Kebaikan-Kebaikan Habib Rizieq yang Mungkin Belum Kamu Tahu

oleh Agung Yuli
15:21 PM on Jan 19, 2017

Nama Muhammad Rizieq Shihab atau lebih dikenal dengan Habib Rizieq tentu sudah tidak asing lagi. Ya, sosok satu ini tengah ramai jadi pembicaraan masyarakat sekarang lantaran tersandung sebuah kasus yang juga mencatut nama para petinggi. Namanya sendiri menjadi sangat tenar tatkala sang Habib memprakarsai beberapa gerakan massa semisal Aksi Damai 4 November dan 212. Sosok Habib Rizieq sendiri sering dianggap kontroversial lantaran sikap-sikapnya yang sangat reaktif.

Meskipun dikenal sebagai sosok yang citranya agak kurang baik, namun Habib bukan berarti tidak memiliki track record yang membanggakan. Mungkin jarang yang tahu kalau sang pendiri FPI ini beberapa kali melakukan aksi-aksi luar biasa yang bahkan tak banyak dilakukan oleh tokoh-tokoh lain. Aksi-aksi ini meliputi membantu korban-korban bencana alam sampai soal konflik di Palestina.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Masih soal kebaikan-kebaikan sang habib, berikut beberapa jasa Rizieq Shihab yang mungkin jarang ada yang tahu.

Membantu Korban Tsunami dan Banjir Bandang

Bersama FPI, Habib Rizieq banyak memberikan bantuan-bantuan yang terkait dengan bencana alam. Misalnya ketika terjadi Tsunami Aceh 2004 silam, dengan sukarela ia membantu mencari korban jiwa bersama dengan tim SAR, Aparat Kepolisian, dan TNI. Anggota FPI berhasil menemukan ratusan lebih mayat korban tsunami kala itu.

Selain Tsunami Aceh tersebut, tentu ada banyak bantuan lain yang diberikan FPI dan Habib Rizieq. Yang paling baru adalah aksi solidaritas membantu para korban banjir bandang di Garut dan Sumedang yang diprakarsai sang Habib. Tak hanya membantu membersihkan, FPI dan Habib Rizieq juga melayangkan kebutuhan darurat. Sayangnya, untuk aksi ini tak banyak diliput oleh media.

Mengadakan Investigasi terkait Kasus Teror Ninja

Kamu yang tinggal di Jawa Timur mungkin masih ingat isu-isu soal ninja. Menurut cerita yang beredar, para ninja ini diketahui membunuhi orang-orang penting dalam sebuah lingkungan. Dan termasuk di dalamnya adalah ulama dan Kyai. Jasa FPI di masa genting ini adalah membentuk badan investigasi untuk menelisik apa sebenarnya ninja ini dan menghimbau semua orang untuk lebih waspada.

Bantu investigasi tragedi ninja [Image Source]
Habib Rizieq ketika itu berperan sangat aktif. Bahkan ia membuat semacam badan pencari fakta agar fenomena mencekam ini cepat terungkap. Ketika tragedi ini berlangsung, tak banyak ormas atau organisasi yang bergerak. Tapi, FPI dan Habib Rizieq langsung gerak cepat dengan memprakarsai aksi-aksi investigasi.

Membentuk Barisan Jihad untuk Palestina

Aksi lain FPI dan Habib Rizieq yang bisa dibilang nekat tapi sangat patut diapresiasi adalah ketika mereka memutuskan untuk turun langsung membantu Palestina. Di masa itu, Palestina memang dibuat sengsara oleh si negara Zionis dengan segala kekejamannya. Ada banyak hal yang dilakukan Habib kala itu untuk membantu saudara-saudara Muslim di tanah Yerusalem.

Beberapa di antaranya adalah membuka posko mujahid yang ingin berjihad, memberikan bantuan-bantuan secara nyata, sampai mempersiapkan kader-kader untuk dilatih secara militer agar bisa membantu orang-orang sana. Aksi ini membuat FPI dan Habib Rizieq makin disegani karena berani melakukan hal-hal yang bagi banyak orang hanya menjadi angan-angan saja.

Membantu Korban Mentawai

Gempa Mentawai yang terjadi di tahun 2010 benar-benar menyisakan duka yang cukup mendalam. Hampir 300an orang meninggal kala itu dan ratusan lainnya mengalami luka-luka. Pada saat itu banyak yang membantu Mentawai, tak terkecuali Habib Rizieq dan FPI. Secara tegas, sosok satu ini akan turun langsung dalam membantu bencana di Mentawai ini.

Habib Rizieq bantu mentawai [Image Source]
Bencana ini sendiri pada akhirnya benar-benar tertanggulangi setelah sebelumnya begitu parah. Hal ini dimungkinkan lantaran begitu banyak bantuan yang datang, termasuk salah satunya FPI dan Habib Rizieq. Mungkin memang tidak terdokumentasi, namun dalam hati, orang-orang Mentawai pasti mengucapkan terima kasih kepada ormas Islam satu ini.

Inilah Habib Rizieq, sosok kontroversial yang ternyata penuh dengan kebaikan. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta lain soal kebaikan sang habib, hanya saja tidak terdokumentasikan dengan baik. Sang Habib sendiri tentu tidak memedulikan hal tersebut. Meskipun media tak meliput, yang penting bisa berbuat banyak dan memberikan perubahan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA