in

5 Daerah di Indonesia yang Dikenal Dengan Kebiasaan Nikah Mudanya

5. Sulawesi Selatan

Sebuah pulau bernama Kodingareng yang terletak tak jauh dari kota Makassar, juga punya tradisi kawin muda. Namun di sini agak lebih ekstrem dari pada deretan daerah di atas. Misalnya tentang umur pernikahan yang ditentukan dengan tanggal pertama seorang anak perempuan mengalami menstruasi. Ketika orangtua mengetahui hal ini segera mereka akan mencarikan pasangan dan buru-buru menikahkan anak gadisnya.

Di pulau yang tak jauh dari Makasar ini, para gadisnya mudanya juga banyak yang menikah [Image Source]
Di pulau yang tak jauh dari Makasar ini, para gadisnya mudanya juga banyak yang menikah [Image Source]
Orangtua di sini umumnya beranggapan jika anak gadis itu susah menjaga dirinya. Jadi, daripada terjadi hal yang tidak-tidak maka menikah dijadikan solusi utamanya. Untungnya, sebagian orangtua masih cukup peduli dengan memberikan KB kepada anaknya setelah menikah biar tidak cepat-cepat hamil. Kalau tidak, maka kasihan sekali anak-anak yang masih seusia SMP di sana sudah harus merasakan beratnya menjadi ibu.

Baca Juga :5 Pasukan Elit Indonesia yang Kemampuannya Bikin Ngeri Negara-Negara di Dunia

Menikah muda memang bikin bingung. Memang tidak menampik ada manfaat besar di sana, tapi tak menutup mata juga kalau ada dampak negatifnya. Misalnya membuat angka perceraian makin tinggi atau mungkin membentuk keluarga yang tidak berkualitas. Ya, lantaran masing-masing pasangan tidak punya persiapan dan pengetahuan memadai, maka akan sangat susah untuk membentuk keluarga yang bagus.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

fi

9 Software Antivirus Hebat Buatan Anak Indonesia

4 Motor Sport Jadul ini Pernah Bikin Anak Muda Dulu Kepincut Setengah Mati