5 Rahasia dari Kehebatan Zikir ini Akan Membuatmu Terus Hidup Dalam Kedamaian

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 18, 2015

Zikir berarti mengucap nama dari Allah secara berulang-ulang sebagai bagian dari cara mengingat-Nya. Zikir ternyata tak hanya perkara mengingat Tuhan agar kita lebih bertaqwa kepada-Nya. Zikir juga memiliki banyak sekali kelebihan yang secara tidak langsung kita dapatkan setelah melakukannya berkali-kali.

Inilah lima rahasia kehebatan dari Zikir yang akan membuat kita jadi damai. Bahkan saat hidup terasa sulit, menyebut nama Allah berkali-kali akan membuat kita jadi lebih adem.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Mampu Meningkatkan Kerja Otak

Konsisten melakukan zikir ternyata mampu membuat otak bekerja dengan baik. Saat mengulang-ulang nama Allah, saraf akan bekerja dengan lebih baik. Bio listrik yang ada di dalam otak akan bekerja lebih baik dari biasanya. Dampaknya, kita akan semakin mudah dalam mempelajari sesuatu hal baru.

Mampu Meningkatkan Kerja Otak [image source]
Mampu Meningkatkan Kerja Otak [image source]
Selain itu, dengan berzikir kita akan terhindar kepikunan yang terjadi saat tubuh mulai tua. Dengan hanya mengulang nama Allah sehari-hari kita akan terhindar dari kepikunan yang sangat berbahaya. So, lebih baik mulai saat ini juga kita lebih banyak melakukan zikir di waktu senggang atau setelah melakukan salat.

2. Membersihkan Dosa

Manusia adalah makhluk yang tidak bisa lepas dari yang namanya dosa. Setiap hari tanpa kita sadari dosa-dosa selalu kita buat entah sadar atau pun tidak. Itulah mengapa kita harus melakukan zikir meski cuma sehari sekali. Lakukan zikir ketika selesai salat atau ketika kita benar-benar memiliki waktu yang tenang.

Memberishkan Dosa [image source]
Korupsi salah satu dosa besar [image source]
Saat ini dosa mungkin tidak begitu kita rasakan. Namun lambat laun dosa-dosa ini akan membuat hidup kita jadi tidak nyaman. Terlebih jika dosa yang kita lakukan sangat besar. Tanpa menunggu nanti di akhirat pun kita akan mendapatkan balasan setimpal untuk menebus semua yang kita lakukan.

3. Menolong Diri Dari Kesepian

Salah satu masalah dari orang modern adalah kesepian. Kita semua kerap mengalami itu karena lebih banyak menghabiskan hari dengan bekerja. Mengejar dunia daripada daripada mengingat dan bersyukur kepada Sang Pencipta. Lambat laun kita akan mengalami namanya sepi di dalam hati. Bahkan di keramaian pun kita merasa sendirian.

Menolong Diri Dari Kesepian [image source]
Menolong Diri Dari Kesepian [image source]
Dengan melakukan zikir maka kita tidak akan pernah mengalami yang namanya kesepian. Bahkan saat kita hanya sendirian saja, selalu ada zat Maha Besar yang melindungi kita semua meski tidak bisa tertanggap oleh panca indra. Jika anda sudah mulai merasa jika hidup ini semakin sepi, cobalah memperbanyak zikir agar hidup jadi lebih tenang.

4. Menghilangkan Rasa Takut

Takut adalah hal yang sangat manusiawi bagi manusia di mana pun ia berada. Rasa takut sering muncul ketika kita ingin melakukan sesuatu yang besar, sendirian di rumah, atau bahkan takut menghadapi masalah hingga memilih sembunyi. Rasa takut adalah masalah akut yang kadang bisa membuat manusia jadi depresi dan hidupnya kacau.

Menghilangkan Rasa Takut [image source]
Menghilangkan Rasa Takut [image source]
Untuk menghilangkan rasa takut ini disarankan untuk berzikir. Dengan menyebut nama Allah dengan gamblang dan berulang-ulang. Hati yang awalnya selalu dipenuhi dengan hal negatif langsung sirna. Bahkan kita bisa melangkah lebih maju dan membuat kehidupan jadi lebih baik. Hal-hal semacam ini kadang disepelekan banyak orang. Mereka tidak percaya jika sebenarnya selalu ada pertolongan yang Maha Besar di dekat kita.

5. Benteng Diri dari Hal Negatif

Di dunia ini, hal negatif jauh lebih banyak dari hal negatif. Dan lagi, melakukan hal negatif jauh lebih mudah ketimbang melakukan kebaikan. Itulah mengapa kita harus bisa membentengi diri sendiri agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak benar itu. Dan salah satu cara untuk membentengi diri sendiri adalah dengan melakukan zikir.

Benteng Diri dari Hal Negatif [image source]
Benteng Diri dari Hal Negatif [image source]
Melakukan zikir setiap hari akan membuat kita semakin mampu mengendalikan diri. Kita pun akan kebal dengan hal-hal tak baik semacam minum miras, judi, dan lain sebagainya. Dengan rajin melakukan zikir, hidup kita akan terarah menuju jalan yang lebih terang. Tanpa kita sadari zikir telah mengubah hidup kita jadi lebih baik perlahan-lahan.

Itulah lima rahasia kehebatan dari zikir yang akan memberikan kedamaian dalam hidup. So, jika anda mulai mengalami gangguan dalam hidup. Merasa tidak nyaman, sepi, takut, dan cenderung melakukan hal negatif, zikir adalah solusi yang tepat!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA