Kerugian Akibat Kebakaran Pasar Klewer Ditaksir Bernilai Triliunan Rupiah

oleh Alfry
08:08 AM on Dec 29, 2014

Dampak kebakaran yang melanda Pasar Klewer, Solo mengakibatkan para pedagang batik merugi mulai ratusan juta rupiah hingga mencapai milyaran rupiah. Bahkan, berdasarkan penghitungan kerugian yang dilakukan Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), jumlah kerugian mencapai Rp 10 triliun.

Salah satu pedagang ‎busana muslim di Pasar Klewer, Fatum Al Katiri mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi menyebabkan para pedagang merugi. Hal ini disebabkan sebagian besar dagangannya tidak bisa diselamatkan. Dia juga memperkirakan bahwa total kerugian para pedagang ditaksir mencapai miliaran rupiah. Sebab jumlah pedagang yang berjualan mencapai 2.000 orang.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Kebakaran Pasar Klewer
Kebakaran Pasar Klewer

“Saya baru bisa mengevakuasi dagangan milik saya sekitar pukul 08.00 WIB. Ya dampak kerugiannya ‎mencapai ratusan juta. Karena barang dagangannya semalam belum bisa diselamatkan,” tuturnya.

Fatum berharap Pemerintah Kota Solo segera membuatkan pasar darurat. Karena sebagian besar pedagang di Pasar Klewer menggantungkan hidupnya dari berjualan di pasar ini.

“Secepatnya harus segera dibuatkan pasar darurat. Pemerintah harus cepat membuatkan tempat untuk berjualan. Para pedagang itu hidupnya ya dari sini. Saya juga punyanya toko hanya satu yang terbakar itu,” harapnya.

Sementara itu, Humas HPPPK, Kusbani menyebutkan berdasarkan penghitungan kerugian dampak kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 triliun. Jumlah tersebut berdasarkan dari perhitungan rata-rata dari setiap pemilik kios yang mengalami kerugian mulai Rp 3 milyar hingga Rp 5 milyar per pedagang.

Kemudian, Kusbani menyebutkan bahwa transaksi perdagangan yang terjadi di Pasar Klewer setiap harinya mencapai Rp 17 milyar. Jumlah transaksi tersebut akan melonjak pada momen-momen liburan panjang.

“Jumlah kios di Pasar Klewer itu mencapai 2.300 kios, dari jumlah tersebut yang ludes terbakar api mencapai 1.532 kios.‎ Jadi, total kerugian mencapai Rp 10 triliun. Kalau hari biasa itu Rp17 miliar per hari, tetapi jika liburan transaksinya mencapai Rp21 miliar per hari,” ucapnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA