10 Kecelakaan Taman Hiburan Paling Mengerikan di Dunia!

oleh Adi Nugroho
08:00 AM on Jul 30, 2015

Elemen utama dari sebuah taman hiburan adalah adanya wahana yang unik dan menegangkan. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya roller coaster. Wahana satu ini sangat diminati karena dikenal sangat mengerikan. Berjalan dengan kecepatan tinggi, lalu jungkir balik di sebuah ketinggian yang membuat para penumpangnya teriak-teriak.

Namun di balik keseruan dan histeria taman hiburan, selalu ada cerita kelam di dalamnya. Kecelakaan kerap terjadi di sebuah taman hiburan meski pengamanan telah dibuat seketat mungkin. Langsung saja, inilah sepuluh kecelakaan taman hiburan paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Ride of Steel – Daniel Lake Theme Park

Sebuah kecelakaan mengerikan terjadi tahun 2011 silam di Daniel Lake Theme Park. Seorang veteran perang Amerika bernama Sersan James Hackermer (29) jatuh dari sebuah roller coaster bernama Ride of Steel. James jatuh dari tempatnya duduk yang berjarak puluhan meter dari tanah.

Sebelumnya ia bersama anak dan istrinya bertamasya ke taman rekreasi ini. Veteran yang diamputasi kedua kakinya ini bertanya apakah aman naik roller coaster. Pihak taman rekreasi mengiyakan hingga akhirnya ia ikut naik dan menikmati wahana yang menguras adrenalin itu. Sialnya ia terjatuh karena mungkin tak memiliki kaki yang bisa diganjal sabuk pengaman. James meninggal akibat tubuh yang remuk serta cidera di otaknya.

2. Action Park

Action Park adalah sebuah taman rekreasi yang terletak di Vermon, New Jersey, Amerika. Taman ini hanya beroperasi saat musim panas datang, yaitu mulai Juni hingga September. Action Park telah memakan korban meninggal hingga mencapai enam orang selama 25 tahun beroperasi.

Meski dikenal sebagai taman rekreasi paling tidak aman, pengunjung masih saja memadati taman ini saat liburan. Mereka menginginkan sebuah hiburan penguji nyali meski nyawa harus menjadi risikonya. Jika anda menginginkan sebuah taman rekreasi yang aman dan nyaman, jangan sekali-kali datang ke sini.

3. The Cyclon – Coney Island

The Cylon adalah sebuah roller coaster yang terbuat dari kayu yang pertama kali dioperasikan pada tahun 1927. Selama beroperasi, roller coaster ini telah memakan tiga korban meninggal dunia. Pertama terjadi saat tahun 1985, seorang pria mengalami kematian saat kepalanya terbentur sebuah batang besar saat menaiki The Cyclon.

Kecelakaan selanjutnya terjadi pada tahun 1988. Seorang pria berusia 26 tahu meninggal dunia setelah jatuh dari ketinggian karena terpental dari dalam boks tempatnya duduk. Kecelakaan terakhir terjadi pada tahun 2007 setelah seorang pria mengalami luka di leher usai menaiki The Cyclon. Tahun ini The Cyclon resmi ditutup karena keamanan yang kurang baik serta semakin berkurangnya minat pengunjung untuk menaiki roller coster mengerikan ini.

4. Puff The Little Fire Dragon – Lagoon Amusement Park

Puff The Little Fire Dragon adalah sebuah roller coster mini yang berada di Lagoon Amusement Park. Roller coster ini khusus untuk anak-anak hingga tidak begitu tinggi dan mengerikan seperti roller coaster kebanyakan. Namun jangan sepelekan hal biasa ini, karena si naga kecil berwarna hijau ini telah memakan satu korban.

Pada tahun 1989, seorang anak bernama Ryan Beckstead jatuh dari roller coaster saat benda ini mulai bergerak. Saat kejadian ini Ryan masih selamat. Namun Ryan bangkit dan berjalan menuju lintasan kereta tempat ia jatuh. Akibatnya, ia tertabrak sebuah kereta dengan kecepatan yang mampu membuatnya terlempar dan akhirnya meninggal dunia akibat luka yang cukup parah.

5. Superman – Six Flags Kentucky

Superman adalah nama sebuah wahana paling diminati di Six Flags Kentucky. Pengunjung yang menaiki wahana ini akan dibawa naik ke ketinggian tertentu lalu mereka akan seperti dijatuhkan. Sensasi mengejutkan dari Superman membuat sekelompok gadis remaja bersemangat mencobanya meski harus berakhir mengenaskan.

Sekelompok gadis ini dinaikkan ke sebuah tempat duduk hingga ketinggian tertentu. Saat semuanya berada di atas, tali dari mesin ini putus. Akibatnya gadis-gadis ini harus rela terjun bebas dan membentur tanah dengan sangat kuat. Beruntunglah tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun satu gadis harus rela kakinya diamputasi karena patah dengan parah.

6. King’s Island

King’s Island adalah sebuah taman rekreasi yang dikenal penuh dengan kecelakaan. Pada tahun 1991 seorang pria jatuh ke dalam kolam. Dua orang pria bernama William Aithcoat dan Darrel Robertson berusaha untuk menyelamatkannya. Namun ketiganya justru mendapatkan sengatan listrik cukup kuat dari kolam. Ketiganya mengalami syok berat.

Satu jam berselang seorang pria bernama Candy  Taylor terlempar dari roller coaster bernama Flight Commander hingga membuatnya meninggal dunia di tempat. Setelah kejadian itu King’s Island dikenal menjadi taman berhantu hingga sebuah acara bernama Ghost Hunter melakukan syuting di taman rekreasi ini.

7. Batman: The Ride – Six Flags Over Georgia

Batman: The Ride adalah sebuah roller coaster dengan teman Batman. Seorang yang naik kereta ini akan dibawa ke sebuah gua dengan seting seperti Gotham City. Di kereta super cepat ini, dua nyawa manusia melayang akibat tubrukannya. Pertama terjadi pada tahun 2008 silam. Seorang remaja berumur 17 tahun ditabrak roler coaster saat mengambil topinya yang jatuh pada lintasan.

Enam tahun berselang. Seorang pekerja dari taman ini harus mengalami kematian yang sama. Saat ia mendekati lintasan, sebuah roller coster menyambar dengan kecepatan 80 kilometer perjam. Akibatnya, pria ini langsung terpental dan kepalanya terbentur dengan sangat keras hingga meninggal langsung di tempat.

8. Fujin Raijin II – Exploland

Exploland adalah sebuah taman wisata paling terkenal di Osaka, Jepang. Di taman hiburan yang setiap tahun hampir dikunjungi jutaan orang, ini terdapat 40 wahana atraksi yang sangat menakjubkan. Namun di balik kemeriahan ini tersimpan sebuah tragedi mengerikan yang terjadi di sebuah wahana bernama Fujin Raijin II.

Pada tahun 2007, Fujin Raijin II mengalami gangguan pada bagian rodanya. Akibatnya, puluhan orang terlempar keluar jalur. Kecelakaan ini adalah yang terparah di taman ini bahkan di Jepang. Dari kecelakaan ini satu orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami cidera cukup parah. Fujin Raijin II akhirnya ditutup secara total dan selama sebulan taman rekreasi tutup untuk menghormati korban.

9. Hydro – Oakwood Theme Park

Hydro adalah sebuah roller coaster yang dikenal sebagai wahana dengan signature drop yang mencipratkan banyak air kepada penumpangnya. Bagian penutup basah-basah inilah yang membuat banyak pengunjung rela antre untuk menaiki roller coaster. Namun keseruan ini juga membuahkan sebuah kematian bagi seorang anak bernama Hyley Williams jatuh dari ketinggian 30 meter dari kereta.

Kejadian pada tahun 2004 ini membuat gadis malang ini jadi meninggal dunia. Sebuah investigasi memberikan fakta bahwa sabuk pengaman Hyley tidak diikatkan dengan baik oleh petugas lapangan. Akibatnya pihak taman hiburan harus membayar sebesar 400 ribu dolar untuk biaya pertanggungjawaban kepada keluarga korban.

10. The Big Dipper – Battersea Fun Fair

The Big Dipper adalah sebuah roller coaster yang terbuat dari kayu dan pertama beroperasi tahun 1951. The Big Dipper berada di sebuah taman rekreasi bernama Battersea Fun Fair yang kala ini tak cukup terkenal. Namun atraksi dari The Big Dipper membuat taman rekreasi ini semakin ramai hingga membuat ribuan orang berkunjung setiap harinya.

Pada tahun 1972, sebuah kecelakaan mengerikan terjadi di tempat ini. Roller coaster yang beroperasi selama 20 tahun lebih mengalami putus tali penyangga hingga mengakibatkan 5 anak-anak meninggal dunia. Selain itu terdapat puluhan orang lain yang mengalami cidera cukup parah. Akibat kejadian ini Buattersea Fun Fair ditutup dua tahun kemudian akibat tingkat keselamatan wahana yang rendah.

Sebuah taman rekreasi harusnya membuat pengunjungnya jadi bahagia, tidak mala menderita akibat kecelakaan. Semoga kejadian mengerikan seperti ini tidak terjadi pada kita semua!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA