5 Kebiasaan yang Ditunggu-tunggu Saat Lebaran Tiba

oleh Rahma Muliani
07:46 AM on Jul 16, 2015

Hari yang paling ditunggu setelah sebulan lamanya berpuasa adalah Hari Raya Idul Fitri. Tidak ada yang tidak bergembira menyambut datangnya hari penuh kemenangan ini. Semua umat muslim memang begitu menunggu-nunggu datangnya hari raya ini.

Begitu banyak moment yang hadir saat hari kemenangan ini. Dan biasanya, moment ini memang hanya terjadi setahun sekali dan tentunya sangatlah berkesan. Apa saja yaa moment yang ditunggu-tunggu itu?

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Maaf-Maafan

Salah satu yang paling ditunggu bermaaf-maafan. Para umat muslim akan saling meminta maaf dan saling memaafkan satu sama lain dengan saling berjabat tangan. Tidak ada lagi dendam dan tidak ada lagi rasa marah.

Saling Memaafkan Satu Sama Lain - (c)sharingdisini
Saling Memaafkan Satu Sama Lain [ImageSource]
Biasanya moment ini akan dimulai setelah berakhirnya Shalat Ied. Saat dalam perjalanan pulang dari tempat shalat kita akan berjabat tangan dengan siapapun yang kita temui. Sampai ke rumah kita pun akan berkeliling ke rumah tetangga kita.

2. Pembagian Angpau

Berkeliling ke rumah tetangga kita itu juga moment yang jarang sekali terjadi pada hari biasa. Di Hari Raya Idul Fitri ini, kita akan saling mengunjungi rumah satu sama lain untuk bermaaf-maafan dan mencicipi sajian yang dihidangkan.

Anak-Anak Panen Angpao Lebaran
Anak-Anak Panen Angpao Lebaran [ImageSource]
Ini moment yang paling ditunggu anak kecil. Setelah menikmati sajian yang dihadangkan, kita akan berpamitan untuk berkunjung ke rumah lainnya. Dan biasanya saat pulang kita akan diberi oleh-oleh berupa angpau oleh pemilik rumah.

3. Berkumpul Sama Keluarga Besar

Pembagian angpau tidak hanya terjadi saat berkeliling ke rumah-rumah tetangga kita. Saat dirumahpun kita juga bisa mendapatkan moment tersebut. Bermaafan dengan seluruh anggota keluarga. Ini menjadi moment yang paling mengharukan nih, karena biasanya akan ada tangis haru di dalamnya.

Meminta Maaf Kepada Yang Lebih Tua
Meminta Maaf Kepada Yang Lebih Tua [ImageSource]
Hal ini biasa terjadi pada sebuah keluarga besar. Seluruh anggota keluarga akan saling meminta maaf, di mulai dari yang umurnya paling kecil meminta maaf duluan. Setelah itu, akan ada pembagian angpau dari yang tua kepada yang lebih muda.

4. Menyantap Hidangan Lebaran

Berkumpul bersama keluarga besar, tidak lengkap rasanya jika tidak ada makanan. Setelah moment pembagian angpau, biasanya akan ada acara makan bersama nih. Hidangan khas lebaran itu akan disajikan pada sebuah meja besar, untuk keluarga yang besar.

Santapan Yang Paling Ditunggu Saat Lebaran
Santapan Yang Paling Ditunggu Saat Lebaran [ImageSource]
Sajian khas lebaran itu juga sangat nikmat. Ya, apalagi kalau bukan ketupat lebaran yang sangat nikmat rasanya. Akan ada sayur ketupat, opor ayam, semur daging dan sambel goreng hati sebagai pelengkap ketupat lebaran kita ini.

5. Makan Kue – Kue Lebaran

Setelah perut kenyang, kita akan beramah-tamah di ruang keluarga. Kesibukan di hari-hari biasa, membuat kita sangat sulit untuk bertemu dengan keluarga besar. Di Hari Idul Fitri inilah waktu yang tepat untuk membayar semuanya.

Kue-Kue Kering Pelengkap Hari Raya Idul Fitri
Kue-Kue Kering Pelengkap Hari Raya Idul Fitri [ImageSource]
Biasanya, akan ada sajian kue-kue kering di meja tamu. Kue-kue lebaran yang paling terkenal adalah Nastar, Putri Salju, Kaastengel dan Kacang Mede Goreng. Camilan inilah yang akan menemani kita saat berbincang-bincang dengan seluruh anggota keluarga.

Itulah tadi beberapa moment yang paling ditunggu saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Sangat menyenangkan dan mengesankan yaah. Kamu sendiri, moment yang mana nih yang paling kamu tunggu saat hari raya ini? 🙂

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA