Menguak Kebenaran Mitos Rambut Akan Tumbuh Lebih Bagus Jika Digunduli, Benar Nggak Sih?

Rambut rusak kalau dicukur bakal tumbuh subur lagi?

oleh Aini Boom
13:00 PM on Jul 31, 2017

Kamu pasti sering dengar orang-orang mengatakan kalau rambut akan lebih sehat setelah dibotakin. Katanya, rambut ikal, berketombe, ataupun mudah rontok, setelah diplontos akan tumbuh rambut baru yang lurus dan sehat. Karena meyakini hal ini, banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa tak segan-segan menghabisi rambutnya kala mulai nampak tanda-tanda menyimpang.

Di masyarakat Indonesia, memangkas habis rambut tergolong sering dilakukan, terutama pada bayi yang masih kecil. Saat rambut bayi tipis, kebanyakan orang tua akan langsung memotong habis si rambut. Lantas, benarkah jika kita memangkas habis rambut maka rambut baru yang tumbuh akan lurus dan sehat? Yuk, kita simak faktanya berikut ini.

Baca Juga
Inilah yang Terjadi Jika Indonesia Menerapkan Hukuman Miskin Seumur Hidup Pada Pejabat Korup
4 Fakta Mengenai Masa Muda Kim Jong Un yang Ternyata Sangat Jauh Dari Kata “Diktator”

Ini Lho yang Mempengaruhi Bentuk Rambut

ilustrasi bentuk rambut [image: source]
Bentuk rambut keriting, ikal, maupun lurus secara anatomis dipengaruhi oleh penampang rambut yang membentuknya. Umumnya, rambut lurus dihasilkan oleh penampang berbentuk bulat, dan semakin oval penampang rambut seseorang, maka rambut yang tumbuh akan semakin keriting. Bentuk penampang rambut seseorang pun secara genetis dipengaruhi oleh gen yang dimiliki orang tua.

Kondisi Rambut Hampir Selalu Berubah Tiap 5-7 Tahun

Ilustrasi rambut yang berubah [image: source]
Banyak orang yang mempermasalahkan kenapa rambutnya di masa kecil yang lurus berubah mengombak saat beranjak remaja. Namun menurut dr. Eunike Kiki, sepanjang hidup rambut manusia memang mengalami perubahan setiap 5-7 tahun, dan itu sangat wajar. Beberapa hal yang mempengaruhi di antaranya obat-obatan yang dikonsumsi, stress berkepanjangan, pubertas, malnutrisi, usia, rokok, sampo, bahkan kemoterapi.

Ternyata, Mencukur Habis Tak Akan Mempengaruhi Jenis Rambut Baru yang Tumbuh

Illustrasi mencukur rambut [image: source]
Meski banyak yang meyakini bahwa mencukur habis rambut bisa menumbuhkan rambut baru yang bagus dan sehat, ternyata hal tersebut hanya sebuah isapan jempol belaka. Sebab menghabisi rambut kepala ternyata tak memiliki peran sama sekali untuk mengubah jenis folikel rambut yang menentukan rambut jadi lurus dan lembut. Menurut pakar rambut Lucinda Ellery, sel tubuhlah yang amat berpengaruh pada kualitas rambut. Selain itu, memangkas habis rambut juga sama sekali tidak memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Sebab kenyataannya, rambut yang tumbuh paska digunduli persis sama seperti kualitas sebelumnya. Jadi kesimpulannya, mencukur habis rambut yang katanya membuat rambut tumbuh lebih lurus dan sehat hanyalah mitos belaka.

Daripada Menggunduli Rambut, Lebih Baik Fokus Merawatnya

Ilustrasi merawat rambut [image: source]
Di atas telah dijelaskan beberapa hal yang membuat rambut jadi tidak sehat. Nah untuk mengembalikan kesehatannya, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Diantaranya menghindari stress yang berkepanjangan, sebab stress bisa menghambat masuknya nutrisi dan membuat rambut mudah rontok. Selain itu, hindari penggunaan obat tanpa anjuran dokter. Makan sajian bergizi juga akan membuat sel tubuh sehat, hal ini penting untuk perkembangan rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, datang ke dokter untuk mendapat informasi lebih detail tentang produk dan anjuran perawatan yang tepat juga sangat disarankan.

Dari uraian di atas jelas terlihat bahwa tidak ada hubungan antara mencukur habis rambut dengan tumbuhnya rambut baru yang lebih sehat. Karena itu, lebih baik kamu fokus merawat rambut dari luar dan dalam agar mendapat rambut sehat yang kamu inginkan. Perawatan dari luar bisa dengan pemakaian sampo yang bagus, sedangkan perawatan dari dalam dengan menghindari stress dan makan santapan yang bergizi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA