Video Kecelakaan Pesawat Terburuk Sepanjang Sejarah Penerbangan

oleh Centralismo
09:10 AM on Jan 3, 2015

Kecelakaan pesawat Air Asia yang baru-baru ini terjadi mengingatkan kita bahwa secanggih apapun teknologi, kita masih belum aman dari marabahaya. Human error, faktor cuaca dan kesalahan lainnya dapat memicu terjadinya kecelakaan. Selain itu, ketidakdisplinan para penumpang juga bisa menjadi penyebab jatuhnya pesawat. Kita tentu tahu beberapa kasus pesawat jatuh akibat radar investigasi penerbangan terganggu oleh sinyal ponsel.

Berikut ini adalah video yang menjadi saksi sejarah beberapa kecelakaan udara yang paling buruk sepanjang masa. Kami juga sertakan beberapa fakta dan sejarah di balik kecelakaan maut tersebut. Sebagian di antaranya terjadi karena human error dan sebagian lagi karena faktor cuaca buruk.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Tabrakan Antara Pesawat United Airlines dengan Trans World Airlines

Kecelakaan ini terjadi pada tahun 1960 ketika kedua pesawat ini sedang berada di udara. Kecelakaan ini juga dikenal dengan nama Kecelakaan Pesawat Park Slope. Kedua pesawat, United Airlines dan Trans World Airlines sedang melintasi langit New York pada tanggal 16 Desember 1960. Di tengah-tengah penerbangan pesawat United Airlines meneabrak Pesawat Trans World dan puing-puingnya jatuh ke Park Slope, Brooklyn.

Pesawat Trans Worlds seketika jatuh dengan penumpang yang berjatuhan dari udara. Sementara, pesawat United Airlines sempat terbang beberapa jam kemudian jatuh ke Park Slope. Kecelakaan maut tersebut menewaskan 128 orang seketika di dalam pesawat. Sementara enam orang lainnya meregang nyawa setelah jatuh di daratan.

https://www.youtube.com/watch?v=gYwTtgC-k1Y

 

2. Kecelakaan National Airlines Flight 102, Afganistan

National Airlines Flight 102 adalah pesawat kargo yang dioperasikan oleh National Airlines. Tugas pesawat ini adalah menghubungkan camp militer Inggris di Afganistan dengan Bandara Alk Maktoum yang ada di Dubai. Pesawat ini berhenti untuk mengisi bahan bakar di Bagram Airfiedl, Afganistan.

Pada tanggal 29 April 2013, saat akan mengisi bahan bakarnya, pesawat jenis Boeing 747-400 ini jatuh dan menewaskan sedikitnya tujuh orang di dalam pesawat tersebut. Ketika kecelakaan tersebut terjadi, pesawat telah beroperasi selama sebulan antara camp militer Inggris dan Dubai. Menurut data, pesawat ini jatuh akibat human error.

https://www.youtube.com/watch?v=XTGlQ8ZIV4U

3. Kecelakaan pesawat Alaska C 17

Kecelakaan ini terjadi pada hari Rabu, 28 Juli 2010 saat pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh di pangkalan udara militer Elmendorf, Alaska. Kecelakaan ini menewaskan sedikitnya empat kru pesawat yang sedang bertugas. Pesawat ini berjenis Boeing C 17 Globemaster 111 dengan nomor ekor 00-0173.

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan fatal yang pertama kalinya terjadi pada pesawat jenis C 17. Kru persawat tersebut sedang berlatih untuk Arctic Thunder Air Show yang akan digelar tiga hari setelah kecelakaan tersebut terjadi. Kecelakaan ini diduga karena kru yang mengendalikan pesawat ini sama sekali berbeda dengan kru-kru yang mengendarai pesawat ini sebelumnya.

https://www.youtube.com/watch?v=Hulu0p2JHR0

 

4. Swissair 111

Pada tanggal 2 September 1998, Swissair lepas landas dari Bandara John F Kennedy di New York menuju bandara Cointrin di Geneva, Switzerland. Semuanya tampak normal di kabin penumpang. Tapi tidak ada yang tahu bahwa di kabin pilot api sedang merambat dan terus membesar. Api diduga datang dari AC kabin pilot. Pilot tidak berhasil mendaratkan pesawat tersebut dengan selamat dan akhirnya Swissair jatuh. Kecelakaan tersebut menewaskan 299 orang penumpang.

Pada video ini, kecelakaan dan penyebab kecelakaan direka ulang. Ternyata, pesawat ini adalah pesawat yang dikenal sebagai “UN Shuttle” dimana orang-orang pemerintahan Amerika Serikat, para ilmuan, penemu dan juga pebisnis eksekutif sering melakukan penerbangannya.

5. Kecelakaan Air Florida 90

Pesawat Air Florida dengan nomor penerbangan 90 dijadwalkan akan terbang dari Bandara Internasional Washington Menuju Fort Lauderdale. Namun, pada tanggal 13 Januari 1982 tersebut, pesawat naas itu jatuh dan menabrak sebuah jembatan yang tengah ramai dilalui pengendara mobil. Pesawatpun jatuh ke dalam Sungai Potomac yang kala itu tengah membeku karena cuaca musim dingin.

Pesawat itu membawa sedikitnya 74 penumpang dan 5 kru. Sebanyak empat penumpang dan satu kru pesawat berhasil selamat dari kecelakaan terseut. Sementara empat pengendara yang sedang berada di jembatan tewas. Para penumpang yang selamat adalah hasil penyelamatan para warga yang tengah melintas di sungai tersebut. Mereka rela berenang ke sungai yang dilapisi es untuk menyelamatkan penumpang yang masih hidup. Kecelakaan tersebut disebabkan oleh kesalahan pilot yang gagal menyalakan sistem perlindungan es, yang biasa dipakai pesawat jika terbang di musim dingin.

https://www.youtube.com/watch?v=qr66MHRJkMQ

Itulah lima kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di seluruh dunia. Kecelakaan memang tidak pernah dapat diprediksi, namun kita harus senantiasa berjaga-jaga dan waspada. Berdoa sebelum perjalanan dimulai juga bisa membantu menenangkan hati selama perjalanan udara.

Semoga untuk ke depannya teknologi dapat lebih membantu kita untuk melakukan perjalanan yang aman. Dan selaku penumpang, kita juga harusnya bertanggung jawab dan mengikuti peraturan yang telah diterapkan di atas pesawat.(HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA