4 Tips Dahsyat Untuk Pertanyaan ‘Kapan Nikah?’ yang Menyiksa saat Lebaran

oleh Adi Nugroho
08:00 AM on Jul 4, 2016

Permasalahan klise yang kerap dialami oleh para jomlo saat lebaran adalah pertanyaan: kapan nikah? Bagi mereka, pertanyaan macam itu benar-benar membuat kesal, kadang bikin malu dan gemes setengah mati. Kamu yang sudah jomlo sejak lama sih mungkin biasa. Tapi kalau yang masih jomlo baru putus bisa baper sejak puasa belum datang.

Well, sebenarnya pertanyaan macam ini adalah hal biasa. Sekadar basa-basi saja. Tapi, kalau kamu sudah kepalang baper hingga ogah-ogahan keluar dari rumah saat lebaran kan repot banget. Ya, enggak?

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Bagi kamu yang baper dan bingung kalau nanti ditanyain kapan nih. Nih ada tips yang bisa kamu praktikkan. Dijamin manjur. Serius!

1. Carikan Dong!

Daripada kamu baper saat lebaran kan enggak enak dilihatin tetangga sama keluarga. Kalau lagi kumpul dan mendadak pertanyaan keramat itu datang ya bilang saja: belum ada calonnya, carikan dong. Ya, niatnya sih basa-basi saja. Paling habis kamu jawab gitu mereka akan tertawa lalu masalah per-baper-an selesai dengan mudah.

carikan cewek [image source]
carikan cewek [image source]
Oh ya, cara ini juga jadi semacam taruhan juga lo. Coba bayangkan, pas kamu mendadak bilang begitu lalu mereka menyanggupi kan lumayan. Kalau yang dikenalkan nanti capeknya sebelah duabelas kayak Raisha siapa yang untung? Kamu juga, kan? Sudah jangan gampang baper. Nikmati saja semua prosesnya.

2.Doakan Tahun Depan, ya!

Emang sudah ada pasangannya? Belum sih, tapi kan kita ngarepnya gitu. Kalau tahun depan enggak nikah ya belum rezeki. Anggap ucapanmu kayak doa. Kalau kamu ngomong gitu setiap tahun niscaya Allah akan segera mengabulkan permintaanmu. Lagian minta yang baik-baik pasti suatu saat akan dikabulkan kok.

doakan ya [image source]
doakan ya [image source]
Kalau saudara atau tetangga masih ngeyel pengin dikenalin ke calonmu padahal lagi jomlo. Bilang saja ke mereka gini: aku enggak pacaran, nanti cuma nambah dosa saja. Jadi mending kalau ada yang cocok langsung nikah saja. Makanya doakan segera dapat jodoh yang baik, ya! Nanti kalau diundang datang bawa duit yang banyak, ya!

3. Masih Mau Bantu Orang Tua

Alasan ngeles selanjutnya yang bisa kamu praktikkan adalah bilang kalau masih pengin bantu ortu. Bilang kalau enggak pengin nikah dulu sebelum nyenengin ortu. Kalau masih ada adek ya bilang masih mau sekolahin adek nanti kalau sudah nikah bakalan susah bantu ortu dan adek karena uang pasti dibawa oleh istri untuk keperluan rumah tangga.

kerja keras [image source]
kerja keras [image source]
Biasanya alasan kayak gini suka manjur buat jawab pertanyaan kapan kawin yang mereka lontarkan. Jadi no more baper lagi ya. Kalau memang belum ada jodohnya ya mau gimana lagi? Kan enggak bisa dipaksakan juga. Daripada kamu baper dan malah bohong dan buat dosa? Mending ngomong apa adanya, kan?

4. Belum Ada yang Bisa Diajak Taarufan

Biar jawabanmu agak gereget, bilang saja ke mereka kalau belum ada yang bisa diajak taaruf. Jadi mau gimana lagi. Daripada banyak dosa gara2 pacaran kan mending gitu. Jadi enggak usah terlalu baperan saat akan ditanyai masalah kapan nikah. Itu semua cuma basa-basi saja. Tidak lebih.

Taaruf [image source]
Taaruf [image source]
Kala kamu bilang belum ada yang ditaarufin pasti mereka akan senyum-senyum sendiri. Oh ya, bilang juga ke mereka kalau kamu belum siap. Masih pengin banyak main dan menghabiskan masa muda dengan bahagia. Lagian ngapain nikah cepet kalau belum siap kan? Zaman sekarang kasus cerai lagi banyak banget, lo!

Inilah empat tips yang bisa kamu lakukan kalau pertanyaan ngeri semacam “kapan nikah?” datang saat lebaran. Jadi, bawa santai saja ya. Toh, meski masih single, kamu tetap happy saja jalani hidupnya. Ya, enggak?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA