Mengintip Keindahan Negara-negara yang Paling Jarang Terdengar Namanya

oleh Tetalogi
07:17 AM on Oct 11, 2015

Bicara soal negara-negara yang dikunjungi untuk berwisata, kita akan mendengar nama-nama negara yang familiar di telinga kita. Perancis, Italia, Hawaii, Amerika, Inggris, Jepang, Korea, dan nama-nama mainstream lainnya.

Kita tahu bumi ini begitu luas dan ada begitu banyak negara di dalamnya. Nah, ternyata negara-negara yang jarang terdengar namanya ini juga memiliki keindahannya tersendiri. Negara apa saja ya yang dimaksud?

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Palau

Palau atau Republik Palau adalah negara kepulauan di sebelah barat Samudra Pasifik. Total jumlah penduduk negara ini kurang lebih sekitar 21 ribu orang yang tinggal tersebar di 250 pulau. Pulau yang paling banyak penduduknya adalah Pulau Koror, sementara itu, ibu kota negara terletak di Ngerulmud.

Lokasi Palau dan perkiraan lama perjalanan menuju ke negara ini [Image Source]
Lokasi Palau dan perkiraan lama perjalanan menuju ke negara ini [Image Source]
Penduduk asli Palau adalah campuran dari Melanisia, Micronesia, dan Austronesia. Tapi, banyak juga nenek moyang orang Palau yang berasal dari Asia terutama dari pernikahan antar suku antara pendatang dan orang Palauan di awal abad 19 dan 20.

Orang Palau dengan campuran Jepang adalah kelompok terbesar di sini. Beberapa ada juga yang campuran China dan Korea. Sementara itu, campuran dengan Filipina menjadi kelompok etnis terbesar kedua.

Pemandagan Eksotis Palau [Image Source]
Pemandagan Eksotis Palau [Image Source]
Bahasa resmi Palau adalah bahasa palau dan bahasa Inggris. Namun di 2 negara bagian yaitu Sonsorol dan Hatohobei, penduduknya menggunakan bahasa lokal yaitu Sonsorolese dan Tobian. Bahasa Jepang juga banyak digunakan oleh masyarakat yang lebih tua di Palauan dan merupakan bahasa resmi negara bagian Angaur.

Negara kepulauan ini memiliki iklim tropis, jadi bisa kamu bayangkan keindahan yang ada di dalamnya. Ada lautan yang indah dengan batuan koral, dan gua-gua bawah laut indah lengkap dengan ikan tropis warna-warni dan makhluk laut lainya. Di sini juga bisa ditemukan kerang raksasa yang beratnya mencapai 226 kilogram.

Capitol Building di Ibu Kota Palau [Image Source]
Capitol Building di Ibu Kota Palau [Image Source]
Untuk mencapai ke tempat ini memang tidak mudah, karena penerbangan yang ditempuh dari dan ke Palau hanya ada dari Guam, Manila, Seoul, Taipei, dan Tokyo. Karena itulah, tempat ini tetap terisolasi dan terjaga keindahannya.

2.  Niue

Niue adalah negara kepulauan yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Area tanahnya hanya sebesar 260 kilometer persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.190 orang yang didominasi oleh orang Polinesia.

Niue [Image Source]
Niue [Image Source]
Berbatasan dengan Tonga di Barat, Samoa di Utara, Pulau Cook di Timur dan New Zealand yang 1.500 mil jaraknya, kebanyakan orang Niue akhirnya memilih meninggalkan pulau indah ini lantaran tempatnya yang terisolasi. Meski begitu, penduduk di sana menyambut dengan tangan terbuka mereka yang berkunjung ke negara kecil itu.

Pulau Niue
Pulau Niue [imagesource]
Niue adalah salah satu pulau koral terbesar di dunia. Datarannya terdiri dari tebing kapur yang terjal dengan dataran tinggi yang menjorok hingga 60 meter di atas permukaan laut. Batu karang mengeliling pulau ini dan fitur yang menonjol adalah gua-gua kapur yang ditemukan di dekat pantai.

Peta Niue [Image Source]
Peta Niue [Image Source]
20 persen dari pulau ini terbuat dari area konservasi hutan Huvalu. Jadi, sudah bisa ditebak bahwa keindahan alam yang menakjubkan ditawarkan untuk para turis di sini. Tidak perlu juga bingung jika ingin koneksi internet, karena di sini, kamu bisa mendapatkan wifi gratis. Niue adalah negara wifi pertama di dunia pada tahun 2003. Tertarik jalan-jalan ke negara ini?

3.  Saint Vincent and The Grenadines

Saint Vincent and the Grenadines adalah negara pulau di daerah lengkungan Antiles. Negara yang berada di selatan Kepulauan Winward ini memiliki luas 389 km persegi. Wilayahnya terdiri dari pulau utama Saint Vincent dan dua pertiga bagian Utara Grenadines. Ibu kota negara ini, Kingstown, juga merupakan pelabuhan utama negara kecil ini.

Pemandangan salah satu pulau di Saint Vincent and the Grenadines [Image Source]
Pemandangan salah satu pulau di Saint Vincent and the Grenadines [Image Source]
Saint Vincent and the Grenadines adalah negara dengan penduduk padat total kurang lebih 120 ribu jiwa yang tinggal di daerah Grenadines, namun 31 pulau lainnya relatif lebih sunyi. Di sini, turis akan disajikan dengan pantai yang tenang dan cantik dengan pasir berwarna putih dan laut biru yang membentang. Semua ini bisa dicapai dengan kapal feri.

4.  Liechtenstein

Liechtenstein atau secara resmi disebut dengan Principality of Liechtenstein adalah negara kecil yang berbatasan dengan Swiss di Barat dan Selatan, serta Austria di Timur dan Utara. Luas wilayah negara ini hanya 160 kilometer persegi dengan populasi kurang lebih 37 ribu jiwa. Negara ini terbagi menjadi 11 pemerintahan kota dengan Vaduz sebagai ibukotanya dam Schaan sebagai kota terluas.

Liechtenstein [Image Source]
Liechtenstein [Image Source]
Karena merupakan negara di wilayah Alpine, sebagian besar wilayah negara ini berada di gunung. Karena itu, negara ini cocok sebagai tujuan wisata olahraga musim dingin seperti ski, snowboard, dan sejenisnya. Ketika musim panas, maka turis bisa menikmati kegiatan hiking atau bersepeda sambil menikmati pemandangan dataran tinggi  yang indah.

5. Kiribati

Kiribati atau secara resmi disebut sebagai Republik Kiribati adalah negara pulau di tengah samudra Pasifik. Negara ini terdiri dari 33 atoll, pulau karang, dan satu pulau koral timbul yang disebut Banaba. Total daratan di negara ini adalah 800 kilometer persegi dan tersebar sejauh 3,5 juta kilometer persegi.

Pulau-pulau di Kiribati yang menyebar [Image Source]
Pulau-pulau di Kiribati yang menyebar [Image Source]
Kiribati merdeka dari UK pada tahun 1979 dengan ibukotanya yang juga merupakan area penduduk terpadat yaitu Tarawa Selatan. Populasi permanennya hanya sekitar 100 ribu penduduk saja pada tahun 2011 dan setengahnya tinggal di Tarawa.

Bisa jadi wisata sejarah
Kiribati bisa jadi wisata sejarah [imagesource]
Pulau ini bisa dibilang jauh dari manapun dengan peradaban terdekat berjarak lima jam perjalanan yang berada di Hawaii. Di sini masih terdapat peninggalan peperangan pada masa perang dunia II yang bisa menjadi wisata sejarah. Atau pengunjung juga bisa menjelajahi pulau-pulau dengan sepeda, perahu atau berjalan kaki dan menikmati pemandangan area lautan lindung terbesar di dunia.

Nah, itulah tadi beberapa negara yang jarang didengar tapi memiliki keindahan yang luar biasa. Negara mana yang ingin kamu kunjungi?

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA