Keren, Seniman Ubah Bongkahan Kaca Jadi Seni Murrine Yang Mengagumkan

oleh wahyu
09:20 AM on Jan 3, 2015

Murrine menjadi salah satu bagian dari kesenian unik yang banyak dilakukan oleh seniman lokal maupun internasional. Dengan memanfaatkan benda seperti kaca atau medium bening lainnya yang bisa dilebur, seorang seniman bisa mengubahnya menjadi sebuah seni yang ‘berbicara’.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Loren Stump adalah salah stau sosokyang piawai dalam membuat benda seni ini. Ia sudah mendalami ilmu membuat murrine selama bertahun-tahun. Nah, belakangan ini Loren menunjukkan sebuah karya yang indah lewat Murrine dengan bertemakan lukisan ala Italia kuno. Uniknya, murrine ini tadinya adalah leburan dari gelas-gelas kaca warna-warni yang kemudian menjadi sebuah bongkahan.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Seperti makan roti tawar atau Swiss Roll, Murrine ini harus dibuat menjadi irisan-irisan lebih dulu. Karena dari sisi tiap irisan itulah, kita bisa melihat gambar apa yang ada di dalamnya. Menarik sekali bukan? Untuk membuat Murrine yang cukup detail (karena ukurannya tidak terlalu besar dengan lukisan yang sangat kecil), proses yang dilakukan seniman California ini dilakukan dengan proses yang terbalik.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Ia membuat lebih dulu gambar 2 dimensinya. Kemudian dengan telaten dan hati-hati, membuat layer warna dari leburan kaca. Selanjutnya adalah proses pendinginan, di mana nantinya bongkahan murrine yang tadi bisa dipotong menjadi kepingan-kepingan batuan yang memiliki ilustrasi antic pada kedua sisinya.

Seni Murrine Dari Kaca
Seni Murrine Dari Kaca

Murrine pertama kali dilakukan sejak 4000 tahun yang lalu. Bahkan Loren Stump sendiri mencobanya sejak ia berusia 14 tahun. Beberapa karyanya yang unik lewat Murrine ini adalah membuat patung, perhiasan dan sebagainya. Untuk setiap pembuatan Murrine, karya Loren Stump ini bisa dihargai hingga $ 5.000 atau lebih dari Rp 50 juta. Wah, dari sebuah kreativitas dan ketekunan, bisa menjadi hobi yang menghasilkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA