Dalam 6 Hal ini Jepang Lebih Greget Dari Amerika Serikat

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 23, 2015

Sebagai negara adidaya, Amerika memang tak terkalahkan. Sekarang siapa sih yang mampu head to head dengan si Negeri Paman Sam ini? Tak banyak, dan jika pun harus maka mereka akan sulit sekali memenangkan persaingan melawan negerinya Obama ini. Mengingat pengaruh Amerika yang besar serta faktor-faktor pendukung yang lain.

Kalau dibandingkan secara garis besar mungkin ada benarnya, namun tidak jika kita membicarakan hal-hal kecil. Ya, Amerika juga bisa dibilang kacangan kalau urusannya dengan hal-hal tertentu. Nah, Jepang adalah kompetitor yang pas untuk menunjukkan sisi ketidakberdayaan Amerika tersebut.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Nah, berikut adalah beberapa hal andalan Jepang yang bikin Amerika keok.

1. Robot Jepang Lebih Keren

Robot mungkin benda kekinian, tapi Jepang menganggap mereka bagian dari budaya. Ya, hal tersebut sangat beralasan karena bisa dibilang negeri Sakura ini adalah pioneer untuk semua jenis robot yang ada di dunia. Tiap tahun para ilmuwan Jepang berkreasi membuat robot-robot keren yang makin membuat banyak orang yakin jika era robot akan segera datang.

Soal robot, Jepang memang juara di dunia [Image Source]
Soal robot, Jepang memang juara di dunia [Image Source]
Amerika mungkin juga basisnya teknologi dunia, namun soal robot mereka harus akui kalah dari Jepang. Beberapa deretan robot Jepang seperti Ashimo dan lainnya sudah bisa melakukan hal-hal keren dan kompleks. Misalnya mampu bergerak luwes, hingga kemampuan mengekspresikan emosi. Sedangkan robot-robot buatan Amerika kebanyakan masih untuk militer dengan sistem yang tak terlalu rumit, dan bahkan masih diintervensi manusia dalam penggunaannya.

2. Jepang Menang Telak Soal Game Arcade

Soal gaming, Jepang memang tak mudah untuk dikalahkan bahkan termasuk pula oleh Amerika. Tak hanya game console atau handheld, game arcade juga jadi andalan Jepang yang tak bisa disaingi Amerika. Jika tak percaya coba bandingkan game center kedua negara ini. Ya, di Jepang bisa dibilang lebih keren.

Hanya di Jepang kita bisa main game arcade dengan greget seperti ini [Image Source]
Hanya di Jepang kita bisa main game arcade dengan greget seperti ini [Image Source]
Jepang benar-benar mampu menyediakan hiburan berupa arcade games ini dengan maksimal. Makin lama jenisnya juga berkembang menjadi lebih keren lagi. Lagi-lagi soal game arcade Jepang juga jadi pioneer dan ditiru oleh banyak penyedia fasilitas ini di seluruh dunia.

3. Animasi Jepang Lebih Mendunia

Anime bukan kartun dan sebaliknya, begitu tegas para penggila anime kepada orang-orang yang menganggap semua film animasi adalah kartun. Ya, ada dua perbedaan besar antara anime buatan Jepang dan kartun yang rata-rata dibuat oleh Amerika. Pertama adalah art atau seninya, dan kedua jelas kepopulerannya.

Dibandingkan kartunnya Amerika, anime Jepang jauh melesat [Image Source]
Dibandingkan kartunnya Amerika, anime Jepang jauh melesat [Image Source]
Anime memiliki penggemar di seluruh dunia sedangkan kartun Amerika tidak sebanyak itu. Keunggulan Anime sendiri memang banyak. Mulai genre-nya, bisa diklasifikasikan sesuai umur penonton, sampai kemasan anime yang keren dan berseni tinggi. Kartun sebagian besar hanya untuk anak-anak saja serta jika dibandingkan dengan art milik anime bisa dibilang jauh.

4. Acara TV Jepang Jauh Lebih Menghibur

Acara televisi Amerika mungkin keren, namun jika kompetitornya adalah Jepang maka mereka harus segera mengakui kekalahan. Jepang sangat kreatif menciptakan acara-acara keren yang tak terpikirkan banyak orang. Alhasil, karena idenya keren dan fresh maka acara televisi Jepang peminatnya luar biasa. Bahkan sampai diadaptasi oleh Amerika dan juga negara-negara di dunia.

Banyak acara unik Jepang yang diadaptasi negara-negara di dunia, termasuk Amerika [Image Source]
Banyak acara unik Jepang yang diadaptasi negara-negara di dunia, termasuk Amerika [Image Source]
Acara di Jepang sangat beragam mulai dari entertainment seperti musik, hingga gameshow yang unik-unik. Di Amerika, acara televisi mungkin hanya drama, acara-acara musik dan juga biasanya yang diminati di sana adalah ajang pencarian bakat.

5. Kereta Jepang Melesat Meninggalkan Amerika

Selain robotik, fokus Jepang juga terus menciptakan transportasi massal yang efektif dan efisien. Jepang identik dengan keretanya, maka inilah yang jadi keunggulan mereka. Ya, harus diakui kereta Jepang mengalami kemajuan signifikan dari tahun ke tahun. Inovasi terakhir mereka adalah membangun kereta berteknologi maglev atau magnetic levitation.

Soal kereta, Jepang juga lebih unggul dari Amerika [Image Source]
Soal kereta, Jepang juga lebih unggul dari Amerika [Image Source]
Kereta tersebut berhasil memecahkan rekor dunia dengan berhasil mencapai kecepatan 603 kilometer per jam. Dengan memakai kereta ini, kira-kira hanya 20 menit waktu yang kita butuhkan untuk sampai ke Bandung dari Jakarta. Bagaimana dengan Amerika, mereka masih belum bisa menyaingi Jepang untuk yang satu ini.

6. Penduduk di Jepang Lebih Bahagia

Standar kebahagiaan dalam suatu negara sering dikaitkan dengan angka life expectancy mereka. Di Amerika yang konon hidupnya bebas dan diperhatikan pemerintah, memiliki life expectancy hingga 79 tahun. Kalau dihitung dari peringkat dunia, Amerika berada di urutan yang sama dengan Kuba, Qatar, dan Kolumbia.

Berdasarkan data statistik, orang-orang Jepang lebih bahagia [Image Source]
Berdasarkan data statistik, orang-orang Jepang lebih bahagia [Image Source]
Bagaimana dengan Jepang? Ya, tentu saja mereka jauh lebih baik dari Amerika. Di Jepang, life expectancy-nya mencapai 84 tahun, dan negara ini menduduki peringkat pertama. Kesimpulannya, orang Jepang hidup lebih bahagia dari pada Amerika.

Amerika bolehlah jadi negara adidaya, namun tidak dalam segala hal mereka adalah yang terbaik. Misalnya beberapa hal di atas yang menunjukkan jika mereka bahkan tak lebih baik atau bisa dibilang ketinggalan jauh dari Jepang. Ya, Negeri Sakura ini memang harus diakui pula juara dalam hal-hal tertentu. Kesimpulannya, Amerika ternyata tidak benar-benar hebat dalam segala hal.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA