5 Kapal Canggih Buatan Indonesia ini Bukti Kebangkitan Dunia Maritim

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Apr 12, 2016

Produsen kapal-kapal canggih di seluruh dunia ini masih dikuasai oleh Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok. Indonesia yang memiliki tradisi maritim di masa lalu pun tertinggal cukup jauh di belakang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitan dunia maritim Indonesia pun mulai membaik. Bahkan kapal-kapal hebat nan canggih berhasil diproduksi oleh PT PAL yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Kapal-kapal buatan Indonesia ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus. Desainnya sangat juara hingga banyak diminati oleh perusahaan besar dan juga satuan Kepolisian dan TNI di Indonesia. Inilah lima kapal canggih buatan Indonesia yang menjadi pertanda kebangkitan dunia maritim.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Landing Platform Dock 125 Meter

Landing Platform Dock 125 meter adalah salah satu kapal terbaik yang pernah dibuat oleh PT PAL. Kapal ini dimiliki oleh TNI AL sebanyak dua buah dan diproduksi pada tahun 2009 dan 2011. Setelah menjadi hak milik TNI AL, kapal ini berganti nama menjadi KRI Banjarmasin dengan nomor pada kapal 592.

KRI Banjarmasin [image source]
KRI Banjarmasin [image source]
Kapal yang memiliki panjang hingga 125 meter ini mampu bertahan di lautan hingga 30 hari. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh KRI Banjarmasin ini 15 knots dengan beban maksimal 7.300 ton. Dengan  jarak tempuh mencapai 16.000 km, kapal ini mampu diandalkan dalam hal penjelajahan dengan maksimal 344 orang di dalamnya. Oh ya, kapal ini mampu mengangkut helikopter hingga 5 unit. Benar-benar mengangumkan.

2. Kapal Patroli Cepat 57 Meter NAV Series

Sejak tahun 1988, PT PAL telah membuat Kapal Patroli Cepat 57 meter dengan berbagai versi. Dimulai dengan jenis NAV I hingga yang terbaru adalah NAV V di tahun 2000-2003. Kapal-kapal ini mampu bergerak dengan cepat hingga 30 knots. Artinya cukup andal alam hal patroli cepat di daerah perairan agar tidak sampai dimasuki oleh penyusup yang sangat menakutkan. Apalagi, perairan Indonesia sangat luas.

KRI Tongkol [image source]
KRI Tongkol [image source]
Kapal ini mampu menahan berat hingga 452 ton. Selain itu sebanyak 42 personel prajurit juga bisa ditugaskan agar pertahanan berjalan dengan sangat lancar. Oh ya, nama kapal-kapal ini pun dibuat agak unik oleh TNI AL. Misal jenis NAV I ada yang dinamai KRI Kakap, KRI Kerapu, hingga KRI Tongkol. Meski namanya unik, kapal ini mampu berfungsi dengan sangat baik di perairan Indonesia.

3. Kapal Cepat Rudal 60 Meter

Kapal Cepat Rudal 60 meter adalah salah satu kapal tercanggih yang mampu dibuat oleh PT PAL hingga saat ini. Kapal ini diproduksi sebanyak 3 buah di tahun 2014 silam. Saat ini kapal yang dinamai KRI Sampari, KRI Tombak, dan KRI Halasan ini mulai beroperasi dengan baik di perairan Indonesia yang sangat luas.

KRI Banjarmasin [image source]
KRI Banjarmasin [image source]
Kapal ini memiliki awak sebanyak 43 orang. Mereka akan ditugaskan untuk mengoperasikan senjata canggih seperti 4 senapan C-705 SSM, lalu Bofors kaliber 57 mm dan Denel Vektor G12 berkaliber 20 mm. Dengan kecepatan maksimal hingga 28 knots, kapal ini memang difungsikan sebagai penyerang. Bahkan dengan sekali tembak saja, kapal musuh yang ada di depannya bisa hancur bekeping-keping.

4. Kapal Patroli Cepat 28 Meter Series

PT. PAL juga membuat versi mini dari kapal patroli cepat yang biasanya berada di ukuran 57 meter. Kali ini kapal patroli cepat dibuat dengan panjang sekitar 28 meter saja. Meski demikian, kekuatannya sangat andal jika berada di lautan. Bahkan memiliki kecepatan hingga 40 knots saat melakukan pengejaran terhadap kapal-kapal asing di lautan Indonesia.

Kapal Patroli Cepat 28 Meter [image source]
Kapal Patroli Cepat 28 Meter [image source]
Kapal patroli cepat 28 meter series ini terdiri dari 4 jenis. Jenis itu terdiri dari versi 1-3 dan versi custom. Untuk versi 1 kapal ini dimiliki oleh Direktoran Bea dan Cukai sebanyak 12 kapal. Selanjutnya versi 2 dimiliki Polri dengan jumlah 10 kapal. Terakhir versi 3 dan custom berturut-turut dimiliki oleh OPDIP Batam dan Direktorat Bea dan Cukai.

5. Dry Cargo Vessel Star 50.000 DWT

Dry Cargo Vessel Star adalah salah satu produk kapal barang paling canggih yang dimiliki oleh PT PAL. Kapal ini biasanya digunakan untuk mengangkut banyak sekali barang penting seperti batu bara, minyak, hingga semen atau produk biji-bijian lainnya. Indonesia sudah mampu membuat dua buah kapal jenis ini untuk Reederei M. Lauterjung GmbH.

Dry Cargo [image source]
Dry Cargo [image source]
Kapal ini memiliki panjang hingga 189 meter dan mampu bergerak dengan kecepatan 14,5 knots. Kapal ini bisa bergerak dengan baik jika dioperasikan oleh 23-26 orang. Oh ya, kapal jenis dry cargo ini sudah mulai diproduksi di dunia sejak tahun 1850-an. Hingga sekarang, jumlahnya sudah mencapai 9.570 buah dan tersebar di seluruh penjuru dunia.

Inilah lima kapal canggih buatan Indonesia yang menjadi bukti kebangkitan dunia maritim. Meski sekarang, kapal-kapal di Indonesia masih banyak yang mengimpor. Setidaknya tanda kebangkitan ini masih ada dan semoga di masa depan akan semakin banyak generasi muda yang mengembangkannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA