Kartika Jahja, Salah Satu Wanita Inspiratif Dunia Asli Indonesia

oleh Adi Nugroho
12:11 PM on Dec 3, 2016

Nama dari seorang Kartika Jahja mungkin tidak akan begitu dikenal oleh publik Indonesia. Beberapa orang mungkin lebih mengenal Kartika Putri yang meruapan artis dan kerap muncul di layar kaca dan masuk berita gosip. Kalau Anda penasaran siapa sebenarnya Kartika Jahja yang sampai dinobatkan sebagai salah satu wanita inspiratif dunia tahun 2016 oleh BBC.

Kartika Jahja adalah seorang musisi indie yang menaruh semangatnya pada kesetaraan gender. Lagu-lagu yang dia ciptakan dimaksudkan untuk memperbaiki penindasan kepada wanita dan juga stigma-stigma negatif lainnya. Kartika Jahja berjuang dengan mati-matian agar apa yang diabuat bisa didengar oleh banyak orang sehingga pendapat mereka terhadap wanita akan berubah dengan drastis.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Kartika jahja [image source]
Kartika jahja [image source]
Dilansir oleh BBC, Kartika Jahja dianggap sebagai penyanyi yang berjuang dengan lagunya. Dia menciptakan lagu-lagu untuk kesetaraan gender yang selama ini masih terjadi di Indonesia, bahkan dunia. Melalui lagu-lagu yang diciptakan, Kartika Jahja berusaha untuk menyadarkan banyak orang dengan cara yang lebih mudah dan kreatif.

Salah satu lagu andalan dari Kartika Jahja berjudul Tubuhku Otoritasku. Melalui lagu ini, Kartika berusaha mengungkapkan semua isi hatinya atau mungkin seluruh isi hati wanita di Indonesia yang menginginkan keadilan. Dia hanya ingin semua orang mendengar apa saja yang ada di sekitarnya dan bertindak lebih baik.

Kartika [image source]
Kartika [image source]
Oh ya, dalam daftar BBC 100 Women yang dirilis oleh kantor berita terbesar dari Inggris itu. Nama dari Kartika Jahja bersanding dengan wanita-wanita hebat di seluruh dunia. Bayangkan, nama dari wanita asli Indonesia dan tinggal di Jakarta ini sejajar dengan musisi besar sekelas Alicia Keys, lalu ada juga Jane Elliot yang merupakan aktivis wanita kelas dunia. terakhir, Kartika Jahja juga sejajar dengan Winni Harlow yang merupakan model dari Kanada yang juga merupakan aktivis perempuan.

Mendapatkan penghargaan yang sangat besar ini membuat Kartika Jahja cukup terkejut. Namun, dia menjadi semakin bersemangat untuk membuat karya-karya baru dengan band bernama Tika & the Dissidents yang baru-baru ini merilis album berjudul Merah.

Semoga apa yang dilakukan oleh Kartika Jahja mampu menginspirasi seluruh wanita di Indonesia. Apa pun yang terjadi pada tubuh setiap wanita, mereka berhak mendapatkan hak yang sama. Seperti judul lagu yang dibuat oleh Kartika Jahja, Tubuhku Otoritasku.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA