in

6 Hal Menguntungkan yang Bisa Banget Dilakukan Sambil Nunggu Pengumuman Lulus Ujian Nasional

Siswa SMA dan juga SMK nampaknya sekarang sudah bisa menghirup nafas lega pasalnya mereka baru saja menyelesaikan ujian nasional yang mendebarkan. Untuk beberapa sekolah biasanya akan mengadakan beberapa kegiatan tambahan dikhususkan untuk siswa-siswi kelas XII ini sambil menunggu pengumuman kelulusan. Tapi ada juga sekolah yang memberikan waktu muridnya untuk berlibur setelah bekerja keras dalam ujian.

Nah tak jarang murid-murid yang diberi jatah libur ini sedikit bingung dalam menentukan kegiatan untuk mengisi waktu luang tersebut. Meskipun sebenarnya ada banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan seperti enam hal di bawah ini.

Pilih kegiatan yang menghasilkan uang

Jual tas [image source]
Pengen liburan tapi tetep menghasilkan uang? Coba deh pikirkan ide bisnis mudah yang bisa kalian lakukan, misalnya saja dengan membuka sebuah online shop. Usaha ini hanya membutuhkan ponsel saja dan pastinya tanpa mengeluarkan modal besar kecuali kuota internet. Kalian bisa coba menjadi reseller produk-produk yang sedang digandrungi banyak orang misalnya fashion, aksesoris, maupun make up. Kan lumayan uangnya juga bisa digunakan untuk tambah-tambah jajan di kampus nanti. Kalian juga bisa menawarkan jasa loh, misalnya saja dengan menjadi guru les privat untuk siswa SD. Itung-itung isi waktu, dapat uang, dan juga kembali mengulang pelajaran kan?

Salurkan hobi gabung di komunitas

Hobi fotografi [image source]
Kalau selama menjadi siswa sekolah kalian hanya berkutat dengan kegiatan di lingkup tersebut, cobalah mulai melebarkan sayap. Kenali diri kalian dan temukan apa yang sebenarnya jadi kesukaan atau hobi. Misalnya saja kalian sangat menyukai fotografi, carilah komunitas fotografi di lingkunganmu dan bergabunglah. Dengan cara seperti ini ada banyak keuntungan yang bisa didapat, misalnya saja kalian bisa belajar beradaptasi di lingkungan baru. Itung-itung pemanasan sebelum ketemu banyak orang baru di kampus nanti. Selain itu kalian juga bisa menambah pengetahuan tentang kesukaan tersebut, pelajaran dari mereka yang lebih dulu terjun di bidang tersebut tentunya jadi sangat berharga. Belum lagi kalian bisa ikutan waktu-waktu berkegiatan bersama yang bakal bikin hari-hari nggak lagi dibuat takut karena nungguin pengumuman kelulusan.

Cari kenalan anak kuliah

Cari kenalan [image source]
Kalau yang ini semata-mata tujuannya untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai kehidupan perkuliahan. Kalian bisa mulai dengan menanyakan kontak kakak kelas pada guru tertentu. Misalnya kalian berminat memasuki kampus A, maka kumpulkan kontak kakak kelas yang berhasil kuliah di sana. Sebenarnya nggak harus kakak kelas sih, tapi untungnya bila kalian berasal dari sekolah yang sama akan lebih mudah untuk bertanya banyak hal. Tanyakanlah mulai dari hal kecil sampai yang penting. Misalnya bagaimana mata kuliahnya, dosen-dosen di sana, lingkungan mahasiswanya, kegiatan ekstra kampus tersebut, bahkan sampai harga makanan di sana. Syukur-syukur kalau nantinya bisa minta tolong cari kos-kosan juga. Untung banget kan?

Olahraga tipis-tipis biar badan seger

Olahraga [image source]
Liburan bukan berarti kalian harus seharian di rumah cuma makan dan nonton TV ya. Kalau kegiatannya hanya seperti itu, apa kabar kesehatan kalian? Seimbangkan aktivitas dengan olahraga, itung-itung biar kuat saat mendengar pengumuman kelulusan. Kalian bisa coba olahraga murah dan mudah seperti jogging di pagi hari setelah menunaikan salat subuh. Atau kalau ingin yang terjadwal dan didampingi profesional, coba saja fitness. Bila kondisi tubuh sudah fit tentunya nggak akan ada masalah dong saat pengumuman tiba. Belum lagi kondisi tubuh yang prima juga akan menguntungkan bila kalian akan menghadapi tes seleksi universitas. Kalau kerjaannya cuma tidur, yang ada malah ngantuk tuh waktu tes.

Belajar bahasa Inggris

Les bahasa [image source]
Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti les Bahasa Inggris. Memangnya penting? Tentu saja penting banget, nggak peduli apapun jurusan yang akan kalian pilih di universitas nanti pasti pelajaran bahasa Inggris akan selalu ada. Liburan ini bisa digunakan untuk mengasah kemampuan bahasa asing kalian sebelum mungkin saat di sekolah kita males-malesan mempelajarinya. Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperdalam ilmu bahasa Inggris ini adalah dengan mendengarkan lagu atau menonton film tanpa subtitle. Dengan begitu kemampuan mendengarkan kalian akan bisa terasah lebih tajam.

Persiapan tes masuk universitas

Ikut bimbel [image source]
Yang satu ini tentu saja sangat penting. Meskipun kelulusan sekolah belum diumumkan, kalian harus siaga satu dalam mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi. Jangan terlena dengan film-film seri di TV saat liburan, sempatkan beberapa jam setiap harinya untuk membuka buku dan belajar. Coba pelajari terlebih dahulu soal-soal tesnya dari tahun-tahun sebelumnya agar kalian terbiasa dengan tipe-tipe soal yang diberikan. Atau bila kalian khawatir dilanda rasa malas saat harus belajar sendiri, bisa banget tuh ikutan program bimbingan belajar yang tentunya dipandu oleh para profesional. Apalagi kalau bisa ikutan bareng kawan-kawan sekolah, seru banget kan pastinya.

Boleh saja bila kalian ingin sejenak bernafas bebas pasca menjalani ujian nasional, tapi ingat jangan terlalu terlena dengan waktu luang tersebut. Karena setelah ini ada tantangan yang lebih seru lagi harus kalian taklukkan setelah dinyatakan lulus. Isilah liburan dengan hal-hal bermanfaat untuk masa depan kalian agar tidak menyesal nantinya. Enak alternatif diatas pasti bisa kan kalian praktekkan, toh juga nggak susah-susah amat, malah sangat menguntungkan.

Written by Faradina

Leave a Reply

14 Gaun Pernikahan Paling Unik Bin Aneh yang Bikin Kita Gagal Paham, Anti-Mainstream Banget!

Lamahu, Desa Kecil di Gorontalo yang Punya Fasilitas Tercanggih se-Indonesia