5 Kehebatan Abraham Lincoln yang Berhasil Membuat Amerika Menjadi Negara Adidaya

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 14, 2016

Mungkin bagi kita tidak ada yang benar-benar spesial dari seorang Abraham Lincoln. Namun, untuk rakyat Amerika sosok satu ini adalah seorang pahlawan besar. Jasa-jasanya begitu banyak bagi negara ini dan hampir semuanya adalah hal yang fundamental. Namun, sayangnya, pada akhirnya Lincoln mati dengan cara yang tidak menyenangkan. Ia dibunuh ketika tengah menyaksikan sebuah teater.

Baca Juga :7 Transfer Pemain Sepakbola Paling Aneh di Dunia

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Lincoln hanya menjabat sekitar empat tahun saja sebelum ia dibunuh. Meskipun demikian torehan prestasinya bisa dibilang sangat mentereng. Sejumlah keputusan penting dibuat pada masa kepemimpinannya. Bahkan gara-gara ini, wajah Amerika yang sebelumnya sangat suram berubah menjadi sebuah bangsa yang bermartabat dan hebat.

Lalu, pencapaian prestisius apa yang sudah ditorehkan Lincoln untuk Indonesia? Berikut ulasannya Boombastis sajikan untukmu.

1. Lincoln Membuat Amerika Bersatu

Sebelum menjadi negara kuat seperti sekarang, Amerika adalah sebuah bangsa yang terpecah menjadi bagian-bagian. Menyatukan banyak daerah seperti ini tentu susah, meskipun sebagian sudah tergabung dalam koloni atau union. Pun ketika Lincoln menjabat sebagai presiden, Amerika masih dalam kondisi perpecahan seperti itu.

Abraham Lincoln [Image Source]
Abraham Lincoln [Image Source]
Amerika terbagi menjadi utara dan selatan yang masing-masing kemudian berkonfrontasi dan menjadi tragedi besar bernama Civil War yang terkenal itu. Perang ini juga jadi bagian sejarah terkelam Amerika. Jasa Lincoln saat itu adalah berhasil mempersatukan dua kubu yang bertikai ini. Tentunya lewat berbagai macam usaha termasuk mengangkat wacana emansipasi dan juga penghapusan perbudakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA