10 Kata Bijak dari Almarhum Gusdur yang Tidak Akan Pernah Terlupakan Zaman

Bagaimana pun di balik candaan beliau, selalu ada makna di dalamnya

oleh Arief Dian
08:00 AM on Sep 8, 2017

Sosok Gusdur, mantan presiden ke-4 Indonesia, dari dulu hingga sekarang tetap masih tidak bisa dilupakan. Bagaimana tidak, presiden yang satu ini dikenal dengan kepemimpinan yang sangat menghargai toleransi. Oleh sebab itu pula bukan hal yang aneh kalau beliau disebut presiden segala umat.

Meski dirinya telah lama tiada, namun bukan berarti jasanya berhenti sampai di situ. Ya, semasa hidupnya, baik menjabat sebagai presiden atau pun tidak, almarhum Gusdur selalu mengatakan candaan bijak diselingi guyonan-guyonan ala dirinya. Yang jelas di balik perkataannya selalu ada makna yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga
4 Kelakuan ‘Nyeleneh’ Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo Ini Bikin Banyak Pihak Terharu
Lagi, Dibuang di Negeri Sendiri, Penelitian Siswa SMA Ini Malah Bikin Google Bertekuk Lutut

Ya, pada dasarnya manusia dijadikan khalifah di muka bumi

quote gusdur manusia [image source]

Bangsa yang kuat adalah mereka yang bersatu

quote gusdur bangsa [image souce]

Ubah nestapa berkepanjangan dengan sebuah aksi yang nyata

quote gusdur berjuang [image source]

Kebaikan tidak memandang ras, suku dan agama

quote gusdur agama [image source]

Kita mesti realistis dalam kehidupan, jika punya impian berjuanglah mewujudkannya

quote gusdur dongeng [image source]

Ibarat ilmu padi, makin berisi juga makin menunduk

quote gusdur ilmu [image source]

Sindiran Gusdur melihat kelakuan para polisi di zamannya

quote guyonan [image source]

Jabatan hanyalah hal yang sementara, oleh sebab itu tidak perlu “ngoyo” memperjuangkan

quote gusdur jabatan [image source]

Tanpa adanya penerimaan pada perbedaan, pertikaian adalah keniscayaan

quote gusdu perbedaan [image source]

Jangan mempersulit segala yang gampang, jangan menggampangkan segala yang sulit

quote gusdur pamungkas [image source]
Ya, memang sosok yang satu ini sangat berjasa terutama saat beliau memperjuangkan masalah toleransi beragama. Dirinya mungkin sudah tidak ada di dunia ini, namun semangatnya untuk menyonsong perdamaian di Indonesia akan tetap hidup.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA