5 Hal Super Hebat ini Akan Terjadi Jika Korupsi di Indonesia Lenyap Tak Bersisa

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 16, 2015

Korupsi adalah masalah paling tua yang dihadapi oleh Indonesia, bahkan mungkin dunia. Banyak sekali negara-negara yang jadi ambruk akibat kasus korupsi meroket tak terkendali. (Indonesia mungkin seperti ini juga.) Sayangnya penanganan korupsi adalah hal yang paling susah dilakukan. Pertama karena hukum bisa dibeli. Kedua karena korupsi memiliki sistem yang kuat hingga akan mencatut banyak orang penting di suatu negara.

Anyway, kita buang sejenak kengerian korupsi di negeri ini. Mari kita sejenak berandai-andai atau bahkan berkhayal tentang negeri tanpa korupsi. Kira-kira Indonesia akan jadi negeri seperti apa ya kalau korupsinya hilang?

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Pembangunan Akan Berjalan Dengan Lancar

Boleh kan ya bermimpi jika daerah-daerah terpencil di pedalaman Kalimantan, Sumatra, hingga Papua akhirnya dibangun jadi semaju Jawa? Boleh kan bermimpi akan ada angkutan massal seperti yang dimiliki oleh Jepang dan negara-negara di Eropa? Terakhir, boleh juga kan bermimpi memiliki infrastruktur maju yang membuat orang Indonesia enggak gagap pengetahuan?

Pembangunan Akan Berjalan Dengan Lancar [image source]
Pembangunan Akan Berjalan Dengan Lancar [image source]
Mimpi seperti ini benar-benar akan terjadi jika negeri ini tidak memiliki banyak sekali tikus berjas dan berdasi di atas sana. Pembangunan di Indonesia akan berjalan dengan sangat lancar hingga mungkin bisa bersaing dengan negara-negara yang telah maju di Asia hingga Eropa. Sayangnya hal semacam ini cuma akan jadi mimpi jika korupsi masih menjadi budaya yang mengakar dengan kuat.

2. Pendidikan Akan Maju Dengan Pesat

Jika tidak ada korupsi yang menghabiskan uang negara, bukan tidak mungkin pendidikan di Indonesia bisa gratis. Atau kalau pun tidak gratis maka biayanya bisa ditekan dengan sangat banyak. Dengan biaya yang terjangkau ini maka siapa saja bisa mendapatkan pendidikan dengan layak. Bahkan yang biasanya cuma mengamen di jalan pun bisa mendapatkan pendidikannya.

Pendidikan Akan Maju Dengan Pesat [image source]
Pendidikan Akan Maju Dengan Pesat [image source]
Jika hal ini benar-benar terjadi maka kualitas manusia Indonesia akan meningkat. Negeri ini tidak akan dipandang lagi sebagai negeri para babu. Atau negeri bodoh karena karena minimnya cendekiawan yang mengubah bangsa. Masalahnya sekarang hanya satu: kira-kira mungkin tidak impian ini terwujud?

3. Pelayanan Kesehatan di Indonesia Akan Berjalan Dengan Baik

Jika korupsi di Indonesia benar-benar hilang dengan sempurna. Maka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik bukanlah sebuah impian. Saat ini banyak sekali dana-dana kesehatan yang akhirnya disunat dan tak sampai pada rakyat kecil. Dampaknya, pelayanan kesehatan bagi rakyat kecil sangat lah buruk. Bahkan bisa dibilang memprihatinkan.

Pelayanan Kesehatan di Indonesia Akan Berjalan Dengan Baik [image source]
Pelayanan Kesehatan di Indonesia Akan Berjalan Dengan Baik [image source]
Jika dana-dana korupsi yang memuat kantong para petinggi itu dikumpulkan, maka rakyat kecil akan mendapatkan haknya. Mereka tak harus antre panjang dari pagi hingga malam untuk dirawat. Itu pun jika pegawai rumah sakitnya memperlakukan dengan baik. Selama ini rakyat kecil seperti dilempar sana-sini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

4. Pemerintahan di Indonesia Akan Berjalan dengan Baik

Korupsi adalah salah satu faktor yang menyebabkan pemerintahan di Indonesia jadi buruk. Hal ini terjadi karena para pemimpin dari atas sampai tingkat bawah bekerja bukan atas dasar pengabdian. Mereka bekerja atas dasar mendapatkan uang yang banyak atau tutup modal karena saat kampanye mengeluarkan banyak sekali dana.

Pemerintahan di Indonesia Akan Berjalan dengan Baik [image source]
Anggota Dewan yang terhormat [image source]
Jika korupsi tidak ada, maka para pemimpin ini akan mampu bekerja dengan baik. Apa yang mereka lakukan selalu berorientasi pada rakyat. Tak ada lagi polemik yang menyebabkan propaganda, kebencian, dan misi-misi licik untuk mendapatkan banyak uang. Sayangnya hal semacam ini sangat mustahil.

5. Indonesia Akan Menjadi Negara yang Maju

Bisakah Indonesia menjadi negara yang maju? Baik secara sumber daya manusia mau pun secara pemerintahan? Jawabannya adalah mungkin. Tapi, korupsi harus benar-benar dihapuskan dari bumi yang konon sudah mulai kesakitan oleh tingkah manusianya.

Indonesia Akan Menjadi Negara yang Maju [image source]
Indonesia Akan Menjadi Negara yang Maju [image source]
Jadi kalau korupsi hilang, lenyap, ludes, atau apa pun kata yang menggambarkannya. Peluang Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang maju adalah besar. Bahkan untuk maju dan mengalahkan Jepang, China, dan Amerika bukanlah hal yang mustahil. Tapi ya begitu. Korupsi seperti jamur. Mati satu tumbuh ribuan.

Itulah lima hal super hebat yang bisa terjadi jika Indonesia terbebas dari korupsi. Kira-kira hal semacam ini bisa terjadi enggak ya? Sepuluh, atau bahkan seratus tahun lagi seperti apa ya bentuk rupa Indonesia yang mulai carut marut ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA