Yang Unik dan Aneh dari Jepang

oleh Tetalogi
16:06 PM on Aug 20, 2015

Jepang bisa jadi tempat yang seru dan keren dengan tradisi dan budaya yang masih kental. Tidak cuma itu saja, Jepang juga bisa dibilang sangat maju di bidang teknologi. Budaya pop di negeri sakura tersebut juga mampu berkembang dengan pesat dan bahkan sampai dilirik dan diminati oleh orang-orang dari negara lain.

Tapi, selain hal-hal keren itu semua, ternyata ada juga lho sisi yang unik dan aneh dari Jepang. Sisi unik dan aneh ini juga yang membuat banyak orang dari negara lain selalu penasaran dengan Jepang. Nah, kali ini Boombastis akan mengajakmu melihat beberapa sisi unik tersebut. Yuk disimak!

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Hikikomori

Populasi dunia terus meningkat dengan cepat, tapi populasi Jepang secara perlahan malah menurun. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini seperti para orang dewasa yang tidak mau menikah, dan ada juga karena hikikomori. Secara harfiah, hikikomori berarti menarik diri atau terpenjara dari kehidupan sosial.

Hikikomori akan mengunci diri di rumah [Image Source]
Hikikomori akan mengunci diri di rumah [Image Source]
Di Jepang, para hikikomori biasanya masih muda. Kebanyakan mereka adalah remaja dan orang dewasa berusia sekitar 20an yang menarik diri dari lingkungan sosial secara total. Tidak ada penjelasan yang jelas tentang naiknya jumlah hikikomori, namun beberapa faktor yang menyebabkannya adalah tekanan akademik yang intense, serta melesatnya teknologi internet yang membuat mereka tidak mau keluar rumah.

2. Kejahatan

Cerita dan legenda tentang Yakuza di Jepang tentu sudah banyak didengar orang, meski begitu tingkat kejahatan di Jepang ternyata cukup rendah. Di Jepang, kamu tidak boleh punya senjata. Bahkan pedang untuk upacara tradisional juga harus mendapatkan register dari polisi. Negara ini punya tingkat pembunuhan terendah kedua di dunia.

Tingkat kejahatan di Jepang cukup rendah [Image Source]
Tingkat kejahatan di Jepang cukup rendah [Image Source]
Hukuman mati diberlakukan di Jepang dan sekitar dua atau 3 tahanan dieksekusi setiap tahun. Namun tidak seperti kebanyakan negara lainnya, tahanan yang akan dihukum mati baru diberi tahu beberapa jam sebelum ia akan dieksekusi. Keluarga tahanan juga tidak diberi tahu sampai tahanan tersebut sudah meinggal. Umumnya, tahanan dihukum mati dengan cara digantung di negara ini.

3. Makanan

Jepang terkenal dengan makanan yang eksotis dan unik. Tapi bukan cuma makanan sehari-harinya saja, Jepang juga memiliki camilan atau snack dengan rasa yang tidak biasa. Salah satu contohnya adalah cokelat Kit Kat yang sangat populer di Jepang. Hanya saja, cokelat Kit Kat di sana tidak hanya hadir dengan rasa cokelat, ada juga rasa-rasa yang tidak biasa seperti jagung bakar, miso, kentang panggang, teh hijau, bahkan wasabi.

Makanan dan minuman dengan rasa yang unik [Image Source]
Makanan dan minuman dengan rasa yang unik

Tidak cuma itu saja, kamu juga bisa menemukan minuman dengan rasa yang unik dan aneh. Misalnya saja Pepsi rasa semangka asin, soda belut, atau es krim basashi, atau yang dibuat dari daging kuda mentah. Hmm… berani mencobanya?

4. Kodokushi

Meninggal sendirian adalah hal yang tragis, namun di Jepang hal tersebut sering terjadi. Jepang banyak memiliki penduduk berusia tua, bahkan 1 dari 5 orang di Jepang berusia di atas 65 tahun dan banyak diantaranya hidup sehat hingga usia 80 dan 90an. Namun, para orang tua ini seringkali akhirnya meninggal sendirian di rumahnya tanpa diketahui hingga beberapa bulan dan bahkan tahun. Fenomena inilah yang disebut kodokushi atau meninggal dengan kesepian.

Kodokushi, meninggal sendirian [Image Source]
Kodokushi, meninggal sendirian [Image Source]
Ribuan kasus seperti ini terjadi di Jepang setiap tahun terutama di antara pria yang punya sedikit hubungan sosial. Karena itulah ada perusahaan yang bekerja membersihkan apartemen orang-orang yang meninggal seperti ini. Mereka bahkan juga membersihkan noda bekas yang tertinggal dari mayat yang mulai membusuk.

5. Yaeba

Di kebanyakan bagian negara yang lain, barisan gigi yang baik adalah gigi yang lurus dan rata. Itulah sebabnya saat ada yang memiliki gigi gingsul atau tidak rata, maka akan dilakukan operasi untuk mengangkat gigi gingsul atau memasang kawat gigi. Namun di Jepang, ada trend yang tumbuh diantara wanita muda yang disebut yaeba.

Yaeba menjadi trend di kalangan anak muda di Jepang [Image Source]
Yaeba menjadi trend di kalangan anak muda di Jepang [Image Source]
Yaeba atau secara literal berarti gigi double adalah gigi bertumpuk terutama biasanya pada gigi taring. Atau kalau di Indonesia mirip dengan gigi gingsul. Mereka yang tidak punya gigi gingsul alami, akhirnya melakukan operasi kecil untuk bisa mendapatkan gigi yaeba ini.

6. Bunuh Diri

Meski angka pembunuhan sangat rendah di Jepang, namun negara ini terkenal memiliki tingkat bunuh diri yang tinggi. Awalnya bunuh diri secara budaya diterima sebagai tindakan mulia dan sebagai cara melindungi harga diri dan reputasi keluarga. Namun sekarang pandangan seperti ini sudah banyak berubah karena bunuh diri sesungguhnya tidak akan menyelesaikan masalah.

Hutan Aokigahara menjadi tempat bunuh diri yang terkenal di Jepang [Image Source]
Hutan Aokigahara menjadi tempat bunuh diri yang terkenal di Jepang [Image Source]
Salah satu tindakan bunuh diri yang paling sering dilakukan adalah dengan melompat ke kereta yang lewat. Hal ini sudah sering menjadi masalah hingga akhirnya perusahaan kereta api akan memberikan denda pada keluarga orang yang bunuh diri tersebut atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Selain itu, Jepang juga memiliki hutan yang terkenal yang disebut sebagai hutan Aokigahara yang menjadi tempat favorit banyak orang untuk bunuh diri.

Nah, itulah tadi beberapa hal unik dan aneh yang ada di Jepang. Bagaian mana yang menurutmu paling aneh?

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA