6 Hal Fantastis yang Mungkin Terjadi Jika Belanda Masih Menduduki Indonesia

oleh Rizal
10:41 AM on Nov 15, 2015

Memang kemerdekaan kita ini diperjuangkan dengan darah dan nyawa. Bahkan butuh ratusan tahun konfrontasi untuk akhirnya bisa mengucapkan “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.” Sudah 70 tahun berlalu saat momen penting tersebut, apakah makin lebih baik? Hmm, bisa dibilang tidak.

Ya, kita mengalami banyak kemunduran. Coba bandingkan dengan dulu, hidup masyarakat lebih tertata, nyaman secara ekonomi dan kondusif di sektor keamanannya. Meskipun sekarang sudah bisa lebih bebas berekspresi, namun ketiga hal tersebut mengalami degradasi. Hingga pernah ada ungkapan jika Indonesia sejatinya tidak benar-benar merdeka dari penjajahan. Tetap serasa dijajah, tapi kali ini oleh bangsa sendiri.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Tentu saja hal tersebut cukup buruk, karena dijajah bangsa sendiri adalah hal yang menyakitkan. Hal ini pun membuat orang-orang jadi berandai-andai jika saja Indonesia masih dikuasai Belanda hingga detik ini, apakah yang akan terjadi? Ternyata tidak selamanya buruk, justru ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan. Misalnya saja beberapa hal berikut.

1. Infrastruktur Megah Seperti Amsterdam

Meskipun dijajah, Belanda tetap membangun negeri ini. Hal tersebut terlihat dari bangunan-bangunan tua mereka yang beberapa bahkan masih ada hingga sekarang. Kadang terlontar pujian jika bangunan Belanda itu bagus-bagus dan kuat. Nah, yang akan terjadi jika kita di bawah Belanda tidak lain adalah akan banyak sekali kota megah di Indonesia.

Mungkin saja Jakarta atau Bandung bisa seperti ini [Image Source]
Mungkin saja Jakarta atau Bandung bisa seperti ini [Image Source]
Amsterdam, sistem arsitektur kota ini yang mungkin akan diimplementasikan Belanda di sini. Sebenarnya mereka sudah melakukannya di Batavia. Hal tersebut dibuktikan dengan kanal-kanal yang terbangun cantik di Jakarta. Belanda sepertinya juga akan membangun banyak sekali fasilitas. Entah jalan-jalan, taman, trem, dan lain sebagainya.

2. Bisa Mendapatkan Pasangan Bule

Dulu banyak orang-orang Belanda yang menikah dengan wanita pribumi dan sebaliknya. Nah, jika mereka masih menetap, hal tersebut bukan tidak mungkin akan terus terjadi. Pria dan wanita di sini akhirnya tidak hanya memiliki satu atau dua opsi pasangan, tapi juga dari bangsa Belanda.

Belanda menetap artinya, wanita mereka juga akan banyak dijumpai di sini [Image Source]
Belanda menetap artinya, wanita mereka juga akan banyak dijumpai di sini [Image Source]
Pergaulan juga makin meluas lantaran kita juga akan mengenal orang-orang Belanda lebih dekat. Ya, mungkin mereka dulu begitu tinggi derajatnya, namun seiring berjalannya waktu hingga seperti sekarang ini, Belanda jadi negeri yang sangat humanis. Artinya tidak lagi memandang sebelah mata kaum selain dari bangsa mereka.

3. Indonesia Mungkin Akan Masuk Piala Dunia

Percaya atau tidak, Indonesia pernah masuk piala dunia. Namun itu ketika negara ini masih bernama Hindia Belanda. Selepas penjajahan berakhir, karir internasional Timnas kita juga turut pamitan. Nah, hal yang mungkin akan terjadi jika Belanda tetap di sini adalah stabilnya prestasi persepakbolaan kita, bahkan bisa makin maju.

Indonesia pernah masuk piala dunia, mungkin saja hal tersebut bakal terulang lagi [Image Source]
Indonesia pernah masuk piala dunia, mungkin saja hal tersebut bakal terulang lagi [Image Source]
Latih tanding pun bukan hanya Arema versus Persija, tapi bisa lawan Feyenoord atau PSV. Kualitas pemain pun juga ikut terdongkrak dan pada akhirnya Indonesia bisa bertanding seimbang melawan Timnas negara-negara jawara. Soal pemain, mungkin para bibit muda kita yang cemerlang bisa gampangnya berkarir sepak bola di Belanda.

4. Indonesia Jadi Negara Bebas

Belanda adalah negara bebas, terutama soal pergaulan. Alhasil, Indonesia pun juga pasti akan kecipratan budaya ini. Sayangnya, ini bisa dibilang pengaruh buruk yang mungkin akan bikin moral asli bangsa Indonesia perlahan memudar. Mungkin kita bisa melihat pergaulan muda-mudi Jakarta atau Bandung sebebas mereka yang di Amsterdam.

Ya, Indonesia pun akan jadi sebebas Belanda [Image Source]
Ya, Indonesia pun akan jadi sebebas Belanda [Image Source]
Kebebasannya sendiri adalah atas dasar HAM. Dengan memakai hal yang sama, kita juga bisa lebih vokal terhadap pemerintah. Alhasil, kita takkan pernah dipermasalahkan ketika memberikan kritik pedas kepada pemerintah. Soal berekspresi juga tidak lagi ada kekangan, kita bisa melakukan apa pun yang ingin dilakukan.

5. Bisa Mahir Bahasa Belanda

Dengan menetapnya Belanda di sini, mungkin mereka turut mempengaruhi sistem pendidikan yang ada. Salah satunya dengan mewajibkan semua orang untuk mempelajari bahasa Belanda. Bahkan nantinya bahasa mereka jadi bahasa nasional kita.

Kita mungkin jadi mahir bahasa Belanda yang rumit itu [Image Source]
Kita mungkin jadi mahir bahasa Belanda yang rumit itu [Image Source]
Pada akhirnya kita akan mampu berbahasa Belanda dengan lancar. Hal ini pun akan makin memperkaya kita dalam hal pengetahuan dan pergaulan. Ya, selain bisa menjalin hubungan dengan mereka yang Belanda, kita juga bisa membaca banyak literatur yang ditulis dalam bahasa ini.

6. Sistem Pendidikan dan Pemerintahan Bisa Semaju Negeri Kincir Air

Belanda adalah salah satu pionir pendidikan maju di Eropa. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa asing yang belajar di tempat ini, termasuk ribuan mahasiswa Indonesia. Nah, jika mereka masih di sini, bukan tidak mungkin kita tak perlu jauh-jauh ke sana untuk bisa mendapatkan pendidikan jempolan. Pasalnya, mereka mungkin sudah membangun yang sama di sini. Hingga pada akhirnya, masyarakat Indonesia pun akan memiliki standar inteligensi yang sama dengan mereka.

Kampus-kampus di Indonesia juga mungkin akan punya standar yang tinggi [Image Source]
Kampus-kampus di Indonesia juga mungkin akan punya standar yang tinggi [Image Source]
Tak hanya sistem pendidikan yang lebih maju, soal pemerintahan kita mungkin selangkah ke depan. Dengan adanya mereka, sistem pemerintah bisa jadi lebih demokratis. Pemerintah akan selalu melibatkan rakyat untuk keputusan-keputusan penting. Seperti yang memang dilakukan pemerintah Belanda terhadap rakyatnya sekarang ini.

Memang terlihat sangat menggiurkan imajinasi yang seperti ini. Meskipun demikian, yang namanya merdeka itu sejatinya lebih enak daripada dijajah. Walaupun katanya jika dijajah kita bisa makmur, setidaknya tanpa ada belenggu yang mengikat kita bisa menentukan sendiri nasib bangsa tanpa harus diintervensi oleh yang lainnya.

Cita-cita perjuangan para pejuang dulu bukan hanya ingin membuat negara ini merdeka, tapi juga tentang kehidupan yang lebih baik. Kita mungkin memang merdeka, namun belum mewujudkan hidup merata yang nyaman dan indah seperti yang diharapkan pejuang dulu. Yakin kita bisa, tanpa dijajah seharusnya kita bisa melangkah lebih hebat lagi. Bahkan melampaui Belanda sekalipun.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA