in

Potong Rambut di Salon Biasa Sampai Beli Baju Diskonan, Inilah Potret Kesederhanaan Jokowi

Presiden juga manusia yang butuh makan, berpakaian, dan merawat diri. Kita mungkin akan melihat sosok presiden dengan gaya hidup dan berbagai fasilitas yang mewah. Beliau bisa dengan mudah makan masakan chef, mengenakan pakaian merek ternama, dan potong rambut di hair stylist ternama yang cuma cuci dan potong rambut saja harganya jutaan.

Bagi sebagian orang, mendapatkan fasilitas serupa merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tapi Presiden Jokowi tak selalu kepikiran untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Terbukti, beliau hanya memilih barang dan jasa yang merakyat untuk memenuhi kebutuhannya. Mana buktinya? Ini dia…

Potong Rambut di Barber Shop Biasa

Kaesang Pangarep, putra bungsu presiden sering membagikan cerita kehidupan sehari-hari bapaknya baik dalam bentuk foto di instagram, artikel di blog, maupun video blog atau vlog. Kali ini ia membagikan cerita presiden yang sedang potong rambut. Ia menemani Jokowi mencukur rambut di barber shop sederhana yang biasa dikunjungi rakyat seperti kita-kita ini dan bukannya di salon high-end atau memanggil hair stylist kenamaan ke istana. Kalau dilihat-lihat, budget potong rambutnya masih cukuplah di kantong kita-kita.

“Hati-hati lho, mas, motong rambutnya. Nanti tambah jelek,” canda Kaesang di awal video. Si pencukur rambut yang bernama Mas Jumadi itu tersenyum. Ia memang terlihat gugup saat mencukur rambut presiden. Siapa yang nggak gugup kalau disuruh memotong rambut orang nomor satu di negara ini? Harus pegang kepalanya sana sini dan meminta beliau untuk menunduk, menoleh, dan sebagainya. Beruntung Kaesang terus menerus bercanda sehingga suasana tidak tegang dan Mas Jumadi terlihat lebih rileks.

Saat Kaesang menanyai Mas Jumadi apa nama model rambut presiden, ia menjawab ia hanya merapikan saja. Jokowi juga terlihat nyaman dengan model rambut seperti itu. Beliau memang jarang sekali mencoba model-model rambut. Sejauh ini kita selalu melihat beliau tampil dengan model rambut yang sama.

Pakaian Sederhana

Selain potong rambut, Jokowi juga dikenal dengan kesederhanaannya dalam memilih pakaian. Kemeja putih polos dan celana hitam tampaknya adalah seragam beliau setiap harinya. Tak jarang, beliau terlihat hanya menggunakan kemeja dan sarung, khususnya saat malam tahun baru.

Pak Presiden Jokowi kalau belanja diskonan dan murah meriah [image source]
Beberapa kali Jokowi kedapatan berbelanja pakaian. Rupanya yang dibeli bukannya sepasang jas atau sepatu kulit, namun sarung dan sandal jepit! Sarung dan sandal yang ia beli pun bermerek asli Indonesia dan harganya cukup terjangkau. Mungkin sarung dan sandal yang kita pakai malah lebih mahal dari yang dibeli presiden.

Jamuannya pun Sederhana

Selain menerapkan kesederhanaan pada diri sendiri, Jokowi juga suka mengajak orang lain untuk hidup sederhana. Misalnya dengan menghidangkan nasi goreng dan mie goreng yang dijajakan pedagang kaki lima di sekitar istana pada sidang kabinet paripurna.

Jamuan istana Jokowi memanggil pedagang kaki lima [image source]
Padahal biasanya peserta sidang semacam ini disuguhi makanan mewah dari katering kenamaan. Presiden juga sering menghimbau instansi pemerintahan untuk menjamu tamu dengan jajanan sederhana seperti ketela rebus dan bukannya jajajan mahal. Selain murah, itu juga untuk mengenalkan kembali jajanan khas Indonesia, baik pada diri kita sendiri maupun bagi tamu dari luar negeri.

Suka atau tidak suka dengan kebijakan-kebijakan Jokowi, kita harus mengakui gaya hidupnya yang sederhana patut diacungi jempol. Beliau bisa menjadi contoh yang baik bagi generasi muda saat ini supaya hidup tidak berlebih-lebihan. Karena hidup sederhana nggak bikin kita tersiksa kok!

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Firqatul Majanin, Pasukan Elit Kesultanan Turki Usmani yang Ditakuti Barat

Murder Inc, Serikat Pembunuh Bayaran Beranggotakan Para Mafia Ganas