6 Fakta Wu Zetian, Wanita Cantik Tersadis yang Berhasil Jadi Kaisar Tiongkok

oleh Tetalogi
12:57 PM on Apr 15, 2016

Begitu banyak wanita cantik nan legendaris di muka bumi ini dan di dalam sejarah. Nama Wu Zetian mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang, tapi tidak di negeri Tiongkok. Pasalnya, ia adalah satu-satunya kaisar wanita dalam sejarah kekaisaran dan dinasti negeri Tirai Bambu tersebut.

BACA JUGA:Di 7 Kota Ini, Bahkan Hukum Tidak Akan Bisa Melindungi Penduduknya

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Sebagai kekaisaran yang dulunya tidak mengijinkan wanita duduk di kursi pemerintahan, apa yang dilakukan Wu Zetian ini tentu luar biasa. Namun kedudukan tertinggi di Tiongkok tersebut ia dapatkan dengan taktik dan pengorbanan besar. Inilah Wu Zetian, wanita licik dan sadis yang mampu membawa dirinya sendiri ke tahta kekaisaran Tiongkok.

1. Cerdas Sejak Masih Anak-anak

Wu Zetian terlahir dari keluarga bangsawan kaya. Ia memiliki banyak dayang yang membantunya mengerjakan segala keperluan sehari-hari sehingga Wu tidak perlu belajar urusan rumah tangga sama sekali. Karena itulah, ayah Wu mendorongnya untuk membaca buku dan belajar, sesuatu yang saat itu tidak umum dilakukan wanita dan apalagi sampai didorong ayahnya.

Lukisan Wu Zetian saat masih muda [Image Source]
Lukisan Wu Zetian saat masih muda [Image Source]
Wu bukanlah tipe anak yang suka menyulam dan minum teh sepanjang hari seperti yang banyak dilakukan wanita. Ia lebih suka membaca dan belajar politik, urusan pemerintahan, menulis, karya sastra, serta musik. Hingga saat diangkat menjadi selir kaisar di usia 14 tahun, ia juga masih mendapatkan kesempatan untuk terus belajar dan bekerja sebagai semacam sekertaris.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA