Nostalgia Kecil Kecil Jadi Manten, Sinetron Lawas yang Kocaknya Bikin Kangen

Lama berlalu, tapi sinetron satu ini nggak terlupakan di hati para penggemar

oleh Nikmatus Solikha
07:00 AM on Aug 7, 2017

Masih ingat sinetron Kecil Kecil Jadi Manten? Yups, kisah kocak Rohaye dan Ongky sempet ngehits banget di zamannya. Saking ramenya, saat ini bahkan sinetron sejenis dibuat lagi dengan versi yang lebih modern dengan judul Kecil Kecil Mikir Jadi Manten, dari judul emang nggak jauh beda sih ya. Tapi, kedua sinetron tersebut tentu memiliki keunikan masing-masing.

Buat para angkatan 90-an, tentu sinetron yang dibintangi almarhumah Sukma Ayu tersebut nggak bisa terlupakan. Kisahnya yang unik dengan bumbu komedi itu selalu sukses bikin kita ngakak sampai sakit perut. Buat ngobatin rasa rindu sama sinetron lawas itu, yuk nostalgia sama para pemerannya.

Baca Juga
Ini Nih 5 Produk yang Dulunya Hits Banget tapi Sekarang Begitu Susah Ditemui
Obrolan Seorang Pria Digoda Cowok Kemayu, Endingnya Ngakak Sampai Bikin Banting Hape

Si cantik Sukma Ayu pemeran Rohaye yang sudah lama berpulang

Artis cantik Sukma Ayu saat itu sukses besar memainkan peran Rohaye, sosok cewek tomboi yang tiap harinya berperilaku seperti cowok. Rohaye sendiri diceritakan sebagai sosok super macho yang bisa manjat pohon dan jagoannya sepak bola. Saking piawainya bermain bola, Rohaye sampai diangkat jadi kapten. Buat menyempurnakan perannya, Sukma Ayu juga rela menggunduli rambut panjangnya.

Rohaye yang diperankan oleh Suka Ayu [image source]
Nggak sia-sia, totalitas Sukma Ayu ternyata menggiring sinetron yang dibintanginya tersebut banyak digemari masyarakat Indonesia. Namanya pun seketika melejit. Namun sayang, Sukma Ayu mengalami kecelakaan di masa-masa puncak popularitas. Sempat koma beberapa minggu, Sukma Ayu akhirnya meninggal dunia pada tanggal 25 September 2004. Kepergian Sukma tentu meninggalkan duka yang mendalam, terlebih para penggemarnya.

Faridsyah Zikri, pemeran Ongky yang hidupnya pernah awut-awutan karena narkotika

Sinetron Kecil Kecil Jadi Manten nggak cuma sukses melambungkan nama Sukma Ayu, lawan mainnya yang akrab disapa Farid juga nggak kalah beken. Sosok Ongky diceritakan sebagai kebalikan dari Rohaye, Ongky sangat feminine dan suka melakukan pekerjaan dapur. Dari situ juga orangtua Rohaye dan Ongky sepakat menikahkan anak mereka. Berkat perannya sebagai pemuda kemayu di sinetron fenomenal tersebut, Farid banyak dikenal masyarakat. Materi pun datang bergelimpangan. Namun sayang, saat dipuncak popularitas, pemeran Ongky itu justru lupa daratan.

Ongky diperankan oleh Faridsyah Zikri [image source]
Ia kerap berhura-hura bahkan terjerumus dalam dunia narkotika. Karena kelakuannya, tak pelak mengurangi popularitasnya di dunia entertaiment. Ia memutuskan untuk menata kembali hidupnya dengan menikah, namun saat membina rumah tangga Ongky tetap jauh dari Tuhan. Masalah ekonomi yang membuatnya kerap putus asa. Dua rumah dan dua mobilnya habis dijual, bahkan Farid sempat mencoba mengakhiri hidup. Beruntung, ia masih memiliki keluarga yang selalu memberi dukungan. Ia mencoba lebih memperkuat iman dengan belajar agama dari seorang ustadz. Dari belajar tersebut, Farid mulai mendapat ketenangan kembali. Ia juga kembali ke dunia entertaiment, meski bukan sebagai pemeran melaikan penulis skenario. Meski honor yang diterimanya tak sebanyak saat tampil di depan layar, namun ia merasa lebih berkah.

Sahrul Gunawan pemeran Alimin, pria awet muda yang pamornya nggak pernah redup

Siapa sih yang nggak kenal Sahrul Gunawan? Sosok yang namanya melejit berkat sinetron Jin dan Jun tersebut emang seolah nggak pernah berhenti berkarya. Dalam sinetron Kecil Kecil Jadi Manten, Sahrul juga kebagian peran sebagai Alimin, sosok tukang ojek yang bikin Rohaye jatuh cinta. Padahal saat itu Rohaye sudah dinikahkan sama Ongky.

Sahrul Gunawan pemeran Alimin [image source]
Duh, konflik mereka bener-bener belibet, tapi untung dibungkus dengan komedi yang segar hingga sinetron tersebut nggak ngebosenin. Meski nggak pernah berhenti berkarya, namun belakangan Sahrul Gunawan kerap ditimpa masalah. Mulai dari perceraian dengan sang istri, hingga rencana pernikahan dengan gadis pesantren yang berujung batal. Meski banyak media yang santer memberitakan Sahrul, namun pria kelahiran 23 Mei 1976 seolah tertutup. Apapun masalahnya, semoga bang Sahrul tetap semangat dan tak berhenti berkarya ya.

Rheina Maryana pemeran Kessy yang selalu bawel

Sosok cantik yang satu ini emang paling sering dapetin peran cewek bawel. Dalam sinetron Kecil Kecil Jadi Manten sendiri, dia berperan sebagai Kessy, kakak perempuan Ongky yang bawelnya setengah mati. Selain jadi bawel, Rheina juga kerap dapetin peran sebagai gadis betawi. Meski aslinya, Rheina sama sekali nggak punya darah betawi melainkan blasteran Sunda dan Jawa.

Rheina Maryana pemeran Kessy, kakaknya Ongky [image source]
Hingga saat ini, wajahnya masih sering wira-wiri di layar televisi. Ibu dari empat orang anak ini ternyata mengalami cinta lokasi dengan seorang sutradara loh, hingga akhirnya pada bulan Agustus 2011, ia resmi dipersunting oleh sutradara Findo Purwono HW. Eh, siapa tuh Findo Purwono HW? Ih, masa nggak tau sih? Beliau yang menyutradarai sinetron Ganteng Ganteng Serigala. Tau dong ya, sinetron ngehits yang diperankan Jessica Mila, Ricky Harun dan Kevin Julio itu.

Itulah kabar terbaru dari empat pemain Kecil Kecil Jadi Manten yang tayang pada tahun 2002 hingga 2004. Meski telah lama berlalu, namun nyatanya sinetron tersebut tetap sukses bikin para penggemar kangen. Dengan tayangnya versi modern, semoga bisa mengobati rindu para penggemar. Meski beda pemain, sinetron tersebut tentu menyuguhkan keunikan tersendiri kan?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA