Inilah Jenis-Jenis Hantu Filipina yang juga Bisa Bikin Orang Indonesia Ketakutan Setengah Mati

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 16, 2016

Bagi kebanyakan orang Indonesia, film-film hantu luar negeri itu aslinya nggak nakutin. Tegang memang iya, tapi soal fisik hantunya mah sama sekali nggak seram. Orang-orang lebih takut nonton film hantu lokal, meskipun judulnya aneh-aneh dan banyak adegan mesumnya. Fenomena ini lazim karena hantu lokal lebih bersinggungan dibandingkan luar negeri yang hanya ditemui di film.

Hantu luar negeri memang nggak serem, tapi lain hal kalau kita membicarakan Filipina. Ya, meskipun kita buta soal jenis-jenis hantu mereka dan juga nggak pernah bersinggungan, tapi setelah mendengar ceritanya, pasti kamu bakal merasa ngeri sendiri. Nggak hanya cerita-cerita saja sih, bentuknya pun juga pasti bikin merinding luar biasa.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Masih soal hantu Filipina, berikut ini beberapa jenis dari mereka yang paling terkenal. Nggak hanya karena cerita saja tapi juga bentuknya yang luar biasa mengerikan.

Tiktik, Si Hantu Senyap yang Mengerikan

Tiktik, hantu satu ini mungkin bisa dibilang yang paling menakutkan di mata orang-orang Filipina. Nggak hanya karena bentuknya yang tinggi besar dan buruk rupa, tapi juga kegemarannya menggoda manusia-manusia dengan cara yang sangat menakutkan.

Ilustrasi Tiktik [Image Source]
Ilustrasi Tiktik [Image Source]
Tiktik konon bisa muncul di mana saja dan kemudian menakut-nakuti orang-orang. Meskipun begitu, hantu satu ini bisa dideteksi keberadaannya lewat suara. Katanya, ketika kita mendengar Tiktik bersuara keras, maka ia dipastikan sangat jauh. Tapi, kalau suaranya berbisik dan pelan, berhati-hati saja karena Tiktik sangat dekat bahkan mungkin sudah ada di belakang. Makhluk ini konon juga sering menyerang manusia.

Aswang, Hantu Gila Penghisap Darah

Dari semua hantu yang ada di Filipina, mungkin Aswang bisa dibilang yang paling terkenal. Hantu satu ini dikenal karena kebiasaan ngerinya, yakni menghisap darah manusia. Tapi, tak seperti vampir yang menghisap darah seperlunya, Aswang akan menyedot sari-sari korbannya sampai benar-benar kering.

Ilustrasi Aswang [Image Source]
Ilustrasi Aswang [Image Source]
Soal fisik, Aswang tidak memiliki satu bentuk pasti. Hantu satu ini bisa berubah-ubah bentuk sesuai yang diinginkannya. Kadang manusia, kadang juga hewan. Bentuk favorit Aswang sendiri adalah burung besar dan babi. Bentuk babi hanya dipakainya ketika ingin pergi atau menghindari sesuatu.

Tiyanak, Hantu Bayi yang Akan Membuatmu Bermimpi Buruk

Seumpama kamu berkunjung ke Filipina suatu hari nanti dan kebetulan sedang main di daerah hutan, selalu ingatlah untuk tidak peduli akan suara-suara asing. Apa pun itu, lebih-lebih suara bayi menangis. Pasalnya, sangat mungkin jika suara yang kamu dengar itu adalah Tiyanak, salah satu hantu paling ngeri di sana.

Ilustrasi Tiyanak [Image Source]
Ilustrasi Tiyanak [Image Source]
Tiyanak adalah hantu berwujud bayi yang sering menggoda manusia dengan suara-suara tangisannya. Suaranya sendiri memang mengandung semacam hipnotis sehingga si pendengarnya akan selalu mencari sumber suara tersebut. Memang pada akhirnya bakal ditemukan seorang bayi, tapi ketika didekati bayi tersebut akan berubah jadi monster besar dan menerkam si manusia itu.

Tambal, Hantu Penipu yang Sadis

Tambal, nama ini mungkin bagi kita nggak serem ya, tapi, untuk orang-orang Filipina nama tersebut akan membuat mereka merinding ketakutan. Alasannya apalagi kalau bukan karena Tambal memanglah sangat menyeramkan. Nggak hanya karena bentuk, tapi juga tipu daya yang dilakukannya.

Ilustrasi Tambal [Image Source]
Ilustrasi Tambal [Image Source]
Menurut ceritanya, Tambal ini suka menyesatkan orang-orang yang pergi ke hutan. Ketika bertemu manusia, Tambal akan meniru wujud si manusia itu setelah sebelumnya menyesatkan lebih jauh si korbannya ke dalam hutan. Tambal kemudian akan pergi ke dunia nyata dan menggantikan peran si manusia yang disesatkannya tadi. Si korban sendiri akan tersesat di hutan dan takkan bisa keluar untuk selamanya.

Bungisngis, Hantu Seram yang Ramah

Kalau dilihat dari fisiknya, Bungisngis adalah hantu paling ngeri yang ada di Filipina. Bentuknya mirip manusia tapi berukuran raksasa dengan ciri khas taring tajam mencuat serta hanya memiliki satu mata. Sekilas hantu ini sama ngeri dan sadisnya seperti yang lain, tapi ternyata nggak seperti itu lho.

Ilustrasi Bungisngis [Image Source]
Ilustrasi Bungisngis [Image Source]
Menurut cerita masyarakat, hantu satu ini justru ramah meskipun bentuknya luar biasa mengerikan. Bungisngis sering mengajak manusia untuk bermain-main. Sayangnya, ia muncul di saat yang tak tepat dan akhirnya membuat si manusianya kabur terkencing-kencing. Oh iya, hantu ini juga punya mitos yang bisa dibilang mengerikan. katanya, barang siapa sengaja memanggil namanya, maka Bungisngis akan datang seketika itu juga.

Inilah deretan hantu paling terkenal dan mengerikan di Filipina. Harus diakui memang lebih ngeri sih dari hantu-hantu di Indonesia. Nggak terbayangkan kalau seumpama mereka ini ada di Indonesia juga. Hidup tentu bakal makin menyeramkan tuh. Untungnya hantu-hantu Filipina itu endemik dan nggak pindah-pindah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA