Kapal Selam Tercanggih Milik TNI AL Ini Siap Jadi Siluman Bawah Laut Indonesia

oleh Adi Nugroho
11:44 AM on Sep 14, 2016

Wilayah laut Indonesia tidak hanya terletak di permukaan saja. Apa saja yang ada di bawah lautan juga termasuk wilayah yang harus dilindungi. Untuk melakukan itu, TNI AL memboyong kapal selam yang akan bergerak dan melakukan patroli bawah laut Indonesia yang sangat rawan oleh tindakan pelanggaran hukum.

Selama ini, sektor bawah laut di Indonesia kurang mendapatkan banyak sekali perhatian. Padahal, di dalam lautan yang sangat dalam itu, musuh kerap menyusup untuk memata-matai. Selain itu, kawasan bawah laut juga menyimpan banyak potensi yang wajib untuk dilindungi apa pun caranya.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Untuk menyukseskan perlindungan terhadap kawasan bawah laut, TNI AL akhirnya mengandalkan kapal selam hebat yang bisa jadi siluman bawah laut ini. Mari kita simak bersama-sama.

Kapal Selam KRI Cakra (401)

KRI Cakra adalah kapal selam pertama milik Indonesia yang dipesan dari Jerman di tahun 1977. Setelah menunggu proses pembuatan selama 4 tahun, kapal selam ini akhirnya jadi dan langsung digunakan pada tahun 1981. Kapal selam ini bertugas untuk mengamankan bawah laut Indonesia yang sudah mulai terancam dan juga sebagai armada pemukul yang akan mengusir kapal apa saja yang mendekat.

KRI Cakra [image source]
KRI Cakra [image source]
Pada dekade 70-an, negara-negara dunia mulai menggunakan kapal ini. Mereka memilih Jerman karena negara ini terkenal akan produksi kapal selamnya sejak perang dunia ke-1 terjadi. Kita semua pasti masih ingat dengan U-Boat milik Nazi yang sempat membuat banyak negara kewalahan sehingga memburu kapal selam itu sampai habis.

Kembali lagi ke KRI Cakra, kapal selam yang memiliki berat hingga 1.395 ton ini dipasangi 14 torpedo AEG. Torpedo ini digunakan untuk menembak kapal yang berada di depan atau berada di permukaan laut. Kemampuan yang hebat ini ditunjang dengan kemampuan gerak dari kapal selam yang mampu menembus angka 21,5 knot dan digerakkan oleh 34 personel.

Kapal Selam KRI Nanggala (402)

Nyaris sama dengan KRI Cakra, kapal selam ini juga dibuat di Jerman oleh perusahaan Howaldtswerke yang berkedudukan di Kiel. KRI Nanggala pertama kali beroperasi pada tahun 1981 dan terus bertahan hingga sekarang. Untuk menambah kemampuan dari KRI Nanggala, TNI AL mulai melakukan perbaikan di berbagai sektor agar tetap bisa digunakan dan tidak ketinggalan teknologi terbaru.

KRI Nanggala [image source]
KRI Nanggala [image source]
Persenjataan dari KRI Nanggala sama dengan KRI Cakra. Torpedo dengan jumlah 14 siap menyerang bersama degan 12 misil balistik dengan ukuran 17 inci. Untuk menambah sensor pada kapal selam, KRI Nanggala menggunakan sonar jenis CSU-3-2 suites yang terkenal hebat memetakan apa saja yang ada di depannya.

Kapal Selam KRI Nagabanda (403)

Seiring berkembangnya zaman, teknologi kapal selam dunia menjadi sangat maju. Bahkan, negara besar seperti Rusia, Tiongkok, dan Amerika bisa menciptakan kapal selam yang tidak mudah terdeteksi keberadaannya. Berkaca pada keadaan ini, Indonesia akhirnya bekerja sama dengan Korea Selatan untuk membuat kapal selam canggih yang mampu menjalankan pekerjaan berat dalam menjaga keamanan bawah laut Indonesia yang sangat luas.

KRI Nagabanda [image source]
KRI Nagabanda [image source]
Pada tahun 2013, kapal selam jenis Chang Bogo ini mulai dibangun di Korea Selatan. Rencananya Indonesia memesan tiga buah kapal selam yang akan dikirim secara berkala selama kurun waktu 2016-2018. Kapal selam ini akan menjadi salah terbaik di Indonesia bahkan dunia karena teknologi yang sangat canggih.

Kapal selam kelas Chang Bogo ini memiliki panjang hingga 61 meter dan kecepatan maksimal di dalam laut sebesar 21,5 knot. Kapal ini bisa bertahan selama 50 hari di kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut. Kemampuan bertahan ini juga didukung oleh 8×21 torpedo tubes, 14 SUT torpedo, dan UGM-84 Harpoon integration.

Inilah kapal-kapal selam miliki NKRI yang bisa menjadi pemburu di bawah laut. Kalau saja negeri ini memiliki lebih banyak kapal selam, kawasan bawah laut Indonesia akan semakin terjaga. Terpenting lagi, tidak akan banyak negara yang mendekat untuk mengusik kedaulatan negeri ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA