5 Fakta PKR 1, Kapal Perang Terbaik Buatan Indonesia yang Diminati Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 18, 2016

Indonesia mungkin belum secanggih Rusia yang mampu menghasilkan pesawat tempur hebat seperti Sukhoi. Negeri ini juga belum sehebat Amerika atau Jerman yang bisa menghasilkan kapal selam hebat, bahkan sejak perang dunia ke-II. Namun, negeri ini sudah berhasil menghasilkan beberapa ranpur atau kendaraan tempur yang mulai dilirik dunia. Terakhir dan yang paling gres, Indonesia mampu menghasilkan kapal perang terbaik yang diminati dunia internasional.

Kapal perang ini adalah kapal perang pertama yang dihasilkan oleh Indonesia. Meski demikian, kehebatannya sudah membuat banyak negara mulai melirik. Berikut uraian selengkapnya tentang kapal PKR (Perusak Kawal Rudal) 1 yang berhasil dibuat oleh Indonesia.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Kapal Jenis Fregat Pertama Indonesia

Kapal perang PKR 1 yang berhasil dibuat oleh PT PAL adalah jenis fregat. Fregat adalah jenis kapal perang yang mampu bergerak gesit di lautan. Negara-negara maritim dunia pasti memiliki kapal jenis ini untuk melindungi wilayah negerinya dari serangan musuh. Kapal jenis Fregat biasanya dibuat oleh negara seperti Spanyol Belanda, Inggris, dan Portugal.

KRI Ahmad Yani [image source]
KRI Ahmad Yani [image source]
Saat ini Indonesia memiliki 13 kapal jenis fregat yang semuanya dibeli dari luar negeri. Kapal seperti KRI Ahmad Yani dan KRI Slamet Riyadi termasuk dalam jenis ini juga. Kemunculan PKR 1 Sudah seperti angin segar bagi kemajuan dunia maritim Indonesia. Apalagi kapal ini memiliki komponen yang lebih canggih dari kapal berjenis fregat lainnya.

2. PKR 1 Adalah Upaya Pemerintah Untuk Memajukan Sektor Maritim

Indonesia memang masih kalah jauh dengan Belanda untuk masalah pengembangan kapal. Bahkan sejak negeri itu melakukan kolonialisasi di Indonesia, kapal tempur hebat sudah di bawa dari Eropa ke Indonesia. Akhirnya BUMN mengirimkan banyak sekali insinyur kapal ke Damen, Belanda. Di negeri kincir angin itu mereka belajar bagaimana cara membuat kapal perang yang bagus dan bisa bersaing dengan produsen luar negeri.

PKR 1 upaya pengembangan sektor maritim [image source]
PKR 1 upaya pengembangan sektor maritim [image source]
Usaha yang dilakukan oleh para insinyur sepertinya membuahkan hasil. Sebuah kapal perang pertama berhasil dibuat dan dinamai dengan PKR 1. Kapal ini terdiri dari 7 modul dengan 5 dibuat di Indonesia dan 2 di Belanda. Selanjutnya PKR 2 yang nanti akan dibuat menggunakan modul sejumlah sama namun 6 berasal dari Indonesia dan sisanya berasal dari Belanda. Di pembuatan selanjutnya Indonesia, dalam hal ini PT PAL akan mampu membuatnya dengan mandiri.

3. Pembuatan PKR 1 Butuh Waktu yang Lama

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah PKR 1 adalah 4 tahun. Waktu yang sangat lama terjadi karena komponennya sangat banyak. Belum lagi uji coba harus banyak dilakukan agar menghasilkan kapal dengan kualitas yang sangat bagus. Alhasil, kapal ini tercipta dengan sangat sempurna bahkan memiliki beberapa penyempurnaan pada bagian radar dan alat penyerangan.

Desain PKR 1 [image source]
Desain PKR 1 [image source]
Ke depannya, kapal jenis penembak yang canggih ini akan dibuat dalam jangka waktu yang cukup pendek. Para insinyur di Indonesia mulai terbiasa hingga pengerjaan dalam skala besar bisa saja terjadi di masa depan. Jika hal ini bisa terjadi, keamanan laut Indonesia akan semakin aman dan terbebas dari gangguan negara lain.

4. Kehebatan PKR 1 di Atas Rata-Rata

Kapal Perusak Kawal Rudal 1 buatan ini memiliki kemampuan yang sangat hebat. Kapal ini memiliki panjang 105 meter dan lebar 14 meter. Kapal ini mampu berjalan dengan kecepatan 28 knot. Kapal ini mampu berlayar hingga 5.000 km dan bertahan di lautan hingga 20 hari dengan kecepatan 14 knot.

Kehebatan PKR 1 [image source]
Kehebatan PKR 1 [image source]
Kapal ini memiliki radar yang sangat canggih. Selain itu senapan dan juga torpedo yang disematkan mampu menjatuhkan semua musuh dalam sekali tembak. Kapal tempur di udara atau pun kapal selam yang ada di bawah laut semuanya bisa dihancurkan hingga tidak akan masuk terlalu jauh ke kawasan darat yang padat penduduk.

5. Sudah Mulai Dilirik Oleh Negara Lain

PKR 1 adalah jenis fregat terbaru yang diramalkan akan menjadi kapal laut kombatan terbaik di dunia. Hal ini membuat beberapa negara yang belum bisa membuat teknologi kapal perang mulai tertarik untuk membeli. Mereka penasaran dengan kapal yang konon mengalahkan teknologi yang berasal dari Eropa dan Amerika.

Dilirik negara lain [image source]
Dilirik negara lain [image source]
Indonesia sendiri akan menjadi konsumen pertama kapal perang produksi PT. PAL. TNI Angkatan Laut ingin menjadikan kapal ini sebagai kapal perang unggulan dan menggantikan kapal perang lain yang sudah mulai memasuki masa tua dan harus dibebastugaskan.

Inilah 5 fakta kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) 1 yang merupakan kapal tempur pertama buatan Indonesia. Di masa yang akan datang, kapal ini akan menjadi ujung tombak perkembangan industri maritim Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA