Wajib Dipuji, Inilah Bukti Kebaikan Warga Indonesia Saat Tolong Bule yang Kehabisan Ongkos

Baiknya saudara-saudara kita ini…

oleh Harsadakara
18:00 PM on Sep 11, 2017

Sikap sosial warga Indonesia memang patut diacungi jempol. Hal tersebut terbukti dari keramahan yang dinyatakan para pendatang kepada penduduk aslinya. Dari Sabang sampai Merauke, tidak terkecuali. Apalagi setelah banyak krisis kemanusiaan yang kerap terjadi di dunia akhir-akhir ini. Negara binaan presiden Jokowi ini tidak pernah absen dalam membantu sesamanya. Tidak heran jika Indonesia masuk dalam daftar negara paling dermawan 2017 nomor dua.

Bantuan yang diberikan oleh orang-orang kita tidak hanya disalurkan dalam isu-isu besar. Isu kecil pun tetap mendapat perhatian dari sebagian besar penduduk Indonesia. Contohnya saja para wisatawan yang datang ke tanah air dan kehabisan ongkos. Kerap sekali hal tersebut terjadi, namun warga Indonesia yang meski hidupnya pun pas-pasan siap membantu mereka yang membutuhkan. Langsung aja simak hal-hal yang membuktikan kebaikan orang Indonesia berikut ini.

Baca Juga
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”

Polisi Antarkan Dua Bule Republik Ceko Pulang ke Negaranya

Baru-baru ini kisah dua wisatawan asal Republik Ceko, Nedomelel Petr dan Bratska Jara yang bertandang ke Indonesia untuk backpacking sedang viral di sosial media. Pasalnya, sudah beberapa hari mereka melakukan visitasi dari Bali hingga Jawa Timur. Ketika sudah waktunya pulang, dengan berbekal ongkos pas-pasan, mereka melakukan perjalanan ke Jakarta. Namun, nasib sial rupanya membuntuti mereka. Nodemelel jatuh sakit dan harus berhenti di Pekalongan untuk bermalam.

Polisi Bantu Turis Rep Ceko [image source]
Ketika dua bule tersebut mengaku uangnya tak cukup untuk membayar penginapa karena harus berangkat ke Jakarta, pihak penginapan lalu menelepon kepolisian agar mereka bisa diurus. Sempat terkendala bahasa, namun proses introgasi berjalan lancar. Polisi Pekalongan pun patungan untuk biayai Nedomelel dan Bratska pergi ke Kantor Kedubes Republik Ceko di Jakarta. Pihak penginapan juga menggratiskan biaya inap mereka.

Bantuan Warga Indonesia Dibuat Viral di Facebook

Nasib nahas yang diterima oleh turis Norwegia hingga kehilangan paspor, uang, kartu-kartu, serta laptopnya menuai simpati dari beberapa warga Indonesia. Lagi-lagi seorang polisi yang mau membantu hingga mempersilakan bule Norwegia bernama Karin Baadsvik ini tidur di rumahnya untuk sementara. Keesokan harinya, beberapa komunitas juga membantunya untuk mengumpulkan uang dengan manggung di sebuah cafe. Terkumpul Rp. 690.000 yang bisa ia pergunakan untuk bertandang ke Jakarta dan mengurus paspor baru.

Solidaritas WNI Bantu WN Norwegia [image source]
Sesaat setelah semua kembali seperti semula, rupanya Karin memberitakan kabar baik ini kepada ayahnya. Sang ayah pun berinisiatif untuk menulis kisah putrinya, yang mendapatkan kebaikan hati warga Indonesia, di facebook hingga viral dan dimuat di media internasional. Sepertinya pertolongan ini sangat membekas di hati Karin dan keluarganya.

Bule Cantik Cari Tumpangan di Pinggir Jalan Yogyakarta

Solidaritas warga Jogja terutama kaum adam jika melihat bule cantik memang tak ada duanya! Tak lama setelah salah satu anggota komunitas facebook, bernama Info Cegatan Jogja, mengunggah foto si bule yang butuh tumpangan dari Candi Borobudur ke Banjarnegara, postingannya langsung banjir komentar. Ia menulis bahwa tidak bisa membopong wisatawan tersebut karena hanya memiliki motor honda c70 yang menurutnya sudah butut.

Nebeng [image source]
Banyak yang menyarankan untuk segera membantu wisatawan yang sedang kesusahan tersebut. Ada pula yang menulis “monggo dibantu, lur, buktikan kalau masyarakat kita ramah dan peduli.” Tak perlu waktu lama, kabar terbaru pun muncul dan menyatakan bahwa si bule telah mendapat tumpangan dari salah satu anggota komunitas facebook tersebut.

Lagi-Lagi, Polisi Beri Makan Turis Rusia yang Kehabisan Bekal

Kali ini datangnya dari Polres Tegal. Dua turis asal Rusia bernama Olga dan Alekey ditemukan di jalur Pantura Tegal-Pemalang. Ketika dibawa ke Mapolres, mereka mengaku kehabisan bekal serta uang saku. Perjalanannya dari Yogyakarta ke Jakarta terhambat karena hal tersebut, sehingga ketika ditemukan, mereka tengah mencegat kendaraan yang lewat untuk menumpang.

Polisi Bantu Turis Rusia [image source]
Beberapa anggota kepolisian Tegal lalu berinisiatif untuk patungan membelikan mereka berdua tiket kereta api agar cepat sampai Jakarta. Mereka mengaku bahwa esok harinya mereka sudah harus bertandang ke kampung halamannya. Para polisi tersebut juga tampak memberikan makanan untuk mengisi stamina keduanya selama perjalanan.

Agaknya, menjadi bule yang berkunjung ke Indonesia banyak untungnya ya. Meskipun kehabisan ongkos mereka tetap bisa pulang ke kampung halaman dengan selamat berkat uluran tangan dan keramahan warga Indonesia. Semoga dengan amalan yang seperti ini, ketika berkunjung ke negeri orang nanti kita akan diperlakukan dengan sama baiknya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA