5 Kebiasaan yang Pasti Dilakukan Saat Kecil di Bulan Ramadan

oleh Rizal
07:02 AM on Jun 11, 2016

Ada yang bilang puasa itu memang bulannya anak-anak. Seperti yang sudah kamu tahu, di masa inilah bocah-bocah seolah mendapatkan hadiah besar dengan mengalami bertubi-tubi kesenangan yang jarang didapatkan di luar bulan puasa. Ya, kamu mungkin masih ingat betapa momen masa kecil di bulan ini adalah hal yang sangat menyenangkan.

Kalau orang dewasa pasti sudah keliyengan mikirin belanja Ramadan dan lebaran, kalau anak-anak sih tinggal menikmati momen aja dengan cara mereka sendiri. Entah menghabiskan waktu seharian dengan bermain atau apa pun. Dan asyiknya lagi, pas puasa ini biasanya hari liburnya lamaaaa sekali. Bahkan di masa presiden Gus Dur, sekolah diliburkan selama sebulan penuh.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Nah, sambil menunggu buka nih, yuk nostalgia dengan mengenang asyiknya masa kecil dulu di saat Ramadan seperti sekarang. Simak ulasannya berikut.

1. Jalan-Jalan Setelah Subuhan Hukumnya Wajib

Anak-anak dulu emang tahu banget cara untuk menghabiskan waktu di bulan puasa. Salah satunya adalah mengawali hari dengan jalan-jalan subuh. Taruhan deh kalau kamu pun pernah melakukan aktivitas ini, kan?

Jalan-jalan subuh [Image Source]
Jalan-jalan subuh [Image Source]
Asyiknya acara ini tentu saja karena bersama-sama anak-anak lainnya. Sepanjang jalan dihabiskan dengan cerita banyak hal, mulai Kotaro Minami yang sudah bisa jadi RX Bio sampai cerita game-game PS 1. Acara jalan-jalan ini juga nggak bakal membosankan karena akan selalu ada aksi-aksi spontanitas jahil yang dilakukan. Entah memencet bel rumah orang-orang sampai dikejar anjing. Pokoknya seru luar biasa!

2. Main PS Saat Pagi Emang Nggak Bisa Tergantikan

Kelar jalan-jalan subuh, biasanya sih dulu anak-anak bakal tetap ngumpul kemudian biasanya main PS alias playstation. Aktivitas satu ini juga memorable banget. Apalagi di masa kecil dulu, khususnya bagi angkatan 90an, PS tengah happening banget dan semua rental pasti penuh pas pagi.

Main PS di pagi hari [Image Source]
Main PS di pagi hari [Image Source]
Beragam game dimainkan saat itu dan jagoannya tetap satu. Yup, Winning Eleven. Biasanya dibikin turnamen biar semua anak bisa ikut dan mainnya gantian. Kadang juga main game-game bertema petualangan dan akhirnya waktu pun terlewatkan dengan cepat.

3. Sepak Bola Siang Sampai Sore

Kalau ingat masa kecil dulu seperti pengen ketawa, ya. Sudah tahu puasa itu bikin haus malah main permainan yang melelahkan, bola misalnya. Serunya lagi, biasanya permainan ini dilakukan pas siang hari di mana matahari tengah terik-teriknya.

Main bola di siang hari [Image Source]
Main bola di siang hari [Image Source]
Emang bikin haus setengah mampus, makanya kita dulu pasti pernah sekali dua kali melakukan kecurangan. Ya, pergi ke masjid sebelah dengan dalih cuci muka padahal minum air di keran. Memang bikin puasa batal sih, tapi aktivitas yang semacam ini selalu seru ketika diingat lagi.

4. Setelah Ngaji Main Lagi

Karena puasa, jadwal ngaji setelah magrib pun diganti dengan sore hari setelah ashar. Kalau dulu sih pasti begitu. Ngaji setelah ashar ini juga menyenangkan terutama karena durasinya pasti sebentar, hehe. Setelah itu, aktivitas setelahnya tentu adalah main lagi.

Habis ngaji main lagi [Image Source]
Habis ngaji main lagi [Image Source]
Petak umpet kek, main kelereng kek, atau bahkan berjibaku main bola lagi. Deretan aktivitas sore ini pasti pernah juga kamu lakukan. Kegiatan bermain ini nggak bakal berhenti kecuali adzan magrib memanggil. Kalau sudah begitu biasanya anak-anak bakal lomba lari ke masjid untuk meneguk yang seger-seger.

5. Petasan dan Patrol Menghiasi Malam

Setelah magrib hal yang pasti dilakukan adalah ngumpul dan bermain lagi. Kali ini permainannya beda tentu saja. Anak-anak biasanya akan main petasan. Nggak hanya yang bunyinya keras tapi juga petasan-petasan yang meluncur ke angkasa itu. Petasan-petasan akan berhenti jika adzan isya sudah terdengar. Biasanya sih, anak-anak bakal kabur pas terawih untuk main petasan lagi.

Main petasan [Image Source]
Main petasan [Image Source]
Kegiatan malam hari tentu saja nggak cuma main petasan aja, tapi juga patrol. Kalau di Jawa, patrol adalah semacam istilah untuk menyebut aktivitas membangunkan orang-orang sahur. Kegiatan ini sebenarnya nggak hanya dilakukan anak-anak kecil tapi juga orang-orang dewasa. Tapi, yang paling antusias tetep bocah-bocah. Biasanya, karena ngantuk, kita sendiri nggak bangun sampai pagi.

Ah, menyenangkan sekali aktivitas di masa kecil ini. Seandainya waktu bisa diulang, ya. Setelah sebulan mengalami banyak kesenangan unik, akhirnya jack pot bagi anak-anak pun tiba. Ya, apalagi kalau bukan lebaran dan uang THR. Lengkap sudah kesenangan selama sebulan lebih. Alhasil, anak-anak pun pasti bergumam, “kenapa sih nggak tiap bulan aja puasa dan lebaran?”

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content