5 Tokoh Berpengaruh Dunia yang Punya Kebiasaan Makan Aneh

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 1, 2015

Ada begitu banyak tokoh fenomenal yang lahir sepanjang sejarah manusia. Ada yang inspiratif dan membawa kebaikan, namun ada juga yang kejamnya tak karuan. Kita sering dibuat penasaran oleh deretan tokoh ini. Bukan hanya tentang apa yang mereka pikirkan, namun juga hal sesederhana seperti apa makanan favorit mereka, atau kebiasaan unik apa yang mereka miliki. Soal makanan, ternyata beberapa tokoh dunia memang punya kebiasaan unik, seunik kiprah mereka bagi dunia.

Misalnya saja adalah Mark Zuckerberg. Siapa yang menyangka jika tokoh fenomenal ini punya kebiasaan makan yang unik yakni hanya mau makan daging dari hewan yang dibunuhnya sendiri. Ada juga Beethoven yang dikenal sangat cerewet soal sup yang dihidangkan kepadanya. Tak cuma dua orang ini, ada beberapa tokoh fenomenal lain yang dikenal punya kebiasaan makan yang unik. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kim Jong Il – Si Rakus yang Suka Makanan Enak dan Mewah

Seperti yang kamu tahu, sebelum Korea Utara di bawah kendali Kim Jong Un seperti sekarang ini, negara tetangga Korea Selatan itu dikuasai oleh sang ayah, Kim Jong Il. Menurut rumor yang beredar, pemimpin satu ini juga sama bengis dan egoisnya seperti si anak atau mungkin KimJong Il memang menurunkan sifat tersebut kepada anaknya. Potret sifat otoriter dan egoisme Kim terlihat bagaimana ia makan.

Memasak untuk Kim Jong Il adalah tentang presisi dan kesempurnaan [Image Source]
Memasak untuk Kim Jong Il adalah tentang presisi dan kesempurnaan [Image Source]
Seorang chef asal Jepang bernama Kenji Fujimoto yang bertahun-tahun melayani Kim membongkar semua rahasia si pemimpin diktator tersebut. Kenji mengatakan jika Kim termasuk orang yang rakus soal makanan. Di dalam tempat penyimpanan makanannya, ada sekitar 10 ribuan botol whine serta berderet-deret buku resep makanan.

Tak hanya punya selera makan yang besar, Kim juga perfeksionis dan suka makanan yang mewah dan enak. Ia biasa menyuruh Kenji untuk berburu bahan makanan lezat ke seluruh dunia, lalu kemudian si chef ini diharuskan untuk memasaknya dengan takaran yang presisi dan berbagai syarat yang ribetnya tak karuan. Untungnya, Kenji berhasil kabur ketika Kim mengutusnya ke Tokyo untuk berburu ikan segar.

2. Hitler – Benci Daging Karena Terasa Seperti Mayat

Tidak ada yang salah dengan pola makan ala vegetarian, namun ketika itu dilakukan oleh salah diktator paling kejam, entah kenapa rasanya jadi agak janggal. Nah, seperti yang kamu tahu, si diktator kejam yang konon adalah vegetarian adalah Hitler.

Hitler dan gaya hidup vegetarian adalah dua hal yang sebenarnya tidak cocok [Image Source]
Hitler dan gaya hidup vegetarian adalah dua hal yang sebenarnya tidak cocok [Image Source]
Ada alasannnya kenapa Hitler jadi lembut begini soal makanan. Hal tersebut diawali pada suatu pagi di tahun 1931. Ketika itu ia disuguhi ham atau potongan daging sebagai sarapan. Namun, entah apa alasannya tiba-tiba Hitler berkata, “It is like eating a corpse!

Alasan lain kenapa pemimpin Nazi ini benci daging adalah kepercayaan jika ketika seseorang makan daging maka ia akan terkena sembelit kronis dan kembung. Entah darimana ia berkeyakinan seperti itu, namun kepercayaan tersebut berhasil membuatnya jadi vegetarian sejati. Alhasil, sehari-harinya ia mengonsumsi sayur, keju dan juga oat.

3. Mussolini – Diktator yang Doyan Minum Susu

Meksipun bengis luar biasa, ternyata Mussolini punya sisi lemah yang tidak semua orang tahu. Yup, siapa sangka ternyata si diktator ini benci operasi dan lebih memilih cara-cara konvensional untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Seperti ketika ia didiagnosa menderita semacam penyakit usus kronis yang mengharuskannya untuk operasi, Mussolini lebih memilih cara yang tidak menyakitkan. Dalam hal ini ia disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi susu dalam porsi besar.

Mussolini, bengis tapi doyan minum susu [Image Source]
Mussolini, bengis tapi doyan minum susu [Image Source]
Dikatakan dalam sejarah jika si tokoh Italia ini minum setidaknya 3 liter susu tiap harinya. Setelah pindah ke Jerman gara-gara musuh menginvasi Italia, diketahui jika cara ini ternyata tidak sepenuhnya berhasil. Hal tersebut terlihat dari kondisi badannya yang miris. Mulai dari kulitnya yang tidak elastis lagi, anemia, insomnia dan tekanan darahnya sangat rendah. Kemudian dokter barunya di Jerman menyarankan si diktator untuk makan sedikit protein dan hasilnya ternyata sangat baik.

Siapa yang menyangka jika diktator sekejam Mussolini lebih memilih susu yang ternyata tidak memberikan dampak bagus bagi penyakitnya, daripada memilih operasi yang menyakitkan. Sama seperti anak kecil yang lebih memilih minum obat daripada disuntik.

4. Zuckerberg – Hanya Makan Daging Hewan yang Dibunuhnya Sendiri

Berbeda dengan Kim Jong Il yang apa-apa harus disiapkan terlebih soal makanan, Zuckerberg lebih memilih untuk mencari dan menyembelih sendiri hewan yang akan dimakannya. Hal tersebut disampaikan si miliuner muda tersebut di tahun 2011 lewat sebuah pernyataan, “the only meat I’m eating is from animal I’ve killed myself.”

Selain kambing dan babi, Mark juga suka menyembelih sendiri ayam yang akan dikonsumsinya [Image Source]
Selain kambing dan babi, Mark juga suka menyembelih sendiri ayam yang akan dikonsumsinya [Image Source]
Alasannya sendiri sangat unik, Mark ternyata merasa aneh ketika mengonsumsi daging dari hewan yang tidak pernah ia ketahui asalnya. Ia merasa seperti terkena tanggung jawab moral. Hingga akhirnya ia bertekad hanya makan daging dari hewan yang dibunuhnya sendiri.

Mark biasa menyembelih sendiri babi atau kambing ketika ia menginginkan hidangan dari bahan tersebut. Alhasil, si penemu Facebook ini begitu lihai soal menyembelih hewan. Uniknya, ia mengaku sangat emosional ketika melakukan hal tersebut, namun perasaan tersebut berangsur hilang ketika ia sudah melahap si hewan yang disembelihnya tadi.

5. Beethoven – Dikenal Cerewet Soal Sup

Ludwig van Beethoven, penyuka musik klasik tentunya sudah tahu siapa sosok ini. Ia dianggap maestro musik berkat kecerdasannya merangkai not-not menjadi irama yang indah, bahkan sulit sekali untuk dipelajari semalaman. Terkenal perfeksionis soal musik, siapa yang menyangka jika Beethoven juga melakukan hal yang sama soal makanan. Anehnya, hal tersebut hanya berlaku untuk sup saja.

Beethoven sangat cerewet kalau soal sup, sama seperti musik [Image Source]
Beethoven sangat cerewet kalau soal sup, sama seperti musik [Image Source]
Salah satu makanan favoritnya adalah sup roti yang di dalamnya ada 10 telur kocok. Nah, hal unik dari kebiasaan Beethoven yang berhubungan dengan makanan ini adalah selalu menyuruh chef yang berhati lembut untuk  menyiapkannya. Ia beranggapan jika si pembuatnya punya sifat-sifat tercela, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap masakannya.

Kalau soal telur, Beethoven langsung menginspeksinya sendiri. Ia menerawang telur tersebut di tempat terang lalu memecahkannya. Jika tidak benar-benar segar, maka telur tersebut akan langsung dilemparkannya ke arah si koki sebagai hukuman.

Setiap orang punya kebiasaan uniknya sendiri. Termasuk deretan tokoh pengubah dunia di atas. Walaupun bikin terkejut juga lantaran kebiasaannya yang aneh dan tidak umum itu. Beberapa bisa kita aplikasikan lho dalam kehidupan misalnya kebiasaan Mark yang menyembelih hewan yang akan dikonsumsinya sendiri atau bahkan Hitler yang lebih menyukai buah dan sayur daripada daging. Tidak usah khawatir, karena jadi vegetarian tak lantas membuat kita serta merta ingin membangkitkan Nazi yang baru kok.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA