4 Keberkahan Ramadan Bagi yang Tidak Bisa Menjalankan Puasa

oleh Sofia Fitriani
03:45 AM on Jul 12, 2015

Bagi seorang wanita, haid atau datang bulan memang sudah menjadi siklus alami yang tidak bisa ditolak untuk datang setiap bulannya. Termasuk ketika bulan Ramadan datang. Sehingga, kaum wanita memang harus mengikhlaskan untuk tidak berpuasa dan menjalankan ibadah wajib lain seperti sholat, baik sholat wajib maupun tarawih. Karena pada kondisi tidak suci itu, seorang wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa apapun. Baik puasa wajib maupun sunnah, termasuk puasa di bulan Ramadan ini.

Begitupun bagi seorang wanita yang sedang mengandung atau menyusui. Di mana ketika dia menjalankan puasa justru bisa membahayakan kesehatan diri maupun bayinya. Sehingga lebih baik dia tidak berpuasa. Untuk wanita yang mengalami haid, memang wajib mengqodho’ atau mengganti puasanya di lain hari setelah bulan Ramadan.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Namun bagi Ibu hamil atau menyusui, ada dua pendapat dari ulama bahwa bisa dia hanya membayar fidyah saja, tanpa mengqodho’ atau mengganti puasanya. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa tetap mengqodho’ puasanya di lain waktu dan juga membayar fidyah. Perbedaan pendapat ini semua didasarkan pada dali-dalil kuat baik dari hadits Rasulullaah SAW maupun ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga tinggal kita meyakini yang mana.

Nah, terlepas dari hal tersebut, kita di sini akan membahas tentang bagaimana jika seorang wanita atau orang lanjut usia atau yang sedang sakit keras tak dapat menjalankan ibadah puasa atau sholat di bulan Ramadan, namun ingin tetap mendapat pahala dan keberkahan di bulan suci ini. Ternyata ada beberapa hal yang mungkin kita pandang sepele, namun ternyata bisa membantu mereka yang sedang tak bisa ikut berpuasa tetap mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan suci ini. Apa saja itu?

1. Memberi Makan Buka Orang yang Berpuasa

Bersedekah adalah amalan yang mulia dan bisa saja dilakukan siapapun dan dalam keadaan apapun. Bahkan Rasulullaah SAW saat mengalami kesusahan dan hanya memiliki satu butir kurma untuk berbuka, ikhlas menyedekahkannya kepada kakek tua yang kelaparan. Jadi tak usah menunggu menjadi orang kaya atau dalam keadaan apapun untuk bersedekah di jalan Allah.

Memberi Makan Buka Orang yang Berpuasa
Memberi Makan Buka Orang yang Berpuasa [ImageSource]
Bagi mereka yang sedang tidak bisa menjalankan puasa dan sholat di bulan Ramadan karena berbagai kendala yang diizinkan, maka memberi makan buka orang berpuasa bisa menjadi sarana pendekatan diri kepada Allah yang bagus. Dengan menyedekahkan harta untuk makan berbuka bagi mereka yang berpuasa, yang sedang tak bisa berpuasa akan mendapatkan pahala sama dengan mereka yang berpuasa. Luar biasa bukan? Allah memang Maha Pemurah.

Dalam hadits berikut, Rasulullaah SAW bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih).

2. Mendatangi Majelis Ilmu

Bagi wanita yang haid atau wanita hamil (jika mampu) dan menyusui, bisa mendatangi majelis ilmu atau ta’lim yang jelas banyak ada di saat bulan Ramadan. Dan bagi mereka yang sedang sakit atau telah lanjut usia sehingga tak mampu pergi jauh dari rumah, bisa mendengarkan kajian ilmu agama dari televisi atau radio.

Mendatangi Majelis Ilmu
Mendatangi Majelis Ilmu [ImageSource]
Yang pasti, dengan memperbanyak asupan serta pemahaman ilmu agama di bulan Ramadan, maka semangat Ramadan kita akan sama dengan mereka yang berpuasa. Dan Allah telah menjanjikan pahala serta keberkahan bagi mereka yang mendatangi majelis-majelis ilmu. Tentunya ilmu agama. Selain bisa menambah kedekatan kita dengan Allah, menambah pemahaman serta wawasan agama kita, juga bisa menyambung silaturahim dengan sesama muslim.

3. Memperbanyak Dzikir Harian

Dzikir atau mengingat Allah adalah amalan yang muslim siapapun bisa melakukannya dan dalam keadaan apapun. Bahkan saat seseorang itu dalam keadaan terbaring tak berdaya sekalipun, dan hanya bisa mengucapkannya di dalam hati.

Memperbanyak Dzikir Harian
Memperbanyak Dzikir Harian [ImageSource]
Memperbanyak dzikir harian kepada Allah bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah. Apalagi bagi mereka yang tak bisa ikut berpuasa di bulan Ramadan. Dengan memperbanyak dzikir pula, hati akan terasa lapang. Dan Allah juga telah menyiapkan pahala serta keberkahan yang besar bagi mereka yang terus mengingatNya dalam keadaan apapun.

4. Mentadaburi Al-Qur’an

Bagi mereka yang sedang tidak dapat berpuasa karena sedang sakit, haid, hamil, atau menyusui, maka tetap bisa dekat dengan Al-Qur’an dan Allah. Di bulan suci Ramadan ini, adalah bulan di mana Al-Qur’an pertama diturunkan kepada Rasulullaah SAW. Sehingga bisa dikatakan juga bahwa bulan Ramadan adalah bulan Al-Qur’an.

Mentadaburi Al-Qur’an
Mentadaburi Al-Qur’an [ImageSource]
Bagi yang sedang tidak dalam keadaan suci, seperti wanita haid atau datang bulan, jika tak membacanya, maka bisa tetap mentadaburi Al-Qur’an. Dengan membaca arti atau terjemahannya, dan tafsirnya. Tentunya dengan tanpa memegang mushaf Al-Qur’annya, sehingga bisa menggantinya dengan Al-Qur’an terjemahan atau buku tafsir Al-Qur’an khusus.

Nah, bagi mereka yang masih bisa membaca Al-Qur’an, seperti yang sedang sakit atau ibu hamil dan menyusui, memperbanyak membaca dan mentadaburi Al-Qur’an bisa menjadi amalan yang luar biasa. Karena tentunya pahala yang sama juga akan Allah berikan bagi mereka, seperti yang Allah beri untuk mereka yang berpuasa.

Nah, itulah keempat amalan yang masih bisa dilakukan mereka yang sedang tidak bisa berpuasa Ramadan. Dimana amalan-amalan tersebut ternyanya menyimpan begitu banyak keberkahan dan pahala. Dan tentunya hampir sama besar dengan pahala dan keberkahan bagi mereka yang menjalankan puasa Ramadan.

Tentunya, Allah akan memberikan pahala dan keberkahan kepada hambaNya jika sang hamba menjalankannya dengan ikhlas. Karena kunci semua amalan di dunia ini ada pada niat. Jika tak ikhlas maka Allah tak akan pula memberikan balasan kebaikan padanya. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA