5 Jurusan Kuliah ini Dianggap Paling Susah di Dunia, Bisa Lulus Hebat!

oleh Rizal
15:27 PM on Mar 17, 2016

Memilih jurusan kuliah yang pas itu urgensinya sangat tinggi. Selain berguna untuk menunjang karir ke depannya, enak atau tidaknya masa kuliah sedikit banyak juga dipengaruhi oleh jurusan kuliah yang dipilih. Memang susah, makanya harus benar-benar dipikir. Jangan sampai murtad ke jurusan lain gara-gara pilihan awalnya tidak pas.

Tentang jurusan kuliah sebenarnya hanya masalah minat dan selera, tapi satu hal yang tidak bisa dipungkiri. Ada jurusan kuliah yang gampang dan tidak. Beberapa jurusan kuliah tertentu memang lebih mudah dari yang lainnya. Tapi, biasanya makin susah jurusan yang dipilih kesempatan untuk dapatkan pekerjaan yang bergengsi bisa lebih mudah.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Dilansir dari Outstandingcolleges, berikut ini adalah jurusan kuliah paling susah di dunia. Ada yang bilang, barang siapa yang berhasil wisuda dengan mengambil salah satu dari deretan jurusan ini, maka ia layak diberi tropi. Sesusah apa sih? Simak ulasannya berikut.

1. Engineering, Susahnya Bikin Putus Asa

Makin berkembangnya teknologi menuntut kampus-kampus untuk membenahi jurusan engineering mereka. Ya, kalau dulu engineering atau pemesinan ini identik dengan industri atau otomotif saja, kini ranahnya sudah sangat bervariasi. Biologi, kimia, IT dan lainnya kini sangat butuh sentuhan engineering.

Jurusan engineering [Image Source]
Jurusan engineering [Image Source]
Di luar negeri, sebelum memasuki jurusan, Maba alias mahasiswa baru akan dites sedemikian rupa. Umumnya, hal-hal yang berhubungan dengan matematika. Harus memenuhi standar nilai baru bisa lulus. Ketika sudah masuk, jurusan ini sangat tidak mudah dijalani. Tugasnya sama sekali tidak manusiawi, belum lagi proyek-proyeknya. Makanya tak heran kalau lulusan jurusan ini biasanya langsung direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar dengan gaji yang bikin ngiler.

2. Arsitektur, Tak Cuma Gambar Bangunan Saja

Silakan tanya mereka yang sudah lulus jurusan arsitektur terutama dari kampus-kampus luar negeri. Mayoritas pasti bilang jurusan ini seperti neraka. Arsitektur mungkin dipandang begitu-begitu saja, tapi aslinya susah luar biasa. Ada banyak yang harus dipelajari, dan yang lebih penting dari itu adalah masalah mental.

Jurusan arsitektur [Image Source]
Jurusan arsitektur [Image Source]
Percaya atau tidak, prosentase mahasiswa baru untuk drop out di jurusan ini mencapai 82 persen! Tapi, setelah lulus kerja keras ini diganjar tuntas dengan tawaran-tawaran kerja yang banyak. Untuk fresh graduate jurusan arsitektur biasanya bayarannya sudah lumayan tinggi. Makin banyak portofolionya, maka bayarannya makin menggila. Gaji PNS bisa mereka dapatkan hanya dalam seminggu bahkan kurang.

3. Life Science, Awalnya Mudah tapi Bikin Gregetan

Menurut Outstandingcolleges, jurusan ini memiliki banyak peminat pada awalnya. Namun, dengan berjalannya waktu, makin banyak yang putus alias pindah jurusan. Alasannya, tentu saja karena beratnya studi yang harus dijalani di jurusan ini. Jurusan life science sendiri meliputi banyak hal. Nyerempet biologi dan kedokteran.

Jurusan life science [Image Source]
Jurusan life science [Image Source]
Prosentase drop out-nya sendiri lumayan kecil, tapi lulusnya adalah yang terlama jika dibandingkan dengan jurusan lain. Di kampus-kampus bergengsi luar negeri, sangat biasa mahasiswa jurusan life science kuliah sampai 8 tahun. Sama seperti dua jurusan di atas, yang satu ini juga bergaji lumayan besar. Tapi, kebanyakan mahasiswa yang masuk jurusan ini bukan karena ingin pekerjaan yang jumawa tapi pure mendedikasikan dirinya.

4. Business and Management, Jurusan Untuk Jadi Bos

Jurusan kuliah satu ini dikira banyak orang enak. Padahal aslinya bikin pusing. Rata-rata drop out-nya sendiri saja sampai 50 persen. Soal studi, sebenarnya business and management tidak terlalu susah, hanya saja untuk masuk jurusan ini sangat berat.

Jurusan business and management [Image Source]
Jurusan business and management [Image Source]
Di kampus-kampus luar sana, Maba harus melewati banyak tes khusus yang biasanya punya standar yang tinggi. Banyak yang bilang jurusan ini adalah yang tercepat bikin orang kaya. Ya, biasanya calon bos-bos itu dipilih dari orang-orang lulusan business and management.

5. Physical Sciences, Jurusan Bikin Mumet dan Susah Cari Kerja

Physical sciences alias fisika ini adalah salah satu jurusan paling susah di dunia. Labelnya memang fisika, tapi kita dituntut untuk ahli di banyak bidang lain misalnya biologi, kimia dan geologi karena deretan cabang keilmuan ini sangat erat kaitannya dengan fisika. Jadi, sudah bisa dibayangkan bagaimana susahnya jurusan ini?

Jurusan fisika [Image Source]
Jurusan fisika [Image Source]
Uniknya, meskipun susah luar biasa tapi drop out rate-nya hanya sekitar 20 persen saja. Itu artinya, banyak yang bisa bertahan di jurusan super rumit ini. Sayangnya, menurut survey lulusan fisika cukup susah untuk mencari kerja. Meskipun demikian, industri besar yang mendunia kerap kali membutuhkan para lulusan fisika ini. Jangan tanya gajinya, sudah tentu luar biasa banyak.

Inilah jurusan kuliah paling bikin putus asa. Bisa lulus dari jurusan ini apalagi di kampus-kampus mentereng dunia, maka ia patut diberi kalungan bunga. Tapi, meskipun susah luar biasa, semua usaha semasa di kampus dibayar lunas dengan pekerjaan oke bergaji super tinggi yang bikin mahasiswa lulusan jurusan lain ngiri kelas berat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA