7 Karya Pekan Ilmiah Siswa yang Bikin Heboh Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 28, 2015

Hal-hal yang besar biasanya dimulai dari sesuatu yang kecil. Sama seperti penemuan besar yang mengguncangkan dunia yang kerap lahir dari pekan ilmiah siswa di sekolah-sekolah. Mendengar pekan ilmiah siswa sendiri mungkin kita akan melontarkan sesuatu yang kesannya meremehkan. Misalnya seperti “Apa sih yang bisa dibikin siswa sekolah? Paling demonstrasi gunung meletus dari cuka dan baking soda”. Ya, memang seperti itu jika yang kita bicarakan adalah anak-anak 90an atau sebelumnya. Tapi kini semuanya sudah sangat lain.

Yup, anak-anak zaman sekarang sudah sangat pintar dan juga revolusioner. Soal pekan ilmiah, biasanya mereka sering menampilkan penemuan-penemuan keren luar biasa yang tak banyak terpikirkan sebelumnya. Beberapa masih sederhana idenya, namun dampaknya luar biasa. Tapi, ada pula yang dari konsepnya sendiri sudah sangat hebat.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

1. Suvir Mirchandani – Menyarankan Bentuk Huruf Garamond Agar Bisa Menghemat Jutaan Dollar

Mahasiswa tingkat akhir tahu betul rasanya isi dompet raib gara-gara berulang kali mencetak draft skripsi. Bahkan mereka harus mencetak lagi gara-gara kena revisi. Sebenarnya kamu bisa lho menghemat banyak sekali pengeluaran yang berhubungan dengan cetak mencetak ini. Caranya sangat mudah yakni cukup diganti font print out-mu dengan Garamond.

Ya, siapa pun takkan pernah terpikirkan jika mengganti jenis huruf saja akan menghemat banyak sekali uang [Image Source]
Ya, siapa pun takkan pernah terpikirkan jika mengganti jenis huruf saja akan menghemat banyak sekali uang [Image Source]
Percaya atau tidak, dibandingkan dengan Arial atau Times New Roman, Garamond akan mampu menghemat kertas dan tinta beberapa kali lipat. Silahkan buktikan sendiri kalau tidak percaya. Nah, yang lebih mengesankan lagi, penemuan ini ditunjukkan oleh seorang bocah bernama Suvir Mirchandani dalam sebuah pekan ilmiah sekolah. Ia pernah menyarankan agar sekolah mengganti semua font print out dengan Garamond. Hasilnya, sekolah mampu menghemat hingga 20 ribu dollar per tahun.

Suvir pun sempat menyarankan ide ini kepada kantor pemerintahan Amerika Serikat. Ia mengatakan kalau saja pemerintah mau menggunakan Garamound, mereka bisa menghemat biaya hingga jutaan dollar. Sepertinya wajib ditiru di kampus atau kantor di Indonesia nih!

2. Thiago David Olsen – Nuclear Fushion Reactor

Mungkin butuh kuliah bidang nuklir dan kemudian lanjut pasca sarjana di bidang yang sama, baru kemudian seseorang bisa membuat alat yang berhubungan dengan nuklir. Namun tidak begitu halnya dengan bocah bernama Thiago David Olsen ini. Remaja umur 15 tahun tersebut berhasil membuat Nuclear Fushion Reactor sendiri dan sukses memukau para pengunjung pekan ilmiah di sekolahnya.

Thiago David Olsen membuat alat gila seperti ini di garasi rumahnya [Image Source]
Thiago David Olsen membuat alat gila seperti ini di garasi rumahnya [Image Source]
Olsen mulai sedikit demi sedikit karena ia sendiri tidak punya dasar pengetahuan mesin. Ia hanya terus belajar otodidak sambil terus mengerjakan proyek ini hingga satu tahun lamanya. Akhirnya alat ini selesai dan bekerja dengan sempurna. Seperti reaktor nuklir pada umumnya, alat ini mampu menghasilkan energi listrik. Kerennya lagi, Olsen juga memikirkan soal radiasinya dengan membuat semacam pengaman.

Ke depannya, ia berharap mampu mengembangkan alat ini. Termasuk bagaimana untuk membuat energi dan bahannya menjadi renewable atau bisa diperbarui. Penemuan ini termasuk gila untuk ukuran anak-anak.

3. Anand Srinivasan – Lengan Buatan yang Digerakkan Dengan Sinyal Otak

Hal keren apa sih yang kamu harapkan dari bocah taman kanak-kanak pemenang olimpiade sains? Tentu saja hal-hal keren ketika ia beranjak dewasa nanti. Nah, hal inilah yang dilakukan seorang remaja 15 tahun bernama Anand Srinivasan.

Anand Srinivasan mungkin saja akan membuka gerbang dunia robotik yang lebih modern [Image Source]
Anand Srinivasan mungkin saja akan membuka gerbang dunia robotik yang lebih modern [Image Source]
Dulu memang ia sempat menjuarai olimpiade saat masih sangat kecil, dan kini ia sukses membuat banyak orang terperanjat lewat benda ciptaannya di pekan ilmiah sekolah. Remaja keturunan India ini membuat lengan buatan yang bisa dikendalikan dengan sinyal otak.

Awalnya Anand hanya mengikuti kuliah-kuliah online saja, namun dari situ kemampuannya makin terasah. Kemudian ia melanjutkannya dengan membuat sebuah lengan robotik sendiri lalu mencoba menggerakkannya dengan sinyal elektrik otak yang sudah di-mapping-nya dalam mesin EEG. Terdengar sangat kompleks, bahkan untuk kita yang sudah lulus SMA bahkan kuliah.

Meskipun masih belum benar-benar sempurna, tapi setidaknya Anand sudah membuka gerbang menuju dunia robotik yang lebih maju lagi. Remaja satu ini pun tidak akan berhenti sampai di sini, ia akan terus melakukan inovasi-inovasi keren lainnya. Mungkin membuat robot yang sepenuhnya bisa dikendalikan dengan otak.

4. Anna Simpson – Robot Pencium Benda Kimia

Walaupun sama-sama mematikan, namun banyak orang yang lebih ngeri dengan senjata kimia daripada nuklir dan sejenisnya. Bagaimana tidak, senjata kimia akan membunuh korbannya pelan-pelan sampai mati. Setidaknya bom nuklir akan membuat korban langsung mati seketika, walaupun kita tidak berharap akan bersinggungan dengan hal-hal mengerikan ini.

Robot bikinan Anna Simpson ini mungkin jadi standar yang dipakai militer di seluruh dunia [Image Source]
Robot bikinan Anna Simpson ini mungkin jadi standar yang dipakai militer di seluruh dunia [Image Source]
Nah, dalam proses penanganannya, senjata kimia sering juga membawa korban terutama petugas sendiri. Untuk itulah seorang gadis SMA menciptakan sebuah robot yang berfungsi sebagai detektor senjata kimia tersebut.

Robot ini sendiri hanya dibuat dari balok-balok LEGO, perangkat elektronik dan sebuah sensor bau. Sangat sederhana tapi tidak terpikirkan oleh siapa pun. Uniknya lagi, robot ini juga bergerak otomatis sehingga tidak melibatkan seorang pun dalam proses kerjanya.

Mungkin masih cukup sederhana bentuk serta mekanismenya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika robot ini nantinya akan jadi standar yang digunakan di seluruh dunia. Dan sekali lagi, karya sekeren ini dihasilkan oleh siswa yang kebetulan ikut pameran karya ilmiah sekolah.

5. Daniel Burd – Mikroba Pemakan Plastik

Plastik adalah masalah sosial terbesar umat manusia. Bagaimana tidak, sampah ini memang tidak mudah untuk didekomposisi atau diuraikan oleh bakteri. Nyatanya, memang butuh ribuan tahun untuk sebuah botol minum saja agar bisa menyatu dengan tanah. Hal ini membuat plastik jadi sampah yang tidak bisa diatasi penyebarannya kecuali didaur ulang.

Gara-gara Daniel Burd dunia masa depan mungkin tidak seburuk yang kita bayangkan [Image Source]
Gara-gara Daniel Burd dunia masa depan mungkin tidak seburuk yang kita bayangkan [Image Source]
Nah, untuk mengatasi hal tersebut seorang bocah asal Kanada memperkenalkan hasil temuannya yang sangat luar biasa, mikroba pemakan plastik. Ya, seperti namanya, mikroba ini mampu menguraikan zat-zat plastis sehingga akhirnya bisa menyatu dengan tanah.

Percobaannya pun memang benar berhasil dengan terurainya sebuah botol plastik sebanyak 43 persen hanya dalam waktu 6 minggu saja. Penemuan ini tentunya akan benar-benar mengubah wajah bumi yang sudah terlalu banyak sampah seperti saat ini. Tak berlebihan jika kita menganggap bocah ini adalah penyelamat dunia.

6. Taylor Wilson – Detektor Senjata Nuklir

Ada anak-anak yang menciptakan reaktor nuklir rumahan seperti Olsen, tentu ada pula yang menciptakan detektornya. Yup, memang benar dan penemunya adalah remaja tanggung bernama Taylor Wilson. Berbeda dengan deretan anak ini yang memang menyukai sains, Wilson melakukan percobaan ini lantaran terpaksa.

Taylor Wilson, bikin alat keren gara-gara kepepet [Image Source]
Taylor Wilson, bikin alat keren gara-gara kepepet [Image Source]
Selama hidupnya, Wilson hidup dalam bayang-bayang teror radiasi nuklir. Hingga akhirnya ia pun menciptakan sebuah alat detektor sederhana agar ia dan keluarganya bisa terhindar dari akibat radiasi yang sangat mengerikan itu.

Alat ini sebenarnya sangat sederhana, Wilson hanya memakai scanner X-Ray dan kombinasi alat listrik yang lain. Hasilnya sangat keren dan terbukti berfungsi dengan baik. Bahkan Obama pun memuji ide brilian remaja 14 tahun ini.

7. David Liu – Search Engine Berbasis Gambar

Google mungkin sudah lebih dulu memprakarsai algoritma pencarian gambar seperti ini. Namun, untuk urusan akurasi dan kategori yang lebih kompleks, maka Google harus belajar dari bocah bernama David Liu ini. Benar sekali, remaja 14 tahun ini berhasil membuat sebuah mesin pencari berbasis gambar yang bisa dibilang lebih kompleks dari milik Larry Page.

Google mungkin perlu belajar algoritma baru kepada remaja satu ini [Image Source]
Google mungkin perlu belajar algoritma baru kepada remaja satu ini [Image Source]
Liu menyebut mesin buatannya dengan nama Semantik Image Retrieval dan menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Hasilnya memang benar-benar menakjubkan. Hanya dengan memasukkan keyword maka gambar akan keluar sesuai yang kita cari dan dipastikan hanya yang paling besar kualitasnya.

Karya ilmiah level sekolah ini pernah diikutkan dalam sebuah olimpiade. Hasilnya, sangat memuaskan dengan kemenangan yang dramatis.

Jika anak-anak zaman sekarang saja bisa membuat sesuatu yang hebat seperti deretan penemuan di atas, apa jadinya dengan 50 atau 100 tahun lagi? Mungkin mereka sudah bisa bikin pesawat ulang alik saat sekolah dasar. Anak-anak Indonesia sendiri sebenarnya juga tak kalah hebat lho. Ada cukup banyak penemuan yang ditemukan oleh mereka. Salah satu yang paling fenomenal adalah pemanfaatan urine sebagai energi alternatif oleh dua siswa SMA asal Malang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA