in

Inilah 4 Fakta Kehebatan X-18 Kapal Tank Tercepat Asli Indonesia yang Membuat Dunia Iri

Indonesia lagi-lagi membuat gebrakan baru di dalam dunia pertahanan. Setelah beberapa saat lalu Pindad membuat senapan SS2 yang membuat Amerika iri. Kini perusahaan yang juga pernah membuat ranpur Anoa itu akan meluncurkan kapal tank atau tank boat yang konon baru satu-satunya di dunia ini.

Baca Juga :5 Fakta Lucu TNI di Masa Lalu ini Akan Membuatmu Tertawa Tapi Bangga Luar Biasa

Tank yang bisa bergerak di dalam air ini diharapkan akan membantu TNI untuk menjaga wilayah NKRI lebih baik. Kemampuan hebat yang dimiliki oleh kapal tank ini akan membuat Indonesia semakin diperhitungkan dalam industri pertahanan. Berikut ulasan lengkap tentang X-18 kapal tank yang sangat hebat itu.

1. Kapal dengan Kubah Tank

Kapal yang bertugas di lautan biasanya tak memiliki kubah meriam jenis Cockerill yang banyak ditemui pada tank. Namun untuk X-18, Pindad yang bekerja sama dengan PT Lundin mencomot kubah itu dan dipasangkan pada permukaan kapal serbu ukuran kecil. Desain X-18 terbilang unik dan masih satu-satu di dunia hingga sekarang.

kapal tank [image source]
kapal tank [image source]
Kapal dengan kubah tank ini akan membuat pasukan TNI menjadi semakin aktif di kawasan laut. Mereka tak lagi mengendalikan kapal-kapal besar tapi juga kapal serbu kecil yang memiliki fungsi seperti layaknya tank. Ke depannya, X-16 diprediksi akan menjadi kendaraan angkut pasukan amfibi yang sangat tangguh dalam bergerak dan menyerang.

2. Kapal Penyerang yang Sangat Cepat

X-18 memiliki kecepatan yang sangat mumpuni jika digunakan sebagai kepal penyerbu. Konon, kapal ini mampu bergerak dengan kecepatan sekitar 40 knot. Dengan kecepatan yang sangat tinggi, X-18 diharapkan akan menjadi tulang punggung pertahanan Indonesia terutama di bagian hulu sungai dan selat-selat kecil yang sering terabaikan.

desain kapal tank [image source]
desain kapal tank [image source]
Indonesia memiliki banyak sekali wilayah yang masih terbengkalai. Akibatnya, kejahatan di kawasan lautan menjadi sangat tinggi terutama di kawasan yang masih sangat terpencil. Dibuatnya X-18 oleh Pindad dan PT Lundin akan membuat wilayah yang tak terjangkau kapal besar bisa diatasi dengan kapal tank penyerbu ini. Bentuknya yang tak terlalu besar membuat kapal ini lincah jika digunakan pada perairan dangkal.

3. Persenjataan yang Lengkap dan Canggih

Kapal tank X-18 memiliki persenjataan yang cukup canggih. Kanon yang digunakan pada kapal tank ini adalah jenis CT-CV 105 HP. Senjata ini biasanya digunakan untuk tank ringan yang banyak dipakai di Polandia. Kanon jenis ini juga mampu memuntahkan rudal anti tank yang kerap dijuluki dengan Falarick 105.

kapal tank canggih [image source]
kapal tank canggih [image source]
Rudal jenis Falarick 105 mampu menghancurkan sasaran hingga jarak 5.000 meter. Rudal jenis ini mampu dipandu agar tepat sasaran dengan bantuan laser beam. Dengan bekal kanon yang sangat canggih ini X-18 akan mampu menjadi penyerang andalan di lautan dan menyasar wilayah-wilayah yang jauh lebih sempit dan tidak bisa dilakukan oleh kapal tempur jenis besar seperti Kapal Cepat Rudal.

4. Ranpur Amfibi Terbaik yang Dimiliki Indonesia

Pada poin pertama telah dikulik sedikit bahwa kapal tank ini sangat baik untuk pasukan amfibi. X-18 diawaki oleh 4 personel yang akan mengendalikan secara penuh pergerakan kapal. Selain dikendalikan oleh 4 personel, kapal ini juga bisa mengangkut hingga 20 pasukan yang bersenjata lengkap.

X-18 tampak samping [image source]
X-18 tampak samping [image source]
Kapal tank ini sangat tepat untuk misi penyerangan dan juga penyusupan. Banyaknya personel yang mampu diangkut, serta bentuknya yang tak terlalu besar membuat X-18 susah dideteksi. Selain mengantarkan pasukan, X-18 juga digunakan untuk mengantarkan logistik dan evakuasi medis.

Baca Juga :5 Alutsista Baru Milik TNI ini Membuat Indonesia Terlihat Lebih Ganas

Inilah empat kehebatan dari kapal tank X-18 yang konon masih satu-satunya di dunia. Indonesia adalah negara beruntung yang memiliki kapal tank lincah dan bisa diandalkan dalam penyerangan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Written by Adi Nugroho

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Buat Suasana Romantis [ Image Source ]

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Pasangan Ketika Sudah Bosan dengan Pacarnya

5 Samurai Jepang Paling Sangar Dengan Keahlian Pedang yang Sangat Mematikan