Viral, Kakek Supir Ojek Online dengan Motor Tak Layak Ini Diburu Anggota Klub Motor Indonesia

Meski motornya tidak sebagus pengendara ojek online lainnya, Kakek Hermanto tetap semangat mengumpulkan rupiah

oleh Faradina
13:00 PM on May 23, 2017

Keberadaan ojek online di Indonesia sebenarnya memberi banyak manfaat bagi masyarakat sendiri. Entah itu dari segi penumpang yang semakin mudah dalam mobilitas ke tempat lain karena hanya dengan satu kali klik ojek sudah sampai di depan kita, maupun dari segi supir. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semenjak armada transportasi modern ini lahir, masyarakat jadi memiliki jenis pekerjaan baru. Tidak peduli mereka mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai para lansia bisa bergabung di sini.

Berbicara mengenai lansia, mungkin kalian sudah sering mendengar cerita tentang pengemudi ojek online dengan usia lanjut namun masih semangat bekerja. Salah satunya adalah sosok pria bernama Hermanto. Baru-baru ini nama Hermanto banyak sekali dibicarakan di media sosial karena kondisi motor yang dia gunakan saat bekerja. Sampai-sampai sosok yang satu ini ‘diburu’ oleh para anggota salah satu klub motor besar di Indonesia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Sosok Hermanto dikenal berawal dari unggahan seorang pengguna facebook

Menjadi seorang supir ojek mungkin dianggap sepele bagi banyak orang, namun sebenarnya pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Pasalnya saat mulai menjalankan motor dan membawa penumpang, kita harus memastikan orang yang dibonceng merasa nyaman dan aman. Bila tidak, maka bisa jadi jasa kita tidak lagi dicari keesokan harinya. Oleh karena itu faktor kendaraan juga berpengaruh. Dan karena kendaraan itulah kemudian nama Hermanto menjadi viral di media sosial.

Status Firman [image source]
Berawal dari unggahan dari seorang pengguna facebook bernama Firman Fadillah yang menuliskan, “Jika sudah ketemu alamat rumah nya bapak driver ojek online ini segera hubungi kami… INSA ALLAH teman teman disini ingin membenahi motor bapak ini agar aman dan nyaman ketika di pakai beliau untuk mencari rezeki… #Mariberbagi.” Firman juga menyertakan tiga buah foto seorang pria mengenakan jaket hijau khas ojek online dengan motor yang memang nampak kurang nyaman dan mungkin usia kendaraan tersebut juga sudah tua. Unggahan Firman tersebut kemudian langsung dibagikan oleh sekitar 2000 pengguna facebook lainnya.

Kondisi kendaraan sang tukang ojek memunculkan keprihatinan netizen

Unggahan Firman, yang merupakan salah satu anggota komunitas motor RX-King itu kemudian membuat banyak netizen merasa salut. Pasalnya Firman dan kawan-kawannya bisa menunjukkan betapa pedulinya mereka terhadap si bapak ojek online. Karena memang bila dilihat sekilas, kita semua sepertinya setuju bahwa motor pria dalam foto tersebut nampak sudah tua dengan beberapa bagiannya yang usang. Maka dari itu status Firman seketika juga dibanjiri komentar netizen yang ingin memberikan sumbangan.

Kondisi motor [image source]
Ada pengguna facebook yang berniat menyumbangkan helm dikarenakan dalam gambar pelindung kepala si bapak sudah nampak retak dan sepertinya sudah jauh dari kesan aman. Ada pula yang berniat menyumbangkan beberapa onderdil motor untuk membenahi kendaraan tersebut. Selain itu, unggahan Firman ternyata membuat anggota klub RX King lainnya ikut mencari sosok tersebut untuk kemudian dibantu.

Beberapa hari setelah foto diunggah, Firman dan kawan-kawan akhirnya menemukan si tukang ojek

Tidak butuh waktu yang lama untuk Firman dan anggota komunitasnya menemukan sosok tukang ojek tersebut. Hanya dalam hitungan hari, mereka akhirnya mengetahui si kakek bernama Hermanto yang beralamatkan di daerah Taman Ratu Jakarta Barat. Kakek Hermanto ini sehari-harinya menggunakan jenis motor RX-King tahun 1997 berwarna ungu untuk mencari penghasilan. Firman dan komunitasnya kemudian berniat memperbaiki dan mengumpulkan donasi untuk motor Kakek Hermanto.

Bersama komunitas RX-King Jakarta [image source]
Dan lagi-lagi, Firman mencoba mengumpulkan donasi melalui unggahan di sosial media. Mungkin karena memang postingan yang sebelumnya berhasil mendatangkan banyak tawaran onderdil untuk motor kakek. Dalam status facebook terbarunya Firman menuliskan bahwa kondisi motor Hermanto harus diperbaiki. Firman juga menyertakan kontaknya untuk kemudian bisa dihubungi oleh siapa saja yang ingin membantu dia dan timnya ‘Bedah King’ nantinya.

Kakek Hermanto semangat bekerja meski motornya kurang ‘layak’

Melihat foto-foto kondisi motor sang kakek yang dibagikan oleh komunitas RX-King ini pasti kita semua setuju bahwa kendaraan tersebut memang butuh perbaikan. Hal itu semata-mata agar Kakek Hermanto bisa kembali melaksanakan tugasnya dengan aman dan juga nyaman. Namun terlepas dari segala pemberitaan mengenai kondisi kendaraannya, Kakek Hermanto secara tidak langsung telah membuat banyak orang membuka mata.

Kakek Hermanto [image source]
Bagaimana seorang pria yang harusnya sudah bisa menikmati masa tua di rumah malah harus turun ke jalan menanti pesanan penumpang. Apalagi dengan ‘senjata’ berupa motor yang jauh dari kesan nyaman. Karena bila kita lihat di jalanan motor-motor pengemudi ojek online lain pasti mayoritas kondisinya masih baik bahkan sangat prima. Dan sang kakek justru tidak minder dengan motor ungu kesayangannya untuk dibawa bekerja. Namun meski Kakek Hermanto tetap semangat, kendaraannya memang masih butuh untuk diremajakan ya.

Dari kisah Kakek Hermanto dan komunitas motor RX-King ini kita bisa sekaligus belajar dua hal. Pertama, dari sang kakek sebagai anak muda kita harusnya malu bila masih ingin bermalas-malasan karena beliau masih semangat bekerja di usia senja dan tak henti bersyukur. Sementara apa yang dilakukan komunitas ini cukup menyadarkan kita bahwa klub motor itu tidak selamanya melakukan hal-hal meresahkan masyarakat. Karena mereka juga masih bisa menunjukkan kepedulian terhadap sesama lho.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA