Jangan Tidur, Puasamu Jadi Lebih Berarti Kalau Kamu Lakukan Ini Setelah Sahur

oleh dyan
07:00 AM on Jun 12, 2016

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan langsung tidur setelah sahur. Walau hanya beberapa jam sebelum bangun lagi untuk beraktivitas, ternyata tidur setelah sahur itu tidak baik untuk kesehatan lho. Beberapa efek negatif yang bisa kamu alami ketika membiasakan diri untuk tidur setelah sahur adalah lemak jadi tertimbun, asam lambung naik hingga gangguan saluran pencernaan. Masih mau tidur setelah sahur?

Memang sih tidak ada larangan yang menyebutkan kamu haram tidur setelah makan sahur, tapi kalau bisa membuat puasamu lebih berarti dengan tidak melakukan hal tersebut, why not? Mending kamu melakukan beberapa hal di bawah ini deh setelah sahur. Dijamin waktu setelah sahurmu jadi lebih berarti dan bermanfaat.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana

1. Sholat Subuh

sholat
Sholat dong! [Image Source]
Kalau selesai sahur ya sholat subuh dong. Setelah imsak berkumandang sebaiknya kamu segera bersiap-siap untuk sholat subuh, berjamaah atau sendiri tidak masalah. Terus jangan tidur lagi, tapi lakukan poin-poin di nomor berikut ini.

2. Olahraga Ringan

olahraga
Olahraga Nggak ya? [Image Source]
Lagi puasa kok disuruh olahraga? Kan olahraga bikin keluar keringat, terus nanti bisa haus dong. Ya kalau begitu cari saja olahraga yang enteng seperti lari pagi. Walau sedang puasa bukan berarti kesehatan boleh ditinggalkan dong? Apalagi kalau masih pagi badan juga belum lemes-lemes banget.

3. Nonton Tausiyah di TV

mama dedeh
Nonton Mamah Dedeh [Image Source]
Pernah dipesani supaya belajar di pagi hari jadi kamu ingat apa yang kamu baca dan dengar? Itu ternyata beneran lho. Memahami sesuatu seperti pelajaran penuh rumus-rumus ternyata lebih gampang masuk ketika masih pagi. Ini bisa diberlakukan juga nih saat puasa. Selesai sahur, sholat dan mungkin olahraga, kamu bisa mendengarkan tausiyah di TV. Rumus-rumus hidup di tausiyah pasti lebih gampang kamu mengerti.

4. Ngerjain Skripsi

Atau pekerjaan yang tertunda lainnya. Seperti yang dijelaskan di atas, saat pagi hari otak lebih fokus menyimpan dan mengerjakan sesuatu. Nah ketimbang tidur mending kamu kerjain tuh skripsi yang sudah mangkrak berbulan-bulan gara-gara kamu tinggal melulu. Siapa tahu kamu dapat lebih banyak pencerahan kalau ngerjainnya di bulan puasa. Apalagi di bulan puasa harusnya godaan malas sudah terbelenggu ya?

skripsi
Ingatlah, Ingat Skripsimu [Image Source]
Karena bulan puasa nggak boleh marah-marah, kamu bisa saja tuh dapat jalan yang lebih mulus pas bimbingan ke dosen killer. Nggak bakal deh kamu kena omel, kalau misal kena bilang saja “Sabar Pak/Bu, bulan puasa tahan emosi.” Hehe..

Selain opsi-opsi di atas masih banyak juga kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah sahur, misalnya membaca buku, membersihkan rumah, siap-siap berangkat ke kampus atau kerja dan lainnya. Nah, ketimbang dapat ruginya karena tidur setelah puasa mending dapat manfaatnya dengan melakukan 4 hal di atas kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA