in

Inilah 5 Kapal Perang Tercanggih di Abad ke-21, dari Indonesia Ada Gak Ya?

5. KRI Martadinata 331 – INDONESIA

Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, wajib dong hukumnya kalo Indonesia punya armada laut yang bisa dibanggakan. Dan masyarakat Indonesia boleh berbangga, karena lewat kerja sama alih teknologi antara TNI AL dan PT PAL dengan galangan kapal Damen Schiede Naval Ship Building dari Belanda, terciptalah sebuah kapal perang super canggih bernama Kapal Perang RI Raden Eddy Martadinata-331.

Martadinata. [Image Source].
R.E Martadinata punya bobot hampir 3 ribu ton, tepatnya 2.946 ton. Panjangnya sekitar 105 meter dengan lebar 14 meter. KRI ini sudah mengadaptasikan teknologi siluman, sehingga sulit terdeteksi oleh radar musuh. Kecepatannya? Maksimal bisa dicapai hingga 28 knot. Kapal kebanggaan RI ini membuat pemerintah menghabiskan dana sekitar $340 juta.

Soal persenjataan tak perlu khawatir. Sistem persenjataan ini sudah dilengkapi dengan rudal, torpedo, hingga meriam untuk menghalau dan menyerang musuh yang ada di berbagai medan. Contohnya, rudal paling sakti milik R.E Martadinata, Excocet MM40 Blok 3, yang jangkauannya mampu mencapai jarak 180 – 200 km. lalu ada OTO Melara, senjata yang terletak di tengah kapal ini siap memuntahkan 85 proyektil per menit ke arah musuh.

Itulah 5 kapal perang tercanggih yang ada di dunia saat ini. Sudah kami katakan di paragraf awal, kemajuan teknologi punya andil dalam perkembangan kapal perang. Satu dua dekade ke depan, kita mungkin akan melihat kemunculan kapal perang yang jauh lebih canggih dari yang kami paparkan di atas. Dan seperti saat ini, ketika itu terjadi, semoga saja Indonesia menjadi salah satu negara yang memilikinya.

Leave a Reply

Jarang Orang Tahu, Ternyata Begini Asal- Usul Kata ‘Mudik’ yang Sering Dipakai Hingga Saat Ini

Tayangan Indonesia Ini Masuk TV Korea dan Jadi Viral, Orang-Orang Sana Pun Sukses Terpingkal-Pingkal