5 Kapal Selam Mematikan Rusia ini Bikin Amerika Serikat Ketar-Ketir

oleh Rizal
16:00 PM on Jan 16, 2016

Soal militer tentu nama Amerika yang diunggul-unggulkan. Ya, memang tak menampik jika Paman Sam begitu jumawa dengan pasukan spesialnya dan juga deretan alutsista menakutkannya. Namun, bukan berarti mereka adalah satu-satunya negara hebat di dunia soal militer. Rusia, negara satu ini juga sangat mematikan. Mungkin mereka pernah kalah di Perang Dingin melawan Amerika, namun, jika dibandingkan kekuatannya, Rusia memiliki kekuatan yang selevel bahkan sedikit lebih greget dari Amerika.

Baca Juga :5 Negara ini Harusnya Mengucapkan Terima Kasih Pada Indonesia. Mengapa?

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

Hal yang patut dikagumi dari militer Rusia adalah alutsistanya, dalam hal ini kendaraan perang mereka. Tank, pesawat, dan kapal Rusia memiliki daya tempur tinggi. Selain deretan kendaraan tempur itu, Rusia juga memiliki kartu as di mana ini pernah bikin Amerika ngeri. Ya, apalagi kalau bukan deretan kapal selamnya itu.

Tercatat jika kapal selam Rusia adalah salah satu yang paling mematikan sepanjang sejarah. Kabar baik bagi penyuka negara Putin ini, mereka ternyata terus mengembangkan kapal selam tempurnya. Nah, inilah deretan kapal selam mematikan Rusia yang pernah dan bakal bikin mereka mendominasi dunia.

1. Akula Class

Kapal selam ini dibuat pada tahun 1986 dan jadi salah satu yang paling hebat di masanya. Kapal ini dilengkapi dengan teknologi nuklir sebagai penggerak mesinnya. Akula sendiri sebenarnya nama pemberian NATO. Entah apa alasannya, mungkin lantaran kapal selam ini bisa bergerak begitu pelan, namun bisa memberikan kejutan besar.

Kapal selam ini pernah jadi mimpi buruk barat karena kemampuan manuvernya yang susah dideteksi [Image Source]
Kapal selam ini pernah jadi mimpi buruk barat karena kemampuan manuvernya yang susah dideteksi [Image Source]
Akula Class punya dimensi yang cukup besar. Ia berukuran sekitar 110 meter dengan bobot mencapai 12.770 ton. Keunggulan akula selain pergerakannya yang diam-diam nggigit ini adalah banyaknya misil dan torpedo yang bisa disematkan. Misalnya anti-ship missile, anti-surface weapon missile, dan juga granit cruise missile yang bisa ditembakkan sampai jarak 300 kilometer. Kapal selam ini mampu menenggelamkan dirinya sampai kedalaman 600 meter dan  bisa bertahan hingga 100 hari di laut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA