Masalah Kecil di Jaman Dulu Tapi Jadi Masalah Besar di Jaman Sekarang

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 12, 2015

Kita semua tahu saat era berubah, maka setiap hal dalam kehidupan sehari-hari kita juga akan ikut berubah. Coba deh kamu ingat-ingat, paling tidak orang tuamu pasti pernah membandingkan model kehidupan jaman dulu dan jaman sekarang, bukan?

Memang sih, jaman sekarang ini sudah banyak kemudahan yang bisa dinikmati. Tapi percaya atau tidak, ada hal-hal yang dulu sebenarnya bukan masalah, atau hanya masalah kecil, di jaman sekarang ini malah menjadi masalah besar. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Kemana-mana Harus Naik Kendaraan Sendiri

Ngaku deh, beberapa tahun yang lalu saat belum banyak orang yang punya motor, kita terbiasa kemana-mana naik angkot atau jalan kaki. Jika jaraknya terlalu dekat untuk naik angkot, maka kita akan dengan santai langsung saja jalan kaki sampai ke tujuan. Jika terlalu jauh, kita akan berangkat dengan naik angkot seperti biasa.

Naik motor ke mana-mana [Image Source]
Naik motor ke mana-mana [Image Source]
Nah, saat ini hampir setiap orang punya kendaraan bermotor. Sejak ada motor, kebiasaan untuk jalan kaki lama-lama hilang. Bahkan untuk pergi ke toko yang hanya berjarak beberapa rumah atau beberapa blok saja harus naik motor. Mau pergi ke suatu tempat, maunya naik kendaraan sendiri atau dijemput. Kalau tidak ada yang menjemput atau tidak ada motor, maka batal berangkat. Hmm… apa kamu juga mengalaminya?

2. Nongkrong Cantik Itu Wajib Biar Gaul

Coba deh kamu cek di akun sosial media milikmu. Ada berapa banyak postingan yang menggambarkan kamu atau teman-temanmu sedang hangout atau nongkrong cantik di kafe? Padahal jaman dulu, sepertinya main di rumah salah satu teman itu sudah cukup, lho. Terkadang malah lebih seru.

Nongkrong di kafe [Image Source]
Nongkrong di kafe [Image Source]
Saat ini, saat mau ketemuan dengan teman saja kita cenderung memilih bertemu di luar rumah atau di cafe, sekalian nongkrong. Kalau tidak ikutan nongkrong, nanti dibilang nggak gaul atau cupu atau nggak menikmati hidup. Repot ya?

3. Malam Minggu Harus Jalan

Yang satu ini masih mirip-mirip sih dengan poin yang kedua. Setiap malam minggu tiba, mereka yang belum punya pasangan akhirnya hanya menggalau di kamar. Bagaimana nggak, sekarang ini malam minggu identik dengan acara malam mingguan dan jalan bareng pasangan. Yang nggak punya pasangan akhirnya hanya bisa galau di kamar.

Malam Minggu harus jalan [Image Source]
Malam Minggu harus jalan [Image Source]
Padahal dulu, punya pasangan atau nggak punya pasangan liburan di rumah juga baik-baik saja. Nggak ada masalah. Bisa seharian nonton TV, nyewa film, atau baca buku. Tapi kalau sekarang ya siap-siap dibilang jomblo ngenes.

4. Bawa Smartphone Kemana-mana Bahkan Hingga ke Kamar Mandi

Dulu handphone yang ada nggak secanggih jaman sekarang. Yang penting bisa buat sms atau telepon. Tapi sekarang ini smartphone sudah sangat canggih. Berbagai aplikasi ada di smartphone yang bisa membuat kita memang dengan mudah ketagihan dengan gadget ini. Main game, internetan, berfoto ria, aktif di sosmed, semua bisa dilakukan dengan smartphone.

Main hape di toilet [Image Source]
Main hape di toilet [Image Source]
Parahnya lagi, sangking ketagihannya, pergi ke toilet pun juga harus bawa smartphone. Biasanya urusan satu ini dilakukan tanpa repot, tapi sekarang, banyak orang harus mondar-mandir dulu mencari smartphone sebelum berangkat ke toilet untuk menyelesaikan urusannya. Ada-ada saja…

5. Malas Mencuci Benda Kecil Sejak Ada Mesin Cuci

Standardnya, mencuci benda-benda kecil seperti pakaian dalam atau kaos kaki akan lebih bersih jika dicuci secara manual. Kalau pakaian-pakaian besar, memang sih akan sedikit merepotkan, jadi tidak apa-apalah dicuci menggunakan mesin cuci.

Mencuci dengan mesin cuci [Image Source]
Mencuci dengan mesin cuci [Image Source]
Namun, penemuan yang memudahkan pekerjaan rumah tangga ini kini justru seringkali bikin kita makin malas. Bagaimana tidak, mencuci pakaian dalam yang kecil-kecil saja kita jadi begitu malas mencuci secara manual. Maunya serba praktis dan tinggal memasukkan semua pakaian itu ke dalam mesin cuci.

6. Dulu Curhatnya ke Temen / Diary, Sekarang Curhat di Sosmed, Tapi Dihujat

Jaman dulu, kalau sedang sedih atau galau, orang-orang biasa curhat di diary atau temen dekat. Menuliskan masalah di diary memang bisa bikin kita merasa lebih lega. Apalagi kalau masalah tersebut memang bersifat pribadi. Kalau curhat sama temen dekat yang bisa dipercaya, kamu juga bisa dapat saran atau masukan yang bisa bantu kamu menyelesaikan masalah.

Kalau tidak mau di-judge, jangan posting masalah di facebook [Image Source]
Kalau tidak mau di-judge, jangan posting masalah di facebook [Image Source]
Nah, karena di jaman sekarang sudah ada sosmed, jadilah orang-orang mulai curhat di sosmed. Ya nggak semua sih, biasanya sih anak-anak muda yang baru gede suka curhat di sosmed. Menceritakan segala keluh kesanya di media sosial mereka. Tapi kemudian saat ada yang komen atau mengejeknya, mereka malah bingung. Lupa mungkin kalau sosial media itu tempat umum. :p

7. Bingung Masangin Sepatu Dan Pakaian

Nih, biasanya yang cewek-cewek, suka lama banget kalau siap-siap mau jalan. Dulu, kalau mau jalan biasanya orang akan langsung milih pakaian paling bersih dan rapi maka beres sudah. Tapi sekarang banyak banget persiapan buat sekedar jalan bareng aja. Ketika ditanya sudah siap apa belum, ternyata masih asik milih baju dan sepatu karena bingung mau memadukan baju yang dipakai dengan sepatu yang mana.

Bingung milih baju dan sepatu [Image Source]
Bingung milih baju dan sepatu [Image Source]
Nggak masalah sih, karena setiap orang pasti mau tampil sempurna. Tapi jangan sampai kamu jadi buang-buang waktu untuk urusan seperti ini yang nantinya bikin orang lain yang nunggu kamu jadi sebel. Kalau memang mau tampil yang maksimal, siapkan dari hari sebelumnya saja, biar nggak bingung.

8. Dulu Lampu Mati Juga Masih Bisa Main

Jaman dulu mainan itu seru dan menyenangkan. Nggak perlu pakai listrik, tinggal lari aja ke lapangan, kumpulin temen-temen lalu main bareng. Gampang kan? Bisa main sepakbola yang bisa mengeluarkan banyak keringat, petak umpet, dan masih banyak lagi. Kalau pengen yang nggak terlalu keluar keringat, bisa main monopoli, ular tangga, yang perempuan bisa main rumah-rumahan, bongkar pasang, dan lain-lain. Pokoknya ada aja yang bisa kamu lakukan biar nggak bosan.

Main congklak nggak butuh listrik [Image Source]
Main congklak nggak butuh listrik [Image Source]
Kalau jaman sekarang, mati lampu sudah pada bingung. Nggak bisa main game, nggak bisa nonton TV. Lupa nggak bawa charger handphone malah lebih bingung lagi. Nggak bisa update status di sosmed, nggak bisa baca situs-situs di internet, nggak bisa main game di hape. Serba susah pokoknya.

Nah, itu tadi beberapa masalah yang sebenarnya dulu sepele, tapi di era modern ini masalah-masalah tersebut bisa bikin kita marah-marah! Nah, kalau kamu, masalah kecil apa sih yang buatmu jadi gede?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA