5 Kebudayaan Kuno yang Sangat Berpengaruh ini Justru Dilupakan oleh Umat Manusia

oleh Adi Nugroho
13:00 PM on Feb 13, 2016

Kita telah mempelajari kebudayaan kuno milik Mesir, Roma, Yunani, hingga kebudayaan kuno di nusantara Indonesia dalam buku teks sejarah. Dengan membaca itu semua, kita akan tahu seperti apa tatanan kebudayaan dan juga interaksi sosial yang pernah ada. Oh ya, dengan mempelajari sejarah kita juga akan tahu bagaimana kebudayaan di masa lalu akhirnya punah atau bertransformasi menjadi sesuatu kebudayaan baru di masa depan.

Namun, tak semua kebudayaan kuno yang penting di masa lalu tertulis dengan baik di buku. Banyak dari kebudayaan kuno itu justru hilang dan akhirnya dilupakan manusia. Padahal keberadaan mereka bisa digunakan untuk mempelajari perkembangan umat manusia dari waktu ke waktu. Untuk itu, Boombastis akan mencoba menampilkan 5 kebudayaan kuno yang dilupakan itu. Mari kita kupas satu per satu.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

1. Kebudayaan Indo-Greek

Indo-Greek adalah sebuah kerajaan yang terletak di bagian utara India dan meliputi wilayah Pakistan, Afganistan, India, dan Turkmenistan. Kerajaan yang masih terpengaruh kebudayaan Yunani kuno ini berdiri pada tahun 180 SM dan runtuh di tahun 10 masehi. Selama nyaris 200 tahun berkuasa, kerajaan ini telah membawa banyak sekali perubahan besar pada dunia.

Koin Indo-Greek [image source]
Koin Indo-Greek [image source]
Raja paling terkenal di kerajaan ini bernama Menander. Ia beragama Buddha setelah mengalami debat panjang dengan seorang filsuf bernama Nagasena. Oh ya, kerajaan ini banyak sekali menghasilkan barang seni terutama arsitektur seperti yang ada di Yunani. Dalam kebudayaan Indo-Greek, sistem uang sudah dikenal, bahkan mereka mencetaknya dari bahan logam.

2. Kebudayaan Maurya

Kebudayaan Maurya ada sekitar tahun 332-185 SM. Saat itu Kerajaan Maurya mulai hadir dan menginvasi banyak sekali wilayah di India. Sebelum hal ini terjadi, Chandragupta Maurya harus menunggu Alexander Agung runtuh dahulu. Saat Alexander Agung tamat, Chandragupta mulai memperlebar kekuasaannya dan menguasai India secara penuh di usianya yang masih 20 tahunan.

Peninggalan kebudayaan Maurya [image source]
Peninggalan kebudayaan Maurya [image source]
Ia adalah pemimpin yang sangat kuat. Bahkan, banyak sekal jendral perang dari Macedonia yang dikalahkan dengan sangat mudah. Dalam pemerintahannya, Chandragupta dikenal sangat berhati-hati. Ia selalu membuat birokrasinya berjalan dengan baik hingga akhirnya sebuah kudeta membuyarkan semuanya. Saat hal ini terjadi, Yunani kuno mulai menginvasi bagian utara dari India.

3. Kebudayaan Tuwana

Tuwana adalah salah satu kerajaan dan kebudayaan paling terlupakan di dunia. Padahal kebudayaan ini dikenal sangat hebat di masa lalu dan telah mengenal sistem perdagangan, sistem masyarakat hingga kebudayaan berupa arsitektur. Tuwana hadir di dunia ini selama serarus tahun sejak abad ke-9 hingga ke-8 SM.

Sisa kebudayaan Tuwana [image source]
Sisa kebudayaan Tuwana [image source]
Saat menjadi kerajaan yang hebat, Tuwana menghubungkan dua kerajaan besar bernama Phrygian dan Assyrian. Perdagangan dua negeri ini harus melalui Tuwana hingga mereka mengenakan semacam pajak. Hal ini membuat negeri Tuwana menjadi sangat kaya. Kehebatan dari Tuwana ini akhirnya diincar oleh negara lain hingga kerajaan ini dihancurkan dan dilupakan dalam sejarah. Bahkan di era modern seperti sekarang akan sangat sulit mencari data-data terkait kebudayaan ini.

4. Yuezhi

Yuezhi dikenal sebagai salah satu kebudayaan yang memiliki hobi bertarung dengan kerajaan lain. Dinasti yang terletak di sebelah utara Tiongkok ini kerap sekali menyerbu kawasan Eropa dan juga Asia agar mendapatkan banyak sekali keuntungan. Yuezi juga merupakan sentra perdagangan antara Tiongkok dan kerajaan-kerajaan lain di seluruh dunia.

Koin Yuezi [image source]
Koin Yuezi [image source]
Yuezi juga pernah menyerang sampai ke dataran India saat wilayah itu dikuasai oleh Greco-Bactrian. Kemenangan yang dimiliki oleh Yezi lambat laun musnah setelah kerajaan besar seperti Persia mulai menguasai wilayah India, Pakistan, serta Iran modern.

5. Aksum

Bisa dibilang Aksum adalah satu dari empat kerajaan hebat sepanjang masa bersama Roma, Tiongkok, dan Persia. Sayangnya kehebatan ini harus sirna setelah perekonomian negara runtuh pasca penguasaan Laut Merah oleh suku-suku di kawasan jazirah Arab. Dinasti yang telah ada sejak abad ke-3 ini akhirnya lenyap.

Aksum [image source]
Aksum [image source]
Saat terbentuk Aksum hanyalah sebuah kerajaan kecil yang berada di kawasan Ethiopia. Namun kehebatan dalam hal perdagangan membuat mereka menguasai wilayah Afrika hingga menyebar ke Laut Merah dan juga Arab. Akhir kerajaan ini terjadi saat Islam mulai masuk ke Afrika. Bahkan tahta dikabarkan diserahkan kepada umat dari Nabi Muhammad.

Inilah lima kebudayaan yang sangat berpengaruh di dunia tapi dilupakan oleh umat manusia. Keberhasilan mereka di masa lalu adalah pencapaian besar sebuah bangsa dalam misinya untuk menguasai dunia. Dan hal itu sudah seharusnya diingat sampai kapan pun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA