Jibo, Robot Keluarga Pertama di Dunia.

oleh ihsan
08:47 AM on Jul 17, 2014

Dr Cynthia Breazeal telah memikirkan selama 20 tahun tentang bagaimana cara membuat sebuah robot keluarga yang sifat dasarnya adalah mendekati intuisi manusia yaitu bersosial.

Begitu banyak robot didunia ini, namun tidak banyak yang ditujukan untuk berdampingan dengan manusia sebagai keluarga. Karena pada hakekatnya manusia adalah mahluk sosial. Jadi, walaupun sedang sendiri dirumah pun tetap ingin bersosial, maka Jibo ada solusinya karena bisa diajak ngobrol.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Lihat Videonya:

Jibo, adalah robot keluarga pertama di dunia. Jibo dirancang sebagai teman manusia untuk berbagai hal bahkan bisa menjadi asisten pribadi karena kemampuannya untuk mengenali momen-momen penting yang dilakukan manusia disekitarnya.Jibo-robot-sosial

Jibo adalah robot desktop yang tidak mempunyai kaki dan tangan.  Jibo tampak seperti lampu hias disamping ranjang. Jibo memiliki desain standar berbentuk bulat yang dihubungkan ke stopkontak listrik, bagian tengah tubuhnya sedikit berbentuk kerucut dan kepala bulat dengan bagian depan atau tampak seperti muka berbentuk datar. Layar 5,7 inci. Desain menarik dan dijamin anak-anak akan menyukainya.

Jibo-robot-sosial

Robot Jibo yang diperkenalkan ini adalah prototipe tentunya belum memiliki semua fungsi yang telah direncanakan. Pengembangan terus berlanjut dan diharapkan akan segera untuk selesai, namun demikian dalam bentuk protype saja kemampuannya sudah sangat luar biasa.

Jibo bukanlah sebuah alat, Jibo adalah pendamping manusia, yang dapat berinteraksi dan bereaksi dengan pemiliknya dengan cara yang menyenangkan, bukan mengganggu. Jibo “mendukung pengalaman manusia, tetapi tidak mencoba untuk menjadi manusia.”

Untuk menggunakan Jibo Anda harus memperkenalkan anggota keluarga terlebih dahulu agar robot cerdas ini mengenalinya. Karena Jibo dilengkapi dengan kecerdasan buatan, jadi dia akan mempelajari semua kegiatan rutin Anda dan akan memberikan rekomendasi jika suatu saat Anda lupa melakukannya.

Jibo-robot-sosial

Cukup menyenangkan memiliki robot cerdas seperti ini karena membantu menghangatkan suasana kekeluargaan terutama bagi anak-anak. Jibo bisa menceritakan kisah-kisah menarik, bercanda dan banyak hal lainnya.

Cerdas bukan si Jibo? Ingin memilikinya? sabar dulu karena Jibo belum diproduksi secara masal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA