Awas Kejebak 3 Jenis Diskon Belanja yang Sering Merajalela Ini

oleh Tetalogi
03:04 AM on Jun 26, 2015

Berbelanja kebutuhan rutin terkadang bisa jadi saat yang menyebalkan, apalagi jika kamu secara tidak sadar ternyata membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan. Hal ini gara-gara diskon besar-besaran yang sayang untuk dilewatkan.

Apalagi saat mendekati liburan hari raya seperti ini, banyak toko mulai bersiap dengan diskon besar yang terlihat menggiurkan. Tapi kamu juga harus hati-hati dengan diskon tersebut dan jangan sampai terjebak dengan iming-iming tertentu yang ternyata akhirnya justru merugikan kamu. Ikuti tipsnya berikut, ya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Diskon dengan Jangka Waktu Tertentu

Toko-toko besar biasanya menyediakan diskon besar-besaran di beberapa waktu tertentu. Namun diskon promo ini diberi batas waktu hanya beberapa hari. Hal inilah yang seringkali membuat pembeli panik karena takut kehilangan masa promo. Akhirnya mereka memberli barang tersebut meskipun sebenarnya tidak terlalu memerlukannya.

Diskon [Image Source]
Diskon [Image Source]
Saat ada diskon seperti ini, jangan terburu-buru mengambil barangnya dan pergi ke kasir. Berhentilah sejenak dan tanyakan pada diri sendiri apa kamu memang benar-benar butuh barang tersebut atau hanya membelinya karena sedang diskon.

2. Diskon Potongan Harga

Taktik lain yang sering dilakukan oleh beberapa penjual adalah dengan memberikan potongan harga. Caranya biasanya dengan mencoret harga lama dan memberikan harga baru yang lebih murah. Melihat dua perbandingan harga ini, secara otomatis kamu akan membandingkan berapa banyak uang yang kamu hemat untuk membelinya. Akibatnya orang sering terjebak membeli barang tersebut.

Promo Khusus [Image Source]
Promo Khusus [Image Source]
Agar tidak terjebak, kamu perlu mengenali dulu barang yang akan kamu beli. Apakah harga yang ditawarkan memang layak dan sesuai dengan barang tersebut. Ada baiknya kamu sedikit melakukan riset online untuk mengetahui berapa sebenarnya pasaran harga yang sesuai untuk barang yang diobral tersebut.

3. Harga Khusus

Salah satu diskon yang laris manis adalah promo kelipatan beli dua dapat gratis satu. Diskon seperti ini seringkali akan membuat kamu merasa lebih untung dengan membeli barang lebih banyak. Karena itu kamu perlu benar-benar memeriksa harga per satu barang apa benar bisa lebih hemat. Tidak hanya itu saja, kamu juga jadi membeli barang lebih dari yang kamu buthukan.

Harga Khusus [Image Source]
Harga Khusus [Image Source]
Selain melihat harga terkecil, lihat juga tanggal kadaluarsa barang tersebut. Jangan sampai ketika kamu sudah terlanjur membelinya, ternyata tanggal kadaluarsanya sudah dekat sehingga kamu malah tidak bisa memakainya.

Intinya, kamu harus teliti barang tersebut sebelum membelinya dan jangan mudah tergoda oleh promo atau diskon yang menggoda. Pikirkan baik-baik apa kamu memang benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content