Pengen ke Masa Lalu Tanpa Mesin Waktu? Lakukan 5 Hal Sederhana ini Sekarang Juga

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jan 23, 2016

Dari dulu hingga sekarang banyak sekali orang yang terobsesi dengan masa lalu. Bahkan sampai tercetus gagasan adanya mesin waktu. Namun sampai sekarang, mesin yang dikatakan bisa membawa manusia ke masa lalu atau masa depan itu belum juga berhasil diciptakan. Ada yang bilang jika kembali ke masa lalu sama halnya melawan takdir. Namun ada yang bilang kembali ke masa lalu bisa membuat kita memperbaiki banyak masalah.

Ngomong-ngomong daripada ribut tentang bagaimana ke masa lalu dengan mesin waktu. Yuk, coba ke masa lalu dengan beberapa hal sederhana ini. Di jamin kamu akan segera merasakan sensasi masa lalu yang sesungguhnya, bahkan dari sesuatu yang tidak pernah kamu lihat atau dengar sebelumnya.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

1. Melihat Album Foto

Kamu akan dibawa ke masa lalu saat melihat album foto dari masa kecil. Melihat wajah-wajah kita di masa lalu yang penuh cerita, atau bahkan terlihat konyol adalah hal yang menyenangkan. Dengan melihat foto-foto ini memori di masa lalu akan terpanggil dan kita akan mulai mengingat banyak hal mulai dari yang menyenangkan dan menyedihkan.

Melihat Album foto [image source]
Melihat Album foto [image source]
Jika kamu ingin melihat masa lalu dengan lebih seru, coba ajak teman-teman untuk membawa foto masa kecil. Kamu bisa bertukar foto lalu bertukar cerita tentang masa lalu kalian. Dengan melakukan ini kamu akan bisa merasakan masa lalu dari orang lain tanpa perlu susah-susah menunggu adanya mesin waktu.

2. Mendengar Orang Tua Menceritakan Kisah Cinta

Anak akan selalu penasaran tentang bagaimana orangnya tuanya bertemu. Bagaimana akhirnya mereka bersatu lalu menikah dan punya anak. Kamu pasti akan bertanya kepada mereka begini: bapak sama ibu dulu pacarannya gimana? Atau bapak dulu ngelamarnya romantis enggak? Hal-hal semacam ini akan menjadi seru dan membuatmu tahu seperti apa mereka di masa lalu.

Mendengar Orang Tua Menceritakan Kisah Cinta [image source]
Mendengar Orang Tua Menceritakan Kisah Cinta [image source]
Bagi orang tua, menceritakan kisah cinta di masa lalu adalah hal yang mengasyikkan, kadang bikin mereka jadi malu-malu kucing. Kamu bisa mengambil foto mereka berdua saat sedang menikah sebagai pelengkap. Sebagai anak, mendengarkan orang tua berkisah tentang masa lalunya sama halnya meloncat dengan mesin waktu dan melihat keduanya dulu kasmaran hingga akhirnya menikah dan berkeluarga seperti sekarang.

3. Berburu Pernik Tahun Tertentu

Bagi generasi 90-an, berburu pernik-pernik saat kecil adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa merasakan sensasi kembali ke masa lalu seperti saat masih kecil. Misal kamu beli lagi tamagochi, nintendo jadul, hingga makanan ringan seperti Anak Mas dan permen karet YOSAN. Secara tidak langsung pikiranmu akan dibawa kembali ke masa lalu saat kamu masih SMP atau bahkan masih SD.

Berburu Pernik Tahun Tertentu [image source]
Jajanan generasi 90-an [image source]
Hal-hal yang berkaitan dengan tahun tertentu adalah salah satu pemicu ingatan. Degan memiliki hal itu, kita tak akan perlu lagi mas lalu. Cukup makan atau memainkan alat dari masa lalu dan membuat kita semua jadi bahagia. Sesuatu yang yang ada di masa lalu memang selalu bisa membuat kita semua tersenyum meski kehidupan saat ini terkadang pahit.

4. Mengunjungi Tempat Besejarah

Tempat bersejarah yang dimaksud ada dua macam, pertama adalah tempat bersejarah sesungguhnya seperti candi atau bangunan kuno. Kedua adalah tempat yang bersejarah bagi kamu. Misal tempat pertama kali kamu kencan dengan pacar. Atau tempat pertama kali mendapatkan momen terhebat dalam hidup. Jika kamu ingin kembali ke masa lalu coba kunjungi tempat-tempat ini.

Candi Borobudur [image source]
Candi Borobudur [image source]
Untuk candi atau bangunan kuno kamu bisa tahu seperti apa sejarahnya. Dengan sedikit berkhayal kamu bisa membayangkan seperti apa keadaan di masa lalu. Untuk tempat bersejarah yang kamu alami, mungkin kamu bisa merasakan senang, atau bahkan pedih karena saat ini jadi jomblo. Well, semuanya terserah kamu, mau mengunjungi tempat yang mana agar bisa merasakan masa lalu yang tidak kelam.

5. Mendengar dan Melihat Sesuatu yang Jadul

Kalau ingin kembali ke masa lalu yang mendengarkan musik jadul atau melihat film jadul. Dengan mempraktikkan dua hal tersebut kita akan dengan mudah dibawa ke masa lalu dengan cepat. Misal mendengarkan musik klasik di tahun 60-an. Kita akan bisa merasakan seperti apa keadaan tahun itu. Seperti apa selera musik penduduk kala itu dan siapa saja yang menjadi penyanyi terkenalnya.

lihat film jadul [image source]
lihat film jadul [image source]
Untuk film juga sama, kamu bisa melihat film jadul yang diproduksi tahun 60-70-an. Lalu perhatikan seperti apa efek filmnya, lalu kualitas ide cerita, dan lain sebagainya. Dengan menyaksikan film jadul kita akan bisa tahu seperti apa sineas di masa lalu dan juga seperti apa tema-tema yang disukai oleh para penikmat film di masanya.

Ke masa lalu bukan berarti secara fisik kita pergi di masa yang telah selesai. Kita bisa ke masa lalu dengan mengingat sesuatu yang telah terjadi. Atau yang paling gampang mendengar dan melihat sesuatu yang ada di masa lalu. Dengan begitu, mesin waktu tak perlu lagi diciptakan, kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA