in

Kartika Jahja, Salah Satu Wanita Inspiratif Dunia Asli Indonesia

Kartike Jahja Penyanyi [image source]

Nama dari seorang Kartika Jahja mungkin tidak akan begitu dikenal oleh publik Indonesia. Beberapa orang mungkin lebih mengenal Kartika Putri yang meruapan artis dan kerap muncul di layar kaca dan masuk berita gosip. Kalau Anda penasaran siapa sebenarnya Kartika Jahja yang sampai dinobatkan sebagai salah satu wanita inspiratif dunia tahun 2016 oleh BBC.

Kartika Jahja adalah seorang musisi indie yang menaruh semangatnya pada kesetaraan gender. Lagu-lagu yang dia ciptakan dimaksudkan untuk memperbaiki penindasan kepada wanita dan juga stigma-stigma negatif lainnya. Kartika Jahja berjuang dengan mati-matian agar apa yang diabuat bisa didengar oleh banyak orang sehingga pendapat mereka terhadap wanita akan berubah dengan drastis.

Kartika jahja [image source]
Kartika jahja [image source]
Dilansir oleh BBC, Kartika Jahja dianggap sebagai penyanyi yang berjuang dengan lagunya. Dia menciptakan lagu-lagu untuk kesetaraan gender yang selama ini masih terjadi di Indonesia, bahkan dunia. Melalui lagu-lagu yang diciptakan, Kartika Jahja berusaha untuk menyadarkan banyak orang dengan cara yang lebih mudah dan kreatif.

Salah satu lagu andalan dari Kartika Jahja berjudul Tubuhku Otoritasku. Melalui lagu ini, Kartika berusaha mengungkapkan semua isi hatinya atau mungkin seluruh isi hati wanita di Indonesia yang menginginkan keadilan. Dia hanya ingin semua orang mendengar apa saja yang ada di sekitarnya dan bertindak lebih baik.

Kartika [image source]
Kartika [image source]
Oh ya, dalam daftar BBC 100 Women yang dirilis oleh kantor berita terbesar dari Inggris itu. Nama dari Kartika Jahja bersanding dengan wanita-wanita hebat di seluruh dunia. Bayangkan, nama dari wanita asli Indonesia dan tinggal di Jakarta ini sejajar dengan musisi besar sekelas Alicia Keys, lalu ada juga Jane Elliot yang merupakan aktivis wanita kelas dunia. terakhir, Kartika Jahja juga sejajar dengan Winni Harlow yang merupakan model dari Kanada yang juga merupakan aktivis perempuan.

Mendapatkan penghargaan yang sangat besar ini membuat Kartika Jahja cukup terkejut. Namun, dia menjadi semakin bersemangat untuk membuat karya-karya baru dengan band bernama Tika & the Dissidents yang baru-baru ini merilis album berjudul Merah.

Semoga apa yang dilakukan oleh Kartika Jahja mampu menginspirasi seluruh wanita di Indonesia. Apa pun yang terjadi pada tubuh setiap wanita, mereka berhak mendapatkan hak yang sama. Seperti judul lagu yang dibuat oleh Kartika Jahja, Tubuhku Otoritasku.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

KUBARK, Metode Siksaan Psikologi Terparah Milik CIA yang Selalu Disembunyikan

Tentang Emas di Dasar Segara Anak dan Kutukannya yang Menakutkan