Inilah 5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal yang Berhasil Dibuat Manusia

oleh Adi Nugroho
16:54 PM on Mar 24, 2016

Kapsul waktu adalah koleksi dari  barang-barang sehari yang akan di simpan, dipendam dan akan dibuka dalam jangka waktu tertentu. Misal 100 tahun atau bahkan 1.000 tahun. Orang-orang di masa itu akan mengumpulkan barang-barang penting, atau bahkan surat yang ditujukan kepada masa depan dan generasi di masa itu.

Sejak abad ke-19, tradisi membuat kapsul waktu sudah banyak dilakukan oleh orang barat. Mereka banyak menyimpan barang-barang yang unik lalu menyimpannya dengan rapat. Kelak beberapa ratus tahun yang akan datang, para generasi baru akan bisa menemukan dan mempelajari sejarah di masa lalu tanpa perlu kesusahan. Berikut kapsul waktu yang paling fenomenal dan berhasil dibuat manusia.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Century Safe (1876)

Kapsul waktu pertama kali dibuat pada tahun 1876. Majalah New York mempublikasikan artikel tentang pengumpulan artefak yang akan dipimpin oleh Anna Deihm di U.S Centennial Exposition, Philadelphia. Cantury Safe terbuat dari kota besi yang di dalamnya diisi dengan pulpen emas, buku, koleksi hal-hal unik dari Amerika dan foto dari Presiden Ulysses S. Grant. Kotak ini akhirnya diletakkan di tempat terpencil dan akan dibuka 100 tahun kemudian.

Century Safe [image source]
Century Safe [image source]
Century Safe nyaris dilupakan hingga beberapa tahun sebelum waktunya dibuka kotak ini baru ditemukan. Pada tahun 1976 dalam acara besar di Amerika, Presiden Gerald Ford berkesempatan membuka Century Safe yang telah berusia 100 tahun. Dari dalam kotak masih ada benda-benda masa lalu yang tersimpan dengan baik.

2. Crypt of Civilization (1937)

Crypt of Civilization adalah sebuah proyek fenomenal yang dilakukan di Universitas Oglethorpe. Thornwell Jacobs, sang presiden kampus memiliki ide ini untuk memberikan catatan arkeologi kepada generasi di masa depan. Setidaknya kotak ini akan dibuka lagi pada ketika telah berusia 6.177 tahun atau tahun 8113 masehi. Saat itu diperkirakan peradaban manusia benar-benar akan beda dengan peradaban saat ini.

Crypt of Civilization [image source]
Crypt of Civilization [image source]
Dalam Cryph of Civilization banyak sekali tersimpan buku pelajaran, sejarah, agama, acara TV hingga beberapa benda dan penemuan di era 1937 saat proyek ini dicetuskan. Cryph of Civilization saat ini telah berusia 75 tahun dan terpendam di bawah gedung Universitas Oglethorpe.

3. Westinghouse Time Capsules (1939)

Westinghouse Time Capsules adalah kapsul waktu yang dibuat saat ada perayaan New York World’s Fair. Saat itu Westinghous Electric dan Manufacturing Company memuat sebuah silinder panjang dengan kedalaman 50 kaki yang di dalamnya disimpan benda-benda dari era itu. Westinghouse Time Capsules berisi banyak sekali benda yang antara lain berupa produk metal, tekstil, biji-bijian, mikrofilm hingga rekaman lagu The Beatles.

Westinghouse Time Capsules [image source]
Westinghouse Time Capsules [image source]
Kapsul ini juga berisi rokok, cup plastik dengan gambar Micky Mouse serta surat dari ilmuwan hebat Albert Einstein. Westinghouse Time Capsules dijadwalkan akan dibuka 5.000 tahun lagi atau pada tahun 6939 masehi. Alasan pembuatan kapsul waktu ini adalah menyelamatkan sebagian sejarah. Di era sekarang perang terus saja terjadi, bagaimana dengan nasib masa depan. Bisa jadi perang lebih dahsyat akan tercipta.

4. The Expo ‘70 Time Capsule (1970)

The Expo ’70 Time Capsule adalah sebuah proyek kapsul waktu yang dicanangkan oleh perusahaan besar Panasonic di Jepang. Mereka membuat sebuah kapsul yang terbuat dari logam dan di dalamnya diisi dengan banyak sekali barang. Pihak penggagas memasukkan kimono, film, biji-bijian, mikro organisme dan beberapa kuku dari orang yang selamat saat bom Hiroshima.

The Expo 70 Time Capsule [image source]
The Expo 70 Time Capsule [image source]
Dalam kapsul yang dirancang dengan sangat baik ini akan berisi gas argon. Semua barang di dalam kapsul tidak akan bisa membusuk, atau rapuh karena terjaga kelembaban udaranya. Kapsul waktu ini akan dibuka 5.000 tahun lagi. Namun selama 100 tahun sekali secara berkala akan dibuka untuk diperiksa isinya agar tidak rusak.

5. Jeneau Time Capsule (1994)

Jeneau Time Capsule adalah kapsul waktu yang dibuat pada tahun 1994. Di dalam kapsul waktu ini terdapat banyak sekali benda yang menarik di masanya. Ada walkman dari Sony, boneka Barbie, SIM, dan ratusan surat yang dibuat oleh anak-anak untuk  masa depan. Kelak surat ini akan dibuka dan dibaca oleh siswa di masa depan. Bisa jadi cucu dari mereka yang menulis surat tersebut.

Jeneau Time Capsule [image source]
Jeneau Time Capsule [image source]
Jeneau Time Capsule adalah proyek kota yang digagas untuk melindungi sejarah. Semua orang bahu membahu untuk membuat hadiah kepada keturunan mereka di 100 tahun lagi. Ya, kapsul ini akan dibuka pada tahun 2093. Atau seratus tahun setelah dipendam dan dilupakan untuk sementara waktu.

Inilah lima kapsul waktu paling fenomenal yang berhasil dibuat oleh manusia. Kelak di masa depan kapsul waktu ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang masa lalu dari sebuah peradaban umat manusia. Sobat Boombatis enggak ingin buat kapsul waktu untuk orang di masa depan?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA