7 Keajaiban Musik yang Tak Kamu Tahu Sebelumnya!

oleh Adi Nugroho
07:01 AM on Aug 22, 2015

Salah satu keajaiban dari musik yang sering kita tahu adalah kemampuannya mengubah mood manusia. Mendengarkan musik bisa membuat kita mendadak semangat atau mendadak jadi sedih sekali. Selain itu, musik juga sudah terbukti mampu mengurangi stress yang kerap mendera kita di tengah aktivitas yang membosankan.

Ternyata kemampuan dari musik tak berhenti di sana saja. Musik memiliki beberapa kemampuan yang akan membuat anda tak percaya! Tujuh keajaiban dari musik ini akan membuat hidup anda jadi lebih baik. Yuk, kita simak sama-sama!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anda mungkin tak mengira sebelumnya jika musik mampu membuat sistem imunitas tubuh meningkat. Yang kita tahu, imunitas tubuh bisa meningkat setelah mengkonsumsi makanan atau suplemen seperti vitamin C. Lalu bagaimana ceritanya musik bisa membuat kekebalan tubuh ini jadi meningkat? Padahal tidak kita masukkan musik ke dalam mulut seperti makanan dan suplemen.

Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh [image source]
Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh [image source]
Well, ternyata setelah diteliti oleh ilmuan di McGill University, musik mampu meningkatkan zat bernama immunoglobulin A. Zat ini berperan penting dalam mencegah kuman jahat masuk dan menginvasi tubuh kita. Saat musik mulai di dengar oleh telinga, secara perlahan-lahan tubuh yang rileks akan meningkatkan jumlah produksi immunoglobulin A. So, jika anda merasa akan sakit, dengarkan musik banyak-banyak!

2. Mengurangi Rasa Sakit Pada Tubuh

Peneliti dari Universitas Utah Amerika menemukan fakta jika musik ternyata memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit. Orang yang mengalami rasa sakit tak tertahankan pasca operasi bisa merasa lebih nyaman setelah mendengarkan musik. Bahkan setelah diberi alat pengukur, rasa sakit ini hilang hingga nyaris 20%.

mengurangi rasa sakit [image source]
mengurangi rasa sakit [image source]
Ternyata sel-sel di otak merespon rasa sakit dan musik dengan cara yang sama. Jadi ketika kita merasa sakit dan mendengarkan musik, otak perlahan-lahan mengganti rasa sakit itu dengan sesuatu yang menyenangkan. Bahkan, untuk orang yang mengalami gangguan kepanikan berlebih, efek ini bisa meningkat hingga dua kali lipat. Hebat!

3. Membuat Pikiran Kita Selalu Tajam

Musik yang hanya berupa melodi atau yang ditambah dengan syair ternyata meningkatkan ketajaman pikiran kita. Maksudnya, kita dapat merespons sesuatu dengan lebih cepat. Enggak lemot atau berpikir terlalu keras. Beberapa ilmuwan menemukan fakta jika musik mampu membuat kerja otak kita jadi lebih baik. Atau dengan kata lain, jika setiap hari mendengarkan musik, otak akan terbiasa dilatih untuk selalu siap!

Menajamkan Pikiran [image source]
Menajamkan Pikiran [image source]
Penelitian tentang musik ini dilakukan kepada sekelompok orang berumur 55-76 tahun. Mereka diberi dua perlakuan yang berbeda. Pertama merespons sesuatu tanpa mendengarkan musik, kedua merespons sesuatu setelah mendengarkan musik. Dari sana dapat dilihat jika setelah mendengarkan musik, otak mampu merespons sesuatu dengan lebih cepat. See? Kalau enggak mau cepet pikun, olahraga otaklah setiap hari! Caranya? Mendengarkan musik!

4. Bagus Untuk Perkembangan Anak

Bagi beberapa anak, les musik selalu menjadi hal yang sangat membosankan. Sudah capai pulang sekolah masih disuruh bermain alat musik yang susah. Namun sebenarnya kelas musik untuk anak itu sangat baik bagi perkembangan kemampuan bicara mereka (andai anak tahu!). Selain itu, musik juga meningkatkan kemampuan motorik anak dan kemampuan bergaul dengan teman-temannya.

Perkembangan anak [image source]
Perkembangan anak [image source]
Kelas musik sebenarnya bisa dimulai ketika anak masih sangat kecil. Dengan begitu anak tidak akan merasa terbebani. Dan lagi, saat masih sangat kecil dan mulai kenal dengan musik, anak akan lebih sering tersenyum. Ia pun mampu berkomunikasi dengan baik kepada orang tuanya dan orang lain. Nahlo, hebat kan?

5. Membantu Penderita Stroke

Musik ternyata membantu para penderita stroke yang sedang mengalami fase penyembuhan. Orang-orang yang mendengarkan musik secara konstan memiliki kemampuan penyembuhan yang cepat. Bahkan tingkat mengingat kata dan benda yang sebelumnya nyaris hilang perlahan-lahan mulai meningkat. Penyembuhan yang cepat ini tak ditemui pada penderita yang hanya diam dan tidak mendengarkan apa-apa.

membantu penderita stroke [image source]
membantu penderita stroke [image source]
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Helsinki menemukan jika memori pasien bisa meningkat hingga 60% setelah terapi musik. Angka ini menurun drastis pada pasien yang hanya mendengarkan audio book atau tak mendengarkan apa-apa. So, jika kita memiliki orang tua yang mengalami stroke, perdengarkan musik setiap hari ya!

6. Membantu Untuk Diet dan Olahraga

Ilmuwan dari Cornell University menemukan fakta mengejutkan tentang musik. Ternyata, musik mampu mengendalikan nafsu makan manusia. Hal ini terjadi karena saat mendengarkan musik manusia jadi lebih menikmati makan. Mereka akan makan dengan lebih santai dan menghindari emotional hungry atau rasa lapar yang timbul karena sering pengin sesuatu, bukan karena perut yang memang keroncongan.

Olahraga [image source]
Olahraga [image source]
Selain itu, musik juga bisa membuat kita jadi semangat saat berolahraga. Bandingkan saat kita lari tanpa musik dan lari sambil mendengarkan musik. Saat mendengarkan musik kita jadi lebih santai dan rileks. Lelah datang lebih lama dan metabolisme tubuh berjalan dengan jauh lebih baik. Jadi saat akan berolahraga coba mainkan musik yang memberi semangat!

7. Membantu Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah

Musik banyak membantu kita untuk hal-hal berbau otak. Entah itu untuk mempertajam memori, mengendalikan stress, atau untuk perkembangan anak. Namun ternyata musik juga membantu peredaran darah kita berlangsung dengan lebih baik. Saat kita mendengarkan musik, peredaran darah yang menurun dari jantung akan mendadak terpompa dengan sempurna. Bahkan peningkatan ini bisa mencapai 26%.

peredaran darah [image source]
peredaran darah [image source]
Ilmuwan membandingan musik dengan video yang sangat lucu. Hasilnya, musik memiliki kemampuan di atas video lucu dalam meningkatkan peredaran darah dari jantung. So, jika memiliki gangguan pada jantung atau peredaran darah, tak ada salahnya mendengarkan musik sembari menggunakan obat yang diberikan dokter!

Wow! Ternyata musik memiliki kemampuan yang sangat ajaib ya? Bahkan bisa menjadi obat untuk beberapa gangguan tubuh. Jadi, sebisa mungkin dengarkan musik beberapa menit setiap hari. Mencegah selalu lebih baikkan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA