5 Kejadian Penting di 2 September yang Mungkin Terlewatkan Olehmu

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 2, 2015

Tanggal 2 September mungkin terlihat seperti hari-hari biasanya. Hari dimana semua pekerja tengah berada dalam weekday yang penuh dengan deadline dan mahasiswa baru tengah berkutat dengan ospek serta persiapan kuliah. Kecuali kamu lahir di tanggal ini, maka tidak ada yang benar-benar spesial. Namun berkaca dari sejarah, hari ini ternyata cukup penting.

Setidaknya, ada 5 kejadian penting di tanggal ini yang tidak banyak disadari banyak orang. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Perang Dunia II Berakhir

Perang Dunia II adalah sengketa paling parah sepanjang sejarah dan melibatkan banyak negara di dunia. Ini adalah masa di mana tiap-tiap negara benar-benar jor-joran soal pembiayaan militer. Bahkan warga sipil pun juga dikerahkan sebagai bagian dari infanteri. Perang ini membuat sekitar 70 juta orang meninggal dan jadi bencana kemanusiaan terbesar di dunia.

Berakhirnya Perang Dunia II ditandai dengan menyerahnya Jepang di 2 September 1945 [Image Source]
Berakhirnya Perang Dunia II ditandai dengan menyerahnya Jepang di 2 September 1945 [Image Source]
Nah, apa hubungannya Perang Dunia II dengan tanggal 2 September? Perang terbesar sepanjang masa ini berakhir dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu. Nah, peristiwa penting yang menyudahi konflik besar tersebut jatuh pada tanggal 2 September 1945. Jepang sebelumnya kalah telak melawan sekutu terutama saat perang di daerah-daerah laut. Puncaknya adalah dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Menyerahnya Jepang juga diawali dengan takluknya Jerman oleh Sekutu.

2. Google Meluncurkan Logo Barunya

Jika kamu buka Google hari ini, maka akan nampak animasi doodle sebuah tangan yang menggambar logo baru Google. Logo yang sekarang menampakkan aksen yang lebih ceria dan anak muda banget jika dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya. Meskipun berubah, namun warna dasar biru, merah, hijau, dan kuningnya masih tetap dipertahankan sebagai ciri khas.

Logo baru Google mulai diperkenalkan hari ini [Image Source]
Logo baru Google mulai diperkenalkan hari ini [Image Source]
Menengok kembali perkembangan Google khusus perjalanan logonya, perusahaan raksasa milik Larry Page tidak terlalu sering melakukan perubahan. Dimulai pada September 1998 lalu, Google beta pertama kali diluncurkan dengan desain logo yang terkesan timbul yang dibekali dengan efek bayangan serta menggunakan font yang lebih gemuk. Kemudian pada tahun 1999 di bulan yang sama, mereka kembali melakukan renovasi logo. Kali ini menggunakan jenis font yang lebih ramping serta tetap mempertahankan efek-efek bayangannya seperti dulu.

Lanjut pada bulan Mei 2010, mereka kembali melakukan perubahan logo. Kali ini lebih simple dan tetap menggunakan font lama. September 2013 lalu mereka juga kembali melakukan perbaikan. Kali ini desainnya minimalis tapi eye catching. Nah, yang terbaru ini mengalami perubahan yang cukup mencolok, terutama pada jenis font yang dipilih.

 3. Vietnam Merayakan Hari Kemerdekaannya

Tanggal 2 September juga diakui sebagai hari penting negara tetangga kita, Vietnam. Yup, di tanggal ini tahun 1945, mereka akhirnya mendapatkan kemerdekaan setelah berjuang melawan kependudukan Perancis yang kemudian dilanjutkan dengan Jepang. Sama seperti kita yang dijajah Belanda, Perancis juga mengeksploitasi rempah-rempah untuk kemudian dibawanya ke negara asal.

Ho Chi Minh, salah satu tokoh penting kemerdekaan Vietnam [Image Source]
Ho Chi Minh, salah satu tokoh penting kemerdekaan Vietnam [Image Source]
Pada sekitar tahun 1940an, Perancis melemah gara-gara kalah telah dalam Perang Dunia 2. Kesempatan ini pun kemudian digunakan Jepang untuk mengambil alih Vietnam. Hingga akhirnya Jepang pun juga takluk oleh sekutu dan memberikan kemerdekaan kepada negara tetangga China ini.

Tokoh penting dalam upaya kemerdekaan Vietnam adalah Ho Chi Minh. Sama seperti Bung Karno, pria inilah yang membacakan proklamasi kemerdekaan yang jadi tanda jika negara ini sudah benar-benar bebas. Uniknya, Ho Chi Minh juga meninggal pada tanggal yang sama seperti ketika ia memproklamirkan kemerdekaan.

4. Kebakaran Terbesar dalam Sejarah London

Pada tanggal 2 September 1666 pernah terjadi peristiwa besar yang akan selalu diingat orang-orang Inggris. Yup, hari itu telah terjadi kebakaran besar yang hampir menelan kota London dan tercatat sebagai peristiwa paling buruk dalam sejarah mereka.

Kebakaran London pada tanggal 2 September 1666 jadi yang paling parah sepanjang sejarah Inggris [Image Source]
Kebakaran London pada tanggal 2 September 1666 jadi yang paling parah sepanjang sejarah Inggris [Image Source]
Setidaknya sekitar 13.200 rumah terbakar ludes, belum lagi 87 gereja juga ikut hangus dan bahkan hampir melumat kediaman Raja Charles II. Korban jiwanya ditaksir hanya sedikit sekitar belasan orang saja. Namun, ada juga yang mengatakan sangat banyak. Mengingat kobaran api yang besar saat itu, pasti cukup banyak korban yang tak bisa selamat dari rumah-rumah dan terbakar hangus hingga tidak bisa teridentifikasi.

Kebakaran ini berasal dari rumah salah satu pembuat roti di London bernama Thomas Farriner dan kemudian menyebar perlahan sampai ke jantung kota. Sebenarnya sudah ada laporan dari warga kepada walikota saat itu, Sir Thomas Bloodworth. Sayangnya sang walikota memutuskan untuk tidak buru-buru percaya hingga akhirnya ia melihat sendiri kobaran api tersebut. Peristiwa ini berlangsung hingga 5 September 1666. Jika api dalam beberapa jam saja sudah begitu menghancurkan, bagaimana dengan 3 hari yang dialami penduduk London kala itu?

5. Awal Hilangnya 11 Hari Bulan September 1752

Percaya atau tidak, sistem penanggalan yang kita anut ini ternyata pernah mengalami keanehan yang unik. Pada tahun 1752 tepatnya di bulan September ada kurang lebih 11 hari yang dihilangkan. Setelah tanggal 2 September, langsung lompat ke tanggal 14. Apa sih yang sebenarnya terjadi? Apakah hanya iseng saja? Ternyata bukan.

Bagi pengguna Linux, coba cek September 1752 untuk membuktikan hal ini [Image Source]
Bagi pengguna Linux, coba cek September 1752 untuk membuktikan hal ini [Image Source]
Menurut sejarahnya, dulu orang-orang Eropa mayoritas menggunakan penanggalan Julian. Setelah diteliti ternyata sistem penanggalan ini kelebihan 11 menit tiap tahunnya. Kelebihan menit ini pun terus berakumulasi, hingga pada tahun 1582 mencapai 10 hari. Agar tak makin ngawur di tahun-tahun ke depan, negara-negara Eropa pun beralih menggunakan sistem penanggalan Gregorian seperti sekarang ini.

Nah, karena kelebihan menit yang berakumulasi menjadi hari tadi sudah sedemikian banyak, akhirnya diputuskan untuk menghilangkan 11 hari di bulan September 1752. Sekarang sudah dipastikan normal seperti seharusnya. Kalau hal tersebut bisa diulangi lagi, pasti asyik tuh. Sekalian hilangnya 29 hari biar besoknya langsung gajian.

Siapa yang menyangka jika di tanggal yang bikin kita malas pergi ke kantor ini, ternyata banyak menyimpan peristiwa penting dunia. Mulai dari yang unik sampai dramatis. Tiap tanggal menyimpan ceritanya sendiri yang kadang merupakan penanda peristiwa mencengangkan. Nah, kira-kira besok diperingati sebagai hari apa ya? Hmm, sepertinya hari jadi Iwan Fals.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content