Pernah ‘Menuju Puncak’, Inilah Kabar Terakhir AFI Angkatan Pertama

oleh Rizal
10:00 AM on Sep 18, 2015

Membicarakan acara televisi jadul memang sangat mengasyikkan. Memori masa lalu yang menyenangkan seolah kembali menyeruak lagi, hingga muncul rasa ingin kembali lagi ke waktu-waktu yang dulu. Ketika itu masih banyak sekali acara-acara menyenangkan, mulai dari kartun hingga serial-serial unik. Nah, memasuki tahun 2000an, acaranya juga makin kreatif dan berkesan hingga sekarang. Salah satunya adalah ajang pencarian bakat bertajuk Akademi Fantasi Indosiar atau yang disingkat AFI.

Acara ini pertama kali digulirkan pada tahun 2003 dan sangat sukses menyedot animo masyarakat kala itu. Tak hanya remaja dan orangtua, tapi juga anak-anak. Bahkan siapa sih dulu yang tak hapal dengan theme song Menuju Puncak? Setelah satu dekade berlalu bagaimana kabar mereka sekarang ya? Apakah masih tetap bernyanyi atau kah sudah beralih profesi? Inilah kabar terbaru dari angkatan pertama AFI.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Veri Afandi

Dulu siapa sih yang tak menyoraki Veri ketika bernyanyi di atas panggung?  Namun kini sudah tidak sama lagi. Mungkin hanya dari ulasan seperti ini kita bisa kembali mengenang masa kejayaan sang juara AFI pertama itu. Selepas dari kontes tersebut, Veri tak serta merta menghilang. Ia sempat mengeluarkan single-nya sendiri dan juga manggung di acara on air maupun off air.

Veri masih jadi seorang penyanyi. Ia juga punya bisnis kuliner [Image Source]
Veri masih jadi seorang penyanyi. Ia juga punya bisnis kuliner [Image Source]
Kini, apa kesibukan pria asal Medan tersebut? Veri masih menyanyi walaupun tawarannya tak sebanjir setelah menang dulu. Ia juga kerap tampil sebagai host di acara TV Shopping. Veri juga sempat dikabarkan membuka usaha kuliner dengan menu varian mie. Kedainya tersebut bernama Yumie17 yang dibangun dengan sang manajer. Tanggapan masyarakat tentang kabar ini pun macam-macam, namun rata-rata mereka sangat mengerti kondisi sang mantan idola tersebut.

2. Kia Suban

Pria satu ini pernah bikin wanita jejeritan histeris ketika AFI pertama masih begitu booming. Meskipun katanya lebih punya banyak fans dari siapa pun di AFI angkatan pertama, tapi hal tersebut tak cukup membantunya untuk menjadi juara. Meskipun begitu, perolehan Kia di ajang ini tak buruk dengan raihan juara 2. Apa kabar pria satu ini sekarang?

Kia menetap di Amerika dan kadang ia menerima job menyanyi [Image Source]
Kia menetap di Amerika dan kadang ia menerima job menyanyi [Image Source]
Seusai kontes menyanyi tersebut berakhir, Kia masih disibukkan dengan menyanyi. Kala itu ia masih sangat dikenal dengan single-nya yang berjudul Harus Sampai di Sini. Kia juga punya sebuah album rohani. Kini sang juara dua tinggal di Amerika untuk menempuh pendidikan dan bisnis. Kadang ia juga menyanyi dengan nama panggung Kia Suban. Beberapa bulan yang lalu ia sempat jadi opener konser Noah di Amerika. Soal performa, Kia sudah lebih matang dari yang kita kenal.

3. Mawar Febra

Begitu melihat wajahnya mungkin kamu akan senyum-senyum sendiri. Bagaimana tidak, wanita satu ini adalah wanita idola banyak remaja kala itu. Kamu mungkin juga tak pernah absen melihat kesibukannya dalam tayangan bertajuk Diary AFI itu. Soal kualitas menyanyi Mawar tidak buruk sama sekali. Wanita asal Bandung ini punya ciri khas. Sayangnya, sampai akhir ia hanya bisa mendapatkan juara ketiga.

Mawar sudah tidak bernyanyi lagi, ia pindah ke Singapura dan mengurusi keluarga [Image Source]
Mawar sudah tidak bernyanyi lagi, ia pindah ke Singapura dan mengurusi keluarga [Image Source]
Setelah 10 tahun berlalu, kini Mawar sama sekali tak pernah muncul di televisi. Bahkan disinggung namanya pun tidak oleh media. Tapi, memang inilah yang diinginkannya. Hidup Mawar sekarang jauh dari gegap gempita dunia hiburan. Ia menjadi ibu rumah tangga serta fokus mengurus suami dan anaknya. Kabar terakhir menyebutkan wanita wajah imut ini pindah kewarganegaraan Singapura mengikuti sang suami. Jika kamu ingat, dulu Mawar sempat digosipkan terlibat hubungan cinta dengan sang juara, Veri.

4. Ve Nazarina

Selain Mawar, AFI pertama juga dihuni oleh wanita cantik bernama Ve. Meskipun hanya juara empat dan harus merasakan malam eliminasi yang dramatis itu, namun soal penampilan Ve termasuk bagus. Ia punya ciri khas suara yang dalam. Ya, karena sistem penilaiannya hanyalah SMS dan telepon, maka ia tak mampu jadi yang terbaik. Meskipun katanya dulu punya fanbase yang besar di Malang.

Ve sudah berkeluarga dan sepertinya juga menyanyi di acara-acara tertentu [Image Source]
Ve sudah berkeluarga dan sepertinya juga menyanyi di acara-acara tertentu [Image Source]
Selepas AFI, Ve masih berjibaku dengan dunia musik. Ia sempat mengeluarkan single namun sayangnya tidak jadi hits. Sambil mengisi waktu ia pun bernyanyi di gereja. Tak seperti alumnus yang lain, hingga sekarang Ve masih berusaha untuk bisa eksis lagi di dunia tarik suara. Wanita ini pun memang sepertinya tidak bisa lepas dari dunia kontes menyanyi. Bukan untuk ikut lagi kontes yang serupa, tapi ia ternyata menikah dengan mantan kontestan Indonesian Idol bernama Nobo.

5. Rini Astuti

Rini juga jadi wanita yang menyita perhatian kala kontes ini masih sangat booming. Perawakannya kalem dan sepertinya sangat penyayang. Dulu, jika kamu ingat sosok wanita manis ini sering sekali digosipkan dengan Romi AFI walaupun kejelasannya sudah tidak diketahui lagi sekarang. Rini AFI hampir tidak diketahui kabarnya sekarang. Entah ia masih menyanyi atau fokus terhadap keluarga saja.

Rini pernah jadi pembawa acara dan juri acara musik [Image Source]
Rini pernah jadi pembawa acara dan juri acara musik [Image Source]
Kabar terakhir mengatakan jika Rini sempat menjadi presenter di sebuah acara di TVRI dan pernah juga jadi juri untuk ajang AFI Junior. Tak pernah ada kabar lain tentang wanita manis ini selain dua hal tersebut. Ya, mungkin saja kehidupan entertainment tidak sesuai dengan karakter Rini yang pendiam. Sehingga ia memutuskan untuk rehat atau alih profesi lain selain bernyanyi dan tampil. Rini adalah juara kelima AFI angkatan pertama dan sempat pula bermain film dan sinetron yang tidak jauh-jauh dari tema AFI.

Wah, nostalgia banget ya? Jadi ingat kita begitu menikmati acara yang ditayangkan jam 7  hingga 12 malam itu. Beberapa istilah juga sempat booming gara-gara acara ini, misalnya saja pitch control yang tiba-tiba saja jadi bahan guyonan seru. Kira-kira bagaimana jika mereka kembali lagi dan bikin konser reuni? Meskipun sepertinya agak susah, tapi bakal jadi sajian yang cukup mengasyikkan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA