisan arta. Padahal sebenarnya harta juga tidak abadi dan bisa saja hilang dalam sekejap seperti yang dialami mantan milyuner berikut ini.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Mark Twain

Mark Twain kehilangan hampir sebanyak 10 juta dolar sebelum akhirnya mengumumkan bahwa dirinya bangkrut. Penulis terkenal asal Amerika ini telah menulis beberapa karya hebat yang membuatnya bergelimang harta.

Mark Twain [Image Source]
Mark Twain [Image Source]
Selain menulis, ia juga mencoba peruntungan di dunia bisnis yang ternyata justru berujung pada kegagalan. Beberapa investasinya antara lain perusahaan percetakan dan mesin ketik Paige yang membuatnya kehilangan hampir 8 juta dollar.

Ironisnya, ia ditawari untuk investasi dalam pembuatan telepon. Namun sayangnya ia menolak tawaran tersebut karena menurutnya orang-orang tidak mungkin akan membeli telepon untuk di rumah mereka. Di masa tuanya, ia akhirnya banyak menjadi pembicara untuk melunasi hutang-hutangnya.

2. Daniel Drew

Daniel Drew adalah seorang pebisnis Amerika yang begitu sukses dengan harta pribadi mencapai 13 juta dollar, tapi meninggal dengan kondisi miskin tanpa uang sepeserpun dan harus bergantung pada anaknya. Drew memulai bisnisnya dengan membeli saham usaha perahu uap di sungai Hudson sebelum akhirnya memulai berspekulasi dalam saham.

Daniel Drew [Image Source]
Daniel Drew [Image Source]
Drew kemudian menjadi salah satu direktur dari perusahaan Erie Railroad dan menggunakan posisinya untuk memanipulasi harga saham. Karena hal inilah ia kemudian dikhianati oleh rekannya sendiri sehingga Drew mengalami kerugian. Tahun 1876, Drew menyatakan bangkrut dan meninggal sebagai orang miskin.

3. Sean Quinn

Sean Quinn adalah seorang pebisnis dan konglomerat Irlandia yang begitu cepat memiliki sekaligus kehilangan kekayaan. Pada tahun 2008, ia adalah pria terkaya di Irlandia, tapi pada tahun 2011 ia telah bangkrut dan harus dipenjara.

Sean Quinn [Image Source]
Sean Quinn yang sedih dengan kemalangannya [Image Source]
Pada tahun 2008, kekayaan bersih Quinn mencapai 3,73 milyar Euro yang ia dapatkan dari perusahaannya, Quinn Cement. Ia kemudian mulai menggunakan sahamnya untuk memasuki industri lain dengan membentuk Quinn Grup. Namun investasi yang ia lakukan selanjutnya justru membuatnya bangkrut dan memiliki hutang hingga 194 juta Euro.

Parahnya lagi, keluarga Quinn dituntut karena menyalahgunakan saham mereka di bank Anglo-Irish untuk mendapatkan pinjaman properti. Akhirnya ia harus menerima hukuman penjara 9 bulan atas masalah ini.

4. Jack Whittaker

Jack Whittaker sebenarnya adalah seorang pebisnis dengan kekayaan sebesar 17 juta dollar. Namun ia kemudian berhasil memenangkan lotere senilai 315 juta dollar pada Desember 2002. Celakanya, sejak saat itu kesialan selalu mengikutinya hingga dirinya akhirnya jatuh miskin.

Jack Whittaker [Image Source]
Jack Whittaker [Image Source]
Bermula dengan ia yang mulai banyak minum minuman keras dan sering mengunjungi strip club. Seorang pencuri pernah mencuri uang sebesar 545 ribu dollar di dalam mobilnya saat parkir di strip club, ada juga yang pencuri yang mengosongkan rekening banknya, kemudian perampok lain kembali berusaha mencuri uang di mobilnya, seta cucu dan putrinya yang meninggal karena overdosis obat-obatan terlarang dari uang yang ia beri pada mereka.

5. Clint Murchison Jr.

Clint Murchison Jr. mendapatkan warisan dari sang ayah yang seorang pengusaha minyak sebesar 200 juta dollar. Namun semua kekayaan tersebut akhirnya malah habis dan ia terpaksa menjual asetnya untuk melunasi hutang sebesar 500 juta dollar.

Clint Murchison Jr. [Image Source]
Clint Murchison Jr. [Image Source]
Ayahnya terkenal sebagai pengusaha minyak sukses dengan kekayaan hampir 500 milyar dollar. Tapi sayangnya putranya tidak memiliki kemampuan berbisnis seperti sang ayah. Berbagai investasi yang ia lakukan akhirnya justru membuat harta warisannya habis dan membuatnya bangkrut.

6. T. Cullen Davis

Davis juga memperoleh kekayaannya dari warisan yang ditinggalkan sang ayah yang pengusaha minyak. Ia pernah menjadi salah satu pria terkaya sebelum akhirnya juga mengalami kebangkrutan. Yang membuat kasusnya lebih kelam dari Clint Murchison Jr. adalah karena ia adalah pria terkaya yang sempat menjadi terdakwa kasus pembunuhan.

T. Cullen Davis dan istrinya [Image Source]
T. Cullen Davis dan istrinya [Image Source]
Cullen Davis mewarisi lahan yang kaya akan minyak dari keluarganya, tapi kehilangan semua gara-gara kesalahan dalam mengatur kekayaannya serta karena resesi. Ia juga terkenal sebagai seorang pria yang pemarah. Ia dituduh membunuh putrinya sementara mantan istrinya selamat. Namun ia akhirnya dibebaskan karena dianggap tidak bersalah.

Harta memang salah satu hal yang perlu, tapi juga bukan satu-satunya yang terpenting. Kita harus ingat bahwa harta hanyalah titipan Tuhan dan sewaktu-waktu juga bisa diambil kembali. Jadi jangan sampai kita takabur saat sudah kaya dan melupakan hal-hal lain yang lebih penting.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA