Menguak Fakta Tentang Peredaran Flakka di Indonesia yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Bahkan di Amerika, benda berbahaya ini dijual dalam bentuk permen

oleh Arief Dian
15:00 PM on Jul 22, 2017

Sejak kemunculan mengenai sebuah narkoba jenis baru bernama Flakka, sepertinya dunia menjadi heboh dibuatnya. Bagaimana tidak, obat terlarang ini tidak hanya mempengaruhi fisik, namun juga psikis penggunanya. Bahkan reaksi paling gilanya, kebanyakan para pencandu Flakka akan berubah seperti zombie dengan menyakiti diri sendiri dan orang lain. Ngeri memang, oleh sebab itu narkotika ini jadi yang paling dilarang di dunia.

Namun sepertinya Indonesia sudah kecolongan. Sejak tertangkapnya beberapa pengedar narkoba oleh BNN beberapa waktu yang lalu, obat-obatan jenis flakka ini ternyata juga ditemukan dari para penyelundup. Entah bagaimana para penyelundup melakukannya, namun ini menjadi indikasi peredaran narkotika berbahaya itu di Indonesia. Jadi bagaimana hal itu bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Sempat Netizen Geram
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan

Dari mana asal Flakka itu?

efek Flakka [image source]
Secara harfiah makna arti flakka sendiri berasal dari bahasa slang Spanyol yang berarti perempuan cantik. Penamaan tersebut diambil berdasarkan efek yang dirasakan oleh penggunanya. Meskipun memiliki nama yang menawan, namun ternyata flakka bisa lebih berbahaya dari kokain. Berasal dari bahan dasar  tanaman bernama Khat, narkotika ini memiliki efek sangat panjang jika sampai ke otak manusia. Khat sendiri adalah tanaman asal timur tengah dan Afrika timur yang juga jadi bahan dasar narkoba Bath Salt. Bisa dibilang kalau Flakka ini merupakan penyempurnaan dari Balt Salt itu sendiri. Kasus pertama kalinya ditemukan di Florida, hingga kini seluruh bagian dunia ditemukan kejadian serupa.

Persebaran Flakka yang mengkhawatirkan

Tiongkok [image source]
Narkoba yang juga dikenal dengan nama Alpha PVP atau “$5 insanity” ini ternyata sudah beredar di berbagai negara. Sejak ditemukan pertama kali, sudah lebih dari lima negara bagian Amerika yang menjadi korban Flakka. Bukan hanya di Amerika di negara seperti Irlandia maupun Tiongkok, bisnis narkotika ini sepertinya jadi lahan yang subur. Bahkan di Tiongkok ada pabriknya sendiri yang mengekspor Flakka ini ke seluruh penjuru dunia. Saking mudahnya mendapatkan Flakka di negara itu, bahkan seseorang bisa memesan secara online. Diperkirakan dari Tiongkok pula Flaka dari Indonesia juga berasal, mengingat dari negara itu, 65 narkotika jenis baru kemarin berhasil diciduk oleh BNN. Mengenai data pasti, masih diselidiki lebih lanjut.

BNN temukan Flakka yang diselundukapkan ke Indonesia

BNN [image source]
Sejak beredarnya video mengenai betapa berbahayanya narkotika jenis Flakka ini, sepertinya malah tidak membuat takut para pecandu obat-obatan terlarang. Seperti yang dikemukakan BNN saat di Yogyakarta kemarin, dalam sebuah paket selundupan narkoba yang telah dicek di laboratorium, ada beberapa dari barang tersebut yang terbukti merupakan Flakka. Hal ini jelas merupakan indikasi peredaran narkotika paling ekstrem ini di Indonesia. Namun kepala BNN tidak menyebutkan di mana dan dari siapa benda itu ditemukan. Kini pihak kepolisian akan menindaklanjuti temuan tersebut dan selanjutnya akan mempersiapkan langkah hukum bagi pengguna dan pengedarnya.

Flakka juga bertanggung jawab atas meningkatnya HIV di Irlandia

ireland [image source]
Dikenal dengan nama Snow balls, Flakka menjadi pemicu meningkatnya pengidap HIV yang ada di Irlandia. Meskipun harganya murah dan memberikan efek lebih “luar biasa” ketimbang obat terlarang lain, pihak kesehatan Irlandia menemukan fakta kalau narkotika ini bisa menyebabkan penggunanya terkena HIV AIDS. Dari beberapa sampel pengguna Flakka di kota Dublin, pihak Irlandia menunjukkan data kalau semakin sering flakka disuntik ke tubuh, makin besar pula potensi HIV bisa menyerang. Hal itu wajar mengingat kandungan Flakka yang sangat berbahaya ketimbang narkoba lain.

Masyarakat Indonesia harus awas dengan narkoba yang satu ini

Flakka permen [image source]
Tidak melulu berbentuk seperti butiran kristal, masyarakat Indonesia juga mesti awas dengan kemasan baru narkoba ini. Dibuat menyerupai sebuah permen, Amerika sempat digegerkan dengan peredarannya yang luar biasa. Mirisnya flakka permen ini dijual pada anak-anak dalam bentuk kemasan di daerah Miami. Akibatnya, polisi di sana harus kuwalahan untuk menangkap para pengedarnya karena dikemas dengan sedemikian rupa.

Ditemukannya flakka di Indonesia ini menjadi sebuah peringatan. Dengan dampak yang seberbahaya itu, jangan sampai narkoba jenis ini bisa subur di Indonesia. Hanya demi keserakahan para pengedarnya, generasi muda jadi taruhannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA